PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS KOMIK DENGAN MODEL GROUP INVESTIGATION PADA PELAJARAN IPAS MATERI INDONESIAKU KAYA RAYA KELAS V SD NEGERI 066056 MEDAN

  • Haposanna Krisnaria Hutabarat Universitas Negeri Medan
  • Yusra Nasution Universitas Negeri Medan
  • Laurensia Masri Perangin-Angin Universitas Negeri Medan
  • Waliyul Maulana Siregar Universitas Negeri Medan
  • Husna Parluhutan Tambunan Universitas Negeri Medan

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui validitas, praktikalitas, dan efektivitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Komik dengan Model Group Investigation Pada Pelajaran IPAS Materi Indonesiaku Kaya Raya Topik Bagaimana Bentuk Indonesiaku Kelas V yang dikembangkan. Jenis penelitian ini yaitu penelitian dan pengembangan (R&D) menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, angket dan tes. Hasil validasi oleh ahli materi diperoleh skor 93,33% dengan kategori “Sangat Layakâ€. Hasil validasi oleh ahli desain diperoleh skor 86,66% dengan kategori “Sangat Layakâ€. Hasil penilaian praktisi pendidikan diperoleh skor 92% dengan kategori “Sangat Praktisâ€. Hasil efektivitas dari rata-rata skor N-Gain persen sebesar 74,80% atau N-Gain > 0,70 dengan kategori “Sangat Efektifâ€. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penelitian dan pengembangan ini menghasilkan sebuah produk berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Komik dengan Model Group Investigation yang layak, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran.


 


 

References

Assalam, I. R., Sriyono, S., & Nurhidayati, N. (2020). Pengembangan lembar kegiatan peserta didik berbasis group investigation untuk menguatkan karakter peserta didik dalam memecahkan masalah. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains (JIPS), 1(2), 33-41.
Hardini, J., Simanjuntak, S., Simanjuntak, E. B., Faisal, F., & Siregar, W. M. (2023). Pengembangan E-Module Berbasis Flip PDF Professional Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema 5 Kelas III SD Negeri 018445 Hessa Perlompongan. Journal of Computer Science and Information System (JColnS), 4(3), 125-130.
Mailani, E., & Wulandari, E. (2019). Pengembangan Buku Ajar Matematika Materi Penjumlahan Bilangan Desimal dengan Pecahan Campuran Berbasis Pendekatan Scientific di SDN 101771 Tembung TA 2018/2019. Elementary School Journal, 9(2), 94-103.
Miftahussaadah, M., & Subiyantoro, S. (2021). Paradigma Pembelajaran dan Motivasi Belajar Siswa. ISLAMIKA, 3(1), 97-107.
Musnaeni, M., Abidin, S., & Purnawati, P. (2022). Pentingnya Manajemen Strategi Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Pengetahuan, 2(2), 98-104.
Nasution, Y., Sitohang, R., Khairunisa, K., & Sembiring, M. (2024). Development Of Student E-Work Sheet Based on Cooperative Learning Model Type Group Investigation (GI) Course Basic Concepts of Social Sciences Student Education Elementary School Teacher. In Proceedings of the 5th International Conference on Innovation in Education, Science, and Culture, ICIESC.
Perangin-angin, L. M., & Maysyaroh, E. Efektivitas Pembelajaran Secara Daring Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema 5 Subtema 1 Kelas IV di SD Negeri 014679 Bangun Sari Tahun Ajaran 2020/2021.
Prasetiyo, B., Boleng, D. T., & Tindangen, M. (2021). Analisis Permasalahan Guru Terkait Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Biologi Melalui Inkuiri Terbimbing. Jurnal Edukasi, 8(1), 20-22.
Prasetya, P., Nurhasanah, N., & Oktaviyanti, I. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis Komik Muatan IPS Tema 3 Subtema 3 Pada Kelas IV SDN 42 Cakranegara. Jurnal Studi Sosial, 6, 190-198.
Prastowo, Andi. (2016). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jakarta: DivaPress.
Suncaka, E. (2023). Meninjau Permasalahan Rendahnya Kualitas Pendidikan di Indonesia. UNISAN JURNAL, 2(3), 36-49.
Published
2024-09-18
How to Cite
KRISNARIA HUTABARAT, Haposanna et al. PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS KOMIK DENGAN MODEL GROUP INVESTIGATION PADA PELAJARAN IPAS MATERI INDONESIAKU KAYA RAYA KELAS V SD NEGERI 066056 MEDAN. CENDEKIA PENDIDIKAN, [S.l.], v. 3, n. 3, p. 61-76, sep. 2024. ISSN 2964-0997. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/cendekiapendidikan/article/view/5281>. Date accessed: 05 dec. 2025. doi: https://doi.org/10.36841/cendekiapendidikan.v3i3.5281.
Section
Articles