ANALISIS STRATEGI PEMBELAJARAN INTERAKTIF GURU DALAM PEMBELAJARAN IPA DIKELAS 4 SDN 2 LANDANGAN TAHUN AJARAN 2022/2023
Abstract
Strategi pembelajaran interaktif dirancang untuk menciptakan suasana pembinaan dan pembelajaran yang terfokus pada mahasiswa sehingga mereka secara aktif membangun pemahaman melalui penyelidikan atas pertanyaan-pertanyaan yang mereka ajukan sendiri. Dalam hal ini siswa diberi kebebasan dan kesempatan untuk melibatkan minatnya dengan cara mengajukan pertanyaan tentang topik yang akan dipelajari, kemudian melakukan investigasi terhadap pertanyaan yang diajukannya sendiri. rumusan kerumitan dalam studi tentang bagaimana menyelidiki teknik pembelajaran interaktif instruktur dalam perolehan pengetahuan IPA di Keagungan 4 di SDN 2 Landangan. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, pengumpulan informasi menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi, dan analisis informasi yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Pengecekan keabsahan informasi terdiri dari komentar, daya tahan, triangulasi
berdasarkan hasil penelitian khususnya metode pembelajaran Interaktif guru pada pembelajaran teknologi di keanggunan 4 di SDN 2 Landangan, pelatih membuat Rencana Pelaksanaan penguasaan (RPP) penggunaan teknik klinis Kurikulum 2013, penggunaan metode dialog, Sedangkan pemberian tugas lembaga dan media pembelajarannya melalui pot bunga, media proyektor LCD. . Pembelajaran IPA dengan menerapkan strategi mengenal secara interaktif membuat sebagian besar siswa kelas 4 SDN 2 Landangan merasa puas dan tidak bosan karena sambil mencari teman untuk kelompoknya, siswa berlomba- lomba mendiskusikan akibat dari pembelajaran mereka. jawaban pribadi yang mungkin kemudian dapat disimpulkan sebagai solusi yang tepat. Belajar dengan menerapkan teknik belajar interaktif, siswa menjadi lebih percaya diri dalam mengerjakan soal-soal yang diberikan oleh guru kelas karena dengan mencari jawabannya sendiri, siswa mampu melihat sejauh mana kemampuan setiap siswa dalam memahami. kain pembelajaran pengetahuan teknologi. Dalam kelompok siswa dilatih untuk bertanggung jawab dan dengan cara berdiskusi melatih keberanian siswa untuk mengutarakan pendapatnya, selain itu siswa mendapat kesempatan untuk membalas pendapat temannya sehingga melatih siswa untuk berasumsi secara serius dalam berpikir. jawaban benar.
References
Febrianto, Mory Victor 2020, perangkat lunak jenis struktur think-Pair-proportion (TPS) Koperasi memperoleh pengetahuan model untuk meningkatkan pengetahuan teknologi memperoleh pengetahuan tentang hasil. majalah kajian dan pengembangan pendidikan. tingkat empat, variasi 2
Febrianto, Mory Victor, Winditiya Yuliana, Dina Riska Nurfiyanti, 2023. Implementasi versi belajar misalkan-bicara-Tulis untuk meningkatkan olahraga sarjana dan memperoleh pengetahuan tentang konsekuensi dalam topik sains keahlian materi Cara tumbuhan hijau Membuat makanan kelas V Semester 1 di MI Salafiah Syafi'iyah Asembagus.
Hamalik, Oemar. 2012. Metode belajar mengajar. Jakarta: Bumi Literasi Majid, Abdul .2013. mengenal pendekatan .remaja Rosdakarya:Bandung
Miles, M.B., Huberman, A.M., dan Saldana, J. 2014. Evaluasi statistik kualitatif, Buku Sumber metode, edisi 3. u.s.a .: Kursus Sage. Diterjemahkan oleh Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press
Sagala, Syaiful. 2012. Ide dan Apa Sarana Penguasaannya. Bandung: Abjad Sugiyono. 2015. metode penelitian pembelajaran dengan taktik kuantitatif,
kualitatif dan R&D. Bandung : PT Alfabeta.
Suprayekti. 2008. pembinaan dan penguasaan interaksi. Kementerian Pendidikan Nasional. Jakarta.
Trianto, 2007. Revolusioner berorientasi konstruktivis memperoleh pengetahuan tentang model. Pemenuhan Perpustakaan: Jakarta.
Vaille, D & Venville, G. 2007. Seni pembinaan ilmu dasar. Crows Nest NSW, Australia : Allen Unwin.
Wahab, Abdul Aziz. 2016. teknik dan model pengajaran. Bandung: Abjad







