PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VB SD NEGERI 1 BESUKI

  • Reky Lidyawati Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Zainuddin Zainuddin Universitas Abdurachman Saleh Situbondo

Abstract

Penelitian ini ialah penelitian ekperimen memiliki tujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dengan model konvensional pada hasil belajar Matematika siswa kelas Va SD Negeri 1 Besuki tahun ajaran 2023/2024. Kelas kontrol dilakukan model konvensional saja, sedangkan kelas eksperimen diberikan perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together. pengujian hipotesis dan mengacu pada tujuan penelitian yang telah diajukan, apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together terhadpa hasil siswa kelas Va pada materi bangun ruang. Hingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas V SD Negeri 1 Besuki. Hal ini dibuktkan dari perolehan nilai dengan rata-rata kelas kontrol 63,82 sedangkan kelas eksperimen 77,41. Hal ini dapat dilihat juga pada hasil penghitungan uji-t nilai pos-tes kedua kelas dengan menunjukkan thitung = 2.059 dan ttabel = 1.999 maka thitung > ttabel sehingga Ho ditolak dan H1 diterima. Hasil belajar Matematika dengan materi bangun datar dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together lebih baik.


 

References

Arifin, N. F., Puspitaningtyas, A. R., & Yulianto, D. E. (2024). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Word Square Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas 4 Gugus 03 Kecamatan Mangaran Situbondo. Cendekia Pendidikan, 3(2), 20-29.
Ahmad, S. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.
Arikunto. & Suharsimi. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Ansor, Z., & Pratiwi, V. (2022). Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV di MI Nurul Huda Gebangan Kecamatan Kapongan Kabupaten Situbondo Tahun Pelajaran 2017/2018. Cendekia Pendidikan, 1(1), 20-31.
Aris, S. 2013a. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Abdurrahman, M. 2012. Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Aris, S. 2014b. 68 Model pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Chairul, A. 2017. Teori-Teori Pendidikan Klasik Hingga Kontemporer. Yogyakarta: IRCisoD
Dani Firmansyah. 2017. ”Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika”. Jurnal Pendidikan Unsika, ISSN 2338-2996
Bandung: Citapustaka Media Perintis. Hlm. 42
LA Aprilia, S Slameto, EH Radia. , 2018. Jurnal Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan
Husein, A. M., & Basofi, A. (2022). Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri Dengan Menggunakan Media Grafis (Gambar) Untuk Meningkatkan
Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Matematika Materi Diagram Lingkaran Siswa Kelas Iv Sd Negeri 4 Seletreng Tahun Pelajaran 2021/2022. Cendekia Pendidikan, 1(2), 81-90.
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia. Hlm. 89-90.
Indra, J., & Ardat. 2013. Penerapan Statistik Untuk Pendidikan.
Munadi, Y. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi (GP Press Group).
Saur, T. 2014. Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Pendidik dan Keilmuan. Jakarta: Erlangga. Hlm. 94.
Muliandari, P. T. V. (2019). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT (numbered head together) terhadap hasil belajar matematika. International Journal of Elementary Education, 3(2), 132-140.
Nayunda, P. A. (2023). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe bamboo dancing dengan media visual terhadap hasil belajar tematik peserta didik kelas iv sdn 2 pringsewu timur.
Nana, S. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT. Remaja Rosdikarya. Hlm. 22.
Nur, M. 2005. Pembelajaran Kooperatif. Jawa Timur : Depdiknas
Rosmaini, S., Mariani, N.L., Riska, E. 2013. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Strategi Quick On The Draw Untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Kuantan Hilir”.
Sugiono. 2014a. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta. Hlm. 96.
Sudjana, Metode Statistika, Bandung, Tarsito, 1989.
Sugiyono. 2015b. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiono. 2017c. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta. Hlm. 03
Syaiful, B. D., & Aswan, Z. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta. Hlm. 45
Salim. 2018. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung: Citapustaka Media. Hlm. 98
Yulianto, D. E., Heldie Bramantha, S., Pd, M. P., & Wachadania, P. Perbedaan Hasil Belajar Ips Antara Penggunaan Model Pembelajaran Picture and Picture Dengan Metode Ceramah Pada Siswa Kelas Iii Sd Negeri Gugus 2 Kecamatan Jatibanteng Semester Ganjil.
Published
2024-08-08
How to Cite
LIDYAWATI, Reky; ZAINUDDIN, Zainuddin. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VB SD NEGERI 1 BESUKI. CENDEKIA PENDIDIKAN, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 113-129, aug. 2024. ISSN 2964-0997. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/cendekiapendidikan/article/view/4969>. Date accessed: 05 dec. 2025. doi: https://doi.org/10.36841/cendekiapendidikan.v3i2.4969.
Section
Articles