ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA TOPIK PECAHAN KELAS V SDN SARUNI 1

  • Patra Aghtiar Rakhman Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Khofiyatunnida Khofiyatunnida Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Niswatul Choir Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor penyebab kesulitan siswa belajar matematika
dalam menyelesaikan soal cerita pada materi pecahan dan cara mengatasi kesulitan belajar matematika
di kelas V. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif, dengan menggunakan pendekatan kualitatif
deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan
soal cerita pada materi pecahan. Teknik pengumpulan data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah
observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor yang menyebabkan
siswa kesulitan belajar meliputi faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yaitu Pemahaman
membaca dan memahami soal cerita kurang baik, kurangnya pemahaman konsep matematika yang
mendasar, Kesulitan dalam menerapkan pengetahuan matematika ke dalam konteks soal, kurangnya
kemampuan berpikir kritis dan analistis, kurang motivasi dan minat terhadap matematika. Sedangkan
faktor eksternal meliputi lingkungan keluarga, penggunaan metode pembelajaran yang kurang variative
dan penggunaan media pembelajaran yang kurang maksimal. Untuk mengatasi kesulitan tersebut maka
di butuhkan peran guru untuk meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa pada Pelajaran matematika
dengan cara menciptakan kondisi belajar yang menyenangkan, menggunakan metode pembelajaran yang
variative serta penggunaan media pembelajaran yang konkrit.

References

Afkarina, I. d. (2021). Analisis Kesulitan Pesrta Didik Kelas IV SDN 44 Ampenan Dalam
Memecahkan Soal Cerita Materi Pecahan Tahun Pelajaran 2020/2021. ENDAGOGIA:
Jurnal Pendidikan Dasar.
Aminah, K. R. (2018). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal . Jurnal Teori dan
Aplikasi Matematika, 118-122.
Atiaturrahmani, M. Q. (2021). Analisisi Faktor penyebab Kesulitan Belajar Matematika Materi
Pecahan Siswa Kelas IV SDN Sukaraja. Jurnal Didika, 2.
Ayu, N. S. (2019). Analisis Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soal Matematika Bentuk Cerita di
Kelas VIII MTs Negeri Bandar Tahun Pelajaran 2017/2018,. Jurnal Pendidikan dan
Matematika, Vol. 8.
Emaliah Samhatul, A. A. (2022). Analisis Kesulitan Siswa dalam Memahami Soal Cerita Materi .
Jurnal Pendidikan Tambusai, 106663-10668.
Gunanto. (2016). ESPS Matematika. Jakarta: Erlangga.
Ika, M. d. (2018). Model Intervensasi Gangguan Kesulitan Belajar. Yogyakarta: K-Media.
Marsigit. (2018). Matematika Sekolah dasar. Yogyakarta: Tajuk Entri Utama.
Nadia, k. (2023). Analisis Kesulitan Peserta Didik Dalam Mengerjakan Soal Cerita Matematika
Materi Pecahan Kelas V MI ya Bakii Kalisabuk 03. Purwokorto: Universitas Islam
Negeri Prof.K.H.Saifuddin Zuhri Purwokerto.
Nunuk Badriyah, S. d. (2020). ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MENYELESAIKAN
SOAL. Pedagogik Jurnal Pendidikan , 10-15.
Rahmawati, R. Z. (2021). ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V
SDN KARAWACI 11. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 478-488.
Silvia, T. A. (2020). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika di Sekolah Dasar.
Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 25-37.
Published
2024-12-10
How to Cite
RAKHMAN, Patra Aghtiar; KHOFIYATUNNIDA, Khofiyatunnida; CHOIR, Niswatul. ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA TOPIK PECAHAN KELAS V SDN SARUNI 1. CENDEKIA PENDIDIKAN, [S.l.], v. 3, n. 4, p. 77-87, dec. 2024. ISSN 2964-0997. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/cendekiapendidikan/article/view/5528>. Date accessed: 05 dec. 2025. doi: https://doi.org/10.36841/cendekiapendidikan.v3i4.5528.