PENGARUH MODEL ROLE PLAYING TERHADAP KEMAMPUAN NUMERASI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS 5 SDN 2 PATOKAN
Abstract
Penelitian yang berjudul Pengaruh Model Role Playing Terhadap Kemampuan Numerasi Dalam Pembelajaran Matematika Kelas 5 SDN 2 Patokan Situbondo, dilatarbelakangi oleh siswa yang mengalami kesulitan mengerjakan soal berbentuk “angka dan soal cerita†serta kesulitan memahami materi pecahan yang disampaikan oleh guru. Hal ini dapat dilihat dari siswa yang masih belum bisa menerapkan konsep matematika dalam kehidupan sehari-hari dan juga dari hasil nilai yang diperoleh siswa masih rendah.Penelitian bertujuan untuk mengetahui kemampuan numerasi siswa kelas 5 yang menggunakan model pembelajaran konvensional dengan menggunakan model pembelajaran role playing.Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen). Penelitian kuantitatif adalah penelitian yang mementingkan dan menitikberatkan pada hasil penelitian. Dengan demikian, laporan yang dibuat menggunakan angka dan statistik dalam pengumpulan serta analisis data yang dapat diukur. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model Role Playing memiliki dampak yang signifikan/berpengaruh terhadap kemampuan numerasi siswa. Rata-rata nilai kemampuan numerasi siswa pada kelas eksperimen mencapai 75,85, sedangkan pada kelas kontrol mencapai 64. Hal ini juga terkonfirmasi melalui hasil uji t-test, di mana nilai thitung pada post-test kedua kelas adalah 10,99 sedangkan ttabel adalah 2,021. Dengan demikian, karena thitung > ttabel, maka hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima.
References
Asfiyah, S., Hidayati, P. N., & Chalimah, S. N. (2021). Metode Jarimatika Berbasis Role Play dalam Meningkatkan Pembelajaran Matematika. Indonesian Journal of Mathematics and Natural Science Education, 2(2), 135-140.
Baharuddin, M. R., Sukmawati, S., & Christy, C. (2021). Deskripsi Kemampuan Numerasi Siswa dalam Menyelesaikan Operasi Pecahan. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 90-101.
Hopeman, T. A., Rahma, A., & Pradesa, K. (2023). Strategi Pembelajaran Metacognitive-Scaffolding Untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa Kelas III SD Negeri Lembursawah 1. Edukasi: Jurnal Penelitian dan Artikel Pendidikan, 15(1), 97-110.
Nisa, A. C. (2023). Meningkatkan kemampuan numerasi siswa melalui model problem based learning berbantu quizizz. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(1), 310-317.
Putri, N. P. W. P., Adar, M. A. S. Y., Solaifati, E., & Astitin, D. Y. (2022). Penerapan Metode Pembelajaran Role Playing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III SD Negeri 4 Kaba-Kaba. In Seminar Nasional (Prospek I).
Rasdiana, O. (2022). BAB III PERANAN DAN JENIS PENELITIAN KUANTITATIF. Metodologi Penelitian Kuantitatif, 24.
Saidah, L. (2023). Penerapan Role Playing Mata Uang Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Iv Sdn Songgokerto 01 Batu. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora, 2(2), 1236-1259.
Sarwuna, Y., Ani, Y., & Soesanto, R. H. (2023). Penerapan Metode Bercerita Bagi Kemampuan Numerasi Siswa Usia Dini Dalam Pembelajaran Tematik [Application Of The Story Method For Early Student Numeration Ability In Thematic Learning]. Johme: Journal of Holistic Mathematics Education, 7(1), 76-90.
Wijaya, A. (2023). Kemampuan Numerasi dan Growth Mindset Siswa SMP dan Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten Purworejo. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 10(2).
Yusnarti, M., & Suryaningsih, L. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 2(3), 253-261.







