IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN 3D FOTOSINTESIS PADA PEMBELAJARAN IPAS DI SDN BAROS 3

  • Iin Indrawati Universitas Sultan Ageng Titayasa
  • Fani Nurlita Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Patra Aghtiar Rakhman Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Abstract

Penelitian ini mengenai rendahnya penggunaan serta kendala terkait media pembelajaran pada pembelajaran IPAS terutama pada siswa kelas IV SDN Baros 3. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif melalui metode deskriptif. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis serta mendeskripsikan pengimplementasian media pembelajaran dan kendala yang dihadapi oleh guru di dalam penggunaan media pembelajaran khsusunya pada pembelajaran IPAS. Hasil penelitian terhadap penggunaan media pembelajaran memberikan efek yang besar terutama dapat menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan berfokus pada siswa, sehingga siswa mampu mencapai tujuan pembelajaran yang sudah dirancang. Hasil penelitian juga menunjukan bahwa pengimplementasian media pembelajaran IPAS terutama media pembelajaran 3D Fotosintesis, siswa lebih antusias ketika mengikuti proses pembelajaran, siswa lebih mudah dalam memahami materi pembelajaran terutama pada materi proses fotosintesis. Kesimpulan pada penelitian ini ialah bahwa penggunaan media pembelajaran di SDN Baros 3 belum terlaksana dengan maksimal dikarenakan adanya beberapa kendala , sehingga pada proses pembelajaran peserta didik terlihat pasif. Kemudian dengan adanya bantuan, penerapan media pembelajaran 3D Fotosintesis, peserta didik terlihat sangat senang dan sangat antusias untuk belajar. Jadi dapat diketahui bersama, bahwa media pembelajaran memiliki peran yang sangat penting dalam proses pembelajaran.

References

Dewi, P. K., & Budiana, N. (2018). Media pembelajaran bahasa: aplikasi teori belajar dan strategi pengoptimalan pembelajaran. Universitas Brawijaya Press.
Ghaniem, A.F, dkk. 2021. Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial. Jakarta Selatan : Pusat Perbukuan Badan Standar, kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi
Hanif, M., & Sutarjo, A. (2023). Penggunaan Media Video Berbasis Animaker untuk Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik dalam Pembelajaran IPA: Indonesia. Ibtida'i: Jurnal Kependidikan Dasar, 10(2), 109-124.
Hasanah, M. (2022). Penggunaan Media Berbasis Teknologi dalam Pembelajaran IPAS Kelas V MI Darul Huda Banjarmasin.
Karo-Karo, I. R., & Rohani, R. (2018). Manfaat media dalam pembelajaran. Axiom: jurnal pendidikan dan matematika, 7(1).
Khaeroni, K., & Julia, A. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Diorama Terhadap Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran IPA di Kelas IV SD/MI. Ibtida'i: Jurnal Kependidikan Dasar, 10(2), 139-154.
Kristanto, A. (2016). Media pembelajaran. Surabaya: Bintang Surabaya, 84.
Kustandi, C., & Darmawan, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran: Konsep & Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran bagi Pendidik di Sekolah dan Masyrakat. Prenada media.
Magorani, S. H., Palimbong, A., & Saneba, B. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Media Gambar Pada Pembelajaran IPS di Kelas IV SDN Tou Kabupaten Banggai. Jurnal Kreatif Tadulako, 4(11), 111697.
Moto, M. M. (2019). Pengaruh penggunaan media pembelajaran dalam dunia pendidikan. Indonesian Journal of Primary Education, 3(1), 20-28.
Nasirun, M., & Yulisdeni, Y. (2020). Kendala Guru Dalam Penggunaan Media Pembelajaran. Jurnal Pena PAUD, 1(1), 19-26.
Nurfadhillah, S. (2021). MEDIA PEMBELAJARAN Pengertian Media Pembelajaran, Landasan, Fungsi, Manfaat, Jenis-Jenis Media Pembelajaran, dan Cara Penggunaan Kedudukan Media Pembelajaran. CV Jejak (Jejak Publisher).
Nurhayati, N. (2018). Pemilihan media pembelajaran. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Nurhuda, W. A., & Hasanah, D. (2024). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS AUGMENTED REALITY MATERI FOTOSINTESIS. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 2806-2816.
Pagarra, H., Syawaluddin, A., & Krismanto, W. (2022). Media Pembelajaran.
Pujilestari, M. (2024). Peningkatan Hasil Belajar IPAS Materi Fotosintesis Menggunakan Media Pembelajaran Augmented Reality (Ar) Pada Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(5), 7024-7028.
Sanjaya, W. (2015). Penelitian Pendidikan: Jenis, Metode dan Prosedur. Jakarta: Prenamedia Group.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumiharsono, R., & Hasanah, H. (2017). Media pembelajaran: buku bacaan wajib dosen, guru dan calon pendidik. Pustaka Abadi.
Ummah, K. K., & Mustika, D. (2024). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Pada Muatan IPAS di Kelas IV Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 1573-1582.
Wardani, I. K. (2015). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPA Sisuwa Kelas IV SDN Salaman Mloyo Kota Semarang. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Wijaya, S., Nursehah, U., & Dewi, F. S. (2021). PENGGUNAAN ALAT PERAGA PEREDARAN DARAH MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DI SEKOLAH DASAR. Ibtida'i: Jurnal Kependidikan Dasar, 8(1), 1-10.
Zulfiana, A. & Susanti, S., (2018). Jenis–Jenis Media Dalam Pembelajaran. Jenis–Jenis Media Dalam Pembelajaran, 1-16.
Published
2024-11-27
How to Cite
INDRAWATI, Iin; NURLITA, Fani; RAKHMAN, Patra Aghtiar. IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN 3D FOTOSINTESIS PADA PEMBELAJARAN IPAS DI SDN BAROS 3. CENDEKIA PENDIDIKAN, [S.l.], v. 3, n. 4, p. 35-42, nov. 2024. ISSN 2964-0997. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/cendekiapendidikan/article/view/5510>. Date accessed: 05 dec. 2025. doi: https://doi.org/10.36841/cendekiapendidikan.v3i4.5510.