ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V DI SD NEGERI 1 ALASMALANG KEC. PANARUKAN KAB. SITUBONDO
Abstract
Tujuan dari riset ini merupakan buat mengenali aspek yang pengaruhi kesusahan
berlatih IPA pada anak didik kelas V di SD Negeri 1 Alasmalang. Tipe riset yang dipakai
dalam riset ini merupakan tata cara kualitatif. Pengumpulan informasi yang dipakai ialah
pemantauan, tanya jawab, pemilihan. Analisa yang dipakai terdapat 3 jenjang, ialah:
pengurangan informasi, penyajian serta pencabutan kesimpulan. Hasil bisa dikenal kalau
aspek dalam mencakup atensi anak didik yang kurang kepada penataran, dorongan berlatih
anak didik yang kecil. Sedangkan itu aspek ekstern mencakup minimnya atensi orang
berumur kepada aktivitas berlatih anak didik, akibat sahabat main, akibat alat massa, tata cara
yang konstan serta alat atau perlengkapan penataran yang kurang menarik.
References
Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 3(2).72-73. Faizal, Andi Lukman dan Mory Victor Febrianto. “Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam
Pembelajaran Tematik Kelas IV Di SDN 5 Dawuhan Kabupaten Situbondoâ€, Universitas Abdrachman
Saleh Situbondo FKIP, 2017. Anggraini Dhian Kusuma. 2019. Pengaruh Metode Mind Mapping Terhadap Kreativitas Belajar
Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Matematika Di SD Negeri Banyuanyar 1 Surakarta Tahun
Pelajaran 2016/2017. Karya Ilmiah Mahasiswa PGSD FKIP
Ardianto, Hilarius Wahyu. 2018. Pengaruh Pendekatan Realistik Terhadap Pemahaman Konsep
Bangun Datar Mata Pelajaran Matematika Pada Siswa Kelas III B Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri
Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Karya Ilmiah Mahasiswa PGSD FKIP. Vol.1, No.1
Dalyono. 2019. Psikologi pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta. Dendy Sugono. 2015. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Dhiniaty Gunarso. 2017. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara. Ellis. 2010. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta. Fogarty. 2009. Pendampingan Pemanfaatan Sampah Plastik dan Kertas Untuk Media Pembelajaran
Inovatif Bagi Guru di SDN 5 Bae, Kudus. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1 (1), 48-55. Hartono. 2019. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: ArRuzz Media. Hendro Darmodjo dan Jenny R. E. Kaligis, 1993. Schaum’s Outlines Of Aljabar Elementer. Terjemahan oleh Jullian Gressando. 2004. Penerbit Erlangga
Hosnan, 2014. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia. Ilham dkk. 2019. Evaluasi pembelajaran matematika. Jakarta: Rajawali Press. Irham & Novan Ardy, 2017. Filsafat Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo
Jacobson & Bergman. 1980. The Challenges For The Development Of Character Education In
Building Civic Responbility Through Multiculturalism Perspective. 1(1). 83. John,Y.J. 2015. Dasar-Dasar Statistik Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia
Kemendikbud. 2013. Panduan Penilaian untuk Sekolah Dasar (SD). Jakarta: Kemendikbud. Kemdikbud, 2014. Belajar dan Pembelajaran, cet. 2. Jakarta: Rineke Cipta
Miles dan Huberman. 2017. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara
Min, Rashid, & Nazri, 2012. Strategi pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Moleong. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan,Jakarta: Rineka Cipta
Moleong, 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya







