ANALISIS PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SD NEGERI 3 PATOKAN SITUBONDO

  • Syifana Qolbun Zam Zami Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Aenor Rofek Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Heldie Bramantha Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Moh Zamili Universitas Ibrahimy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pembelajaran  berdiferensiasi diterapkan di Kelas IV SD Negeri 3 Patokan Situbondo. Penelitian  kualitatif deskriptif ini dilakukan selama proses pembelajaran. Penelitian ini melibatkan  kepala sekolah, guru kelas IV, dan siswa kelas IV yang berjumlah 25 siswa , terdiri dari  14 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Penelitian ini dilakukan setiap hari selasa  selama empat kali pertemuan, yaitu pada tanggal 7, 14, 21, dan 28 Mei 2024, dari pukul  10.00-12.00 WIB. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.  Program Kurikulum Merdeka Belajar bertujuan untuk memberikan peserta didik  kebebasan dan kemandirian untuk memilih jalur pendidikan yang sesuai dengan minat,  bakat, dan kebutuhan mereka. Transformasi ini menunjukkan bahwa kesejahteraan  adalah bagian penting dari proses pembelajaran di sekolah. Pembelajaran  berdiferensiasi adalah komponen yang ditambahkan ke dalam Kurikulum Merdeka  Belajar. Ini memungkinkan guru memenuhi kebutuhan belajar siswa dengan tingkat  kemampuan, minat, dan kebutuhan yang berbeda. Dengan menggunakan berbagai  metode, media, dan sumber belajar, guru dapat mengakomodasi berbagai gaya belajar  peserta didik, termasuk gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik. Berdasarkan data yang dikumpulkan, ini memungkinkan guru untuk mengakomodasi berbagai gaya  belajar peserta didik.


The aim of this study is to find out how differential learning is applied in Class  four State SD 3 Patokan Situbondo. This descriptive qualitative research is carried out  during the learning process. The study involved the head of the school, fourth grade  teachers, and fourth-grade students of a total of 25 students, consisting of 14 male students  and 11 female students. The research was conducted every Tuesday for four meetings,  namely on 7, 14, 21 and 28 May 2024, from 10 a.m. to 12 p.m., data obtained through  observations, interviews, and documentation. The Free Learning curriculum aims to give  students the freedom and independence to choose educational paths that suit their  interests, talents, and needs. This transformation shows that well-being is an important  part of the learning process at school. Differential learning is a component that is added to  the Free Learning Curriculum. It allows teachers to meet the learning needs of learners  with different levels of ability, interests, and needs. Using a variety of learning methods,  media, and resources, teachers can accommodate a wide range of student learning styles,  including visual, auditorium, and kinesthetic. Based on the data collected, this enables  teachers to accommodate different student study styles.

References

Barlian, U. C., Yuni, A. S., Ramadhanty, R. R., & Suhaeni, Y. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris. ARMADA : Jurnal Penelitian Multidisiplin, 1(8), 815–822. Https://Doi.Org/10.55681/Armada.V1i8.742
Cholifah, T. N. (2018). Analisis Gaya Belajar Siswa Untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Indonesian Journal Of Natural Science Education (IJNSE), 1(2), 65– 74. Https://Doi.Org/10.31002/Nse.V1i2.273
Febriyanti, N. (2021). Implementasi Konsep Pendidikan Menurut Ki Hajar Dewantara. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1631–1638. Https://Jptam.Org/Index.Php/Jptam/Article/View/1151/1031
Herwina, W. (2021). Optimalisasi Kebutuhan Murid Dan Hasil Belajar Dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175–182. Https://Doi.Org/10.21009/Pip.352.10
Hidayat, B. (2023). PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PENDIDIKAN IPS DI SEKOLAH DASAR. JURNAL IKA: IKATAN ALUMNI PGSD UNARS, 14(2), 267–278. Http://Www.Pembelajaran.Wordpress.Com/ Internet
Juni Agus Simaremare, N. P. (2021). METODE COOPERATIF LEARNING TIPE JIGSAW DALAM PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA (Nomor 978-623-6092-15–6).
Marlina, Efrina, E., & Kurumastuti, G. (2019). Model Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Peningkatan Keterampilan Sosial Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusif Laporan Akhir Penelitian Terapan Unggulan Perguruan Inggi UNP.
Rofek, A., & Zehro, L. (2021). Penerapan Metode Pembelajaran Buzz Group Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas Ii Sd Negeri 2 Seletreng Kecamatan Kapongan Kabupaten Situbondo Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 9(1), 54. Https://Doi.Org/10.36841/Pgsdunars.V9i1.1018
Suwartiningsih, S. (2021). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Tanah Dan Keberlangsungan Kehidupan Di Kelas Ixb Semester Genap SMPN 4 Monta Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 80–94. Https://Doi.Org/10.53299/Jppi.V1i2.39
Published
2024-11-16
How to Cite
ZAM ZAMI, Syifana Qolbun et al. ANALISIS PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SD NEGERI 3 PATOKAN SITUBONDO. CENDEKIA PENDIDIKAN, [S.l.], v. 3, n. 4, p. 13-19, nov. 2024. ISSN 2964-0997. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/cendekiapendidikan/article/view/5520>. Date accessed: 05 dec. 2025. doi: https://doi.org/10.36841/cendekiapendidikan.v3i4.5520.