STUDI LITERATUR TENTANG MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MENGGUNAKAN MEDIA FLASHCARD

  • Aulia Zahra Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Raisa Rafa Sajidah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Patra Aghtiar Rakhman Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Abstract

Fokus pada kajian dalam penelitian ini adalah penggunaan media flashcard terhadap peningkatan keterampilan membaca permulaan peserta didik terutama di kelas rendah. Adapun tahapan dalam memperoleh hasil dan pembahasan yang diinginkan sesuai dengan metode Systematic Literature Review (SLR) melalui 5 langkah tahapan yaitu: (1) membuat perumusan terlebih dahulu terhadap pertanyaan penelitian, (2) memetakan dan mencari artikel-artikel yang disesuaikan dengan pertanyaan penelitian yang didapat melalui web-web resmi yang tersedia, (3) melakukan klasifikasi dan evaluasi dengan menyeleksi terhadap artikel-artikel yang sudah dikumpulkan, (4) menyajikan dan mengolah data, (5) menginterpretasi  hasil temuan dalam artikel-artikel tersebut yang akan berakhir pada penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran sangat penting dalam meningkatkan keterampilan membaca dengan menggunakan media flashcard ini, serta dapat meningkatkan semangat belajar peserta didik.

References

Arisandy, D,. & Wahyuni, R. (2024). Media Pembelajaran Flashcard untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca pada Anak Kelas 1 SD Negeri 19 Desa Sukarami. Communnity Development Journal, 5(1), 547-551.
Hoerudin, C. W. (2024). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Dengan Menggunakan Media Flash Card Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan (ILPEN), 3(1), 1-15.
Kumullah, R., Yulianto, A., & Ida. (2019). Peningkatan Membaca Permulaan Melalui Media Flash Card pada Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 7(2), 36-42.
Lena, M, S., Iraqi, H, S., Hasanah, Z., & Putri, N, M. (2023). Strategi Guru Kelas 1 dalam Penerapan Membaca Permulaan Sekolah Dasar. Educatioanl Journal: General and Specific Research, 3(2), 523-532.
Lestari, E. D. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Flashcard terhadap Kemampuan Membaca Permulaan pada Anak Kelas 1 SD Negeri 01 Sitiung Kabupaten Dharmasraya. Consilium: Education and Counseling Journal, 1(2), 112-123.
Musyadad, V. F., Supriatna, A., & Gosiah, N. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Dengan Menggunakan Media Flash Card Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas III SDN Kertamukti. Jurnal Tahsinia, 2(1), 85-96.
Nurfadillah, S., Khalisa, P. R., Muniroh, H., Jamaludin, U., & Setiawan, S. (2023). EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA FLASHCARD DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS RENDAH. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 2630-2639.
Prasetyo, A, B., kurnianti, E, M., & Hasanah, U. (2024). Analisis Penggunaan Media Flashcard Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas Rendah. PAEDAGOGY : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Psikologi, 4(2), 118-127.
Putri, F, A., Bramasta, D., & Hawanti, S. (2020). Studi Literatur Tentang Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Menggunakan Model Pembelajaran the Power of Two di SD. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 605-610.
Saputri, S, W. (2020). Pengenalan Flashcard Sebagai Media untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris. Jurnal ABDIKARYA, 2(1), 56-61.
Satrijono, H., Badriyah, I, F., & Hutama, F, S. (2019). Penerapan Strategi Know, Want to Know, Learned (KWL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Membaca Pemahaman Siswa Kelas IVB Tema Indahnya Keragaman di Negeriku di SDN Jember Lor 02. Jurnal Profesi Keguruan, 5(1), 102-107.
Shafa, I., Siregar, Z., & Hasanah, N. (2022). Pengembangan Media Flashcard Materi Pahlawanku untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 2754-2761.
Yunita, C., Sudjoko, S., & Ulfa, M. (2021). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Menggunakan Metode Kata Lembaga dengan Bantuan Media Flashcard. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III (pp. 192-198).
Published
2024-12-05
How to Cite
ZAHRA, Aulia; RAFA SAJIDAH, Raisa; RAKHMAN, Patra Aghtiar. STUDI LITERATUR TENTANG MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MENGGUNAKAN MEDIA FLASHCARD. CENDEKIA PENDIDIKAN, [S.l.], v. 3, n. 4, p. 52-66, dec. 2024. ISSN 2964-0997. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/cendekiapendidikan/article/view/5570>. Date accessed: 05 dec. 2025. doi: https://doi.org/10.36841/cendekiapendidikan.v3i4.5570.