ANALISIS PEMANFAATAN MEDIA REALIA MASA PEMBELAJARAN DARING (DALAM JARINGAN) PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS IV DI SDN 1 AWAR-AWAR KECAMATAN ASEMBAGUS KABUPATEN SITUBONDO

  • Ra’odatul Firdaus Sofia Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Heldie Bramantha Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Vidya Pratiwi Universitas Abdurachman Saleh Situbondo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti dan ingin lebih tahu apakah guru benar-benar menerapkan media realia pada pembelajaran daring (dalam jaringan) dan penerapannya sesuai dengan teori yang ada atau tidak. Selain itu, peneliti juga ingin lebih tahu tentang perencanaan/persiapan, pelaksanaan dan penilaian guru serta juga ingin mengetahui bagaimana respon dan keterlibatan siswa tentang pemanfaatan media realia pada mata pelajaran IPA melalui pembelajaran daring (dalam jaringan) tersebut. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif, metode pengumpulan data yaitu melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu wali kelas IV SDN 1 Awar-awar telah menerapkan media realia dengan memanfaatkan benda-benda nyata berupa tumbuhan dan hewan yang ada di lingkungan sekitar dan langkah-langkah penerapannya sesuai dengan teori yang ada yaitu terdiri dari enam langkah pemanfaatan media realia menurut Arief Sadiman, dkk. dalam (Jariatun, 2017: 21-22) yang sudah mencakup perencanaan/persiapan, pelaksanaan dan evaluasi atau penilaian pembelajaran. Serta respon dan keterlibatan siswa yang baik terhadap pemanfaatan media realia melalui pembelajaran daring (dalam jaringan) di grup WhatsApp kelas IV dapat dilihat dari hasil evaluasi atau penilaian siswa.

References

Adhisuwignjo, Supriatna. (2020). Panduan Pembelajaran Daring Dalam Rangka Menghadapi Pandemi Covid-19. Malang: POLITEKNIK NEGERI MALANG
Akhneta, dkk. (2014). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Realia Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal untan. 01. 05. Diakses dari jurnal.untan.ac.id
Jariatun. 2017. “Pengaruh Penggunaan Media Realia Terhadap Hasil Belajar Matematika Di Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Bandar Lampung”. Skripsi. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Universitas Islam Negeri Raden Intan, Lampung. Diakses dari digilib.unila.ac.id
Lestari, Novita dan Eka Mustika. (2014). Pengaruh Penggunaan Media Realia Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Dasar Negeri Setia Darma 03 Tambun Selatan . Pedagogik. 02. 02-03. Diakses dari jurnal.unismabekasi.ac.id
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: ALFABETA
Widowati, Asri. (2017). Media Pembelajaran IPA. Yogyakarta: UNY Press
Published
2024-11-26
How to Cite
FIRDAUS SOFIA, Ra’odatul; BRAMANTHA, Heldie; PRATIWI, Vidya. ANALISIS PEMANFAATAN MEDIA REALIA MASA PEMBELAJARAN DARING (DALAM JARINGAN) PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS IV DI SDN 1 AWAR-AWAR KECAMATAN ASEMBAGUS KABUPATEN SITUBONDO. CENDEKIA PENDIDIKAN, [S.l.], v. 3, n. 4, p. 29-34, nov. 2024. ISSN 2964-0997. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/cendekiapendidikan/article/view/5529>. Date accessed: 05 dec. 2025. doi: https://doi.org/10.36841/cendekiapendidikan.v3i4.5529.