ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN SQ3R DALAM MENINGKATKAN MEMBACA LANJUTAN DI KELAS IV SEKOLAH DASAR

  • Alviani Lingga Luthfika Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Patra Aghtiar Rakhman Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Penti Nursifa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Abstract

Keterampilan membaca lanjutan peserta didik dapat ditingkatkan melalui model-model pembelajaran untuk menyampaikan isi teks bacaan kepada peserta didik. Terdapat berbagai model pembelajaran untuk mata pelajaran bahasa Indonesia khususnya yang dapat meningkatkan kemampuan membaca lanjutan yaitu dengan model SQ3R. Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Model SQ3R ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode Analisis Data yang bertujuan agar mendapatkan pemahaman yang lebih dalam mengenai Model Pembelajaran SQ3R  untuk meningkatkan membaca lanjutan peserta didik pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Kemampuan membaca lanjutan pada peserta didik kelas IV di SDN Sempu 1 terlihat mengalami peningkatan setelah penggunaan model tersebut dalam pembelajaran. Peningkatan siswa dalam pembelajaran telah meningkat cukup baik namun belum sepenuhnya berhasil, sehingga perlu adanya tindakan lebih lanjut lagi untuk membimbing siswa yang belum aktif menyimak pada sebuah teks cerita.

References

Amalia, R, S, dkk. (2022). Penerapan Model Pembelajaran SQ3R untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia, Vol. 60, No. 1.
Dalman, H. (2019). Keterampilan Membaca: Teori dan Praktik. Jakarta: Rajawali Pers.
Hamidah, I & Sundari, F. (2023). Membaca dan Pengajarannya (Bermuatan Model Membaca Teks Digital). Gresik: Thalibul Ilmi Publishing & Education.
Hasibuan, R, S, dkk. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Sq3r Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Isi Cerita Pendek Kelas IV SD Negeri 157019 Pinangsori 12. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. Vol. 2, No. 1.
Nafisah, R & Koeswanti. (2023). Penerapan Metode Pembelajaran SQ3R untuk Meningkatkan Membaca Pemahaman Siswa Kelas III SDN Kalicacing 02. Jurnal Genre, Vol. 5, No. 2.
Nugroho, T. (2024). Efektivitas Metode SQ3R dalam Pembelajaran Membaca. Semarang: Unnes Press.
Putri, A. (2022). Penerapan Model SQ3R untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa. Surabaya: Graha Ilmu.
Rahmawati, A. (2016). Penerapan SQ3R Berbantuan Reka Cerita Gambar Untuk Meningkatkan Pemahaman Membaca Dan Hasil Belajar Siswa. Profesi Pendidikan Dasar, Vol. 3, No.2.
Rahmawati, L. (2021). Metode SQ3R dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Riyanti, A. (2021). Keterampilan Membaca. Yogyakarta: K-Media.
Published
2024-12-02
How to Cite
LUTHFIKA, Alviani Lingga; RAKHMAN, Patra Aghtiar; NURSIFA, Penti. ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN SQ3R DALAM MENINGKATKAN MEMBACA LANJUTAN DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. CENDEKIA PENDIDIKAN, [S.l.], v. 3, n. 4, p. 43-51, dec. 2024. ISSN 2964-0997. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/cendekiapendidikan/article/view/5501>. Date accessed: 05 dec. 2025. doi: https://doi.org/10.36841/cendekiapendidikan.v3i4.5501.