PENERAPAN MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA ANAK USIA DINI

  • Norma Diana Fitri STKIP Bina Insan Mandiri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memaksimalkan pemahaman literasi dan


numerasi pada anak kelompok B di RAM NU 10 Banin Banat Manyar Gresik dengan penggunaan media buku cerita bergambar berbasis kearifan lokal bongko kopyor dan bonggolan sebagai makanan khas daerah tersebut. Penelitian    ini    menggunakan    metode    penelitian    kualitatif    deskriptif. Peneliti   melakukan pengamatan secara langsung ke lapangan pada proses pembelajaran kelompok B RAM NU 10 Banin Banat Manyar Gresik dengan tema kebutuhanku sub tema makanan tradisional yang dapat mendukung hasil  penelitian.  Teknik  pengumpulan  data dilakukan  dengan  observasi, wawancara,  dan dokumentasi.  Observasi  dilakukan  di  sekolah RAM NU 10 Banin Banat Manyar Gresik untuk  mengetahui  penerapan media    buku cerita     bergambar berbasis kearifan lokal bongko kopyor dan bonggolan. Wawancara    dilakukan     kepada kepala     sekolah, pendidik     dan     anak kelompok B.  Dokumentasi dilaksanakan untuk memperkuat hasil observasi dan wawancara. Hasil penelitian setelah dilakukan penerapan pembelajaran dengan penggunaan media buku cerita bergambar berbasis kearifan lokal bongko kopyor dan bonggolan menunjukan suatu perubahan terhadap pemahaman anak tentang kearifan lokal.   Temuan   penelitian   ini   adalah penerapan  buku cerita bergambar untuk  menumbuhkan kearifan lokal  agar anak cinta akan makanan lokalnya yakni bonggolan dan bongko kopyor sehingga memperkuat anak dalam literasi dan numerasi melalui media tersebut.

References

Ahmadi.2014. Metodologi penelitian kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media Rustan
Adi. 2007. Pengantar Desain Komunikasi Visual, Yogyakarta: Andi Offset
Moleong, J. Lexy. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Rosdakarya Rakhmat
Anandaa Rusydi, Abdillah, (2018). Pembelajaran Terpadu (Karakteristik, Landasan, Fungsi). Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan (LPPPI)
Anwar, Muhammad. (2017). Filsafat Pendidikan. Jakarta:KencanaAzzet
A. M. (2011). Urgensi pendidikan karakter di Indonesia. Yogyakarta: ArRuzz Media.Creswell, John W. 2009. Research Design. SAGECreswell, John W. (2012). Educational Research Publications.Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. United States of America:Pearson Education
Arikunto. 2010.Prosedur Penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta Creswell, John W., Creswell, J David. (2018). Research Design. SAGE.
Dewi, Murti S, dkk. (2021). Analisis Implementasi Literasi Membaca Di Keluarga Terhadap Prestasi Siswa Sd Negeri Kebanggan. Yogyakarta: Elementary School. Volume 8. Nomor 2. Halaman 266 –272.
Koentjaraningrat. 2002. Pengantar Ilmu Antropologi, Jakarta: PT. Rineka Cipta Kusrianto
Offset Rockport. 1999. Color Harmony Workbook, America: Rockport Publishers Rulam
Supriyono. 2010. Desain Komunikasi Visual Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: C.V Andi
Surianto. 2008. Layout: Dasar & Penerapannya. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Soerjono. 2007. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Press Suharsimi
Yongky. 2006. Desain Komunikasi Visual Terpadu. Jakarta Barat: Arte Intermedia Soekan.
Published
2024-07-11
How to Cite
DIANA FITRI, Norma. PENERAPAN MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA ANAK USIA DINI. CENDEKIA PENDIDIKAN, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 113-122, july 2024. ISSN 2964-0997. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/cendekiapendidikan/article/view/4653>. Date accessed: 05 dec. 2025. doi: https://doi.org/10.36841/cendekiapendidikan.v3i2.4653.
Section
Articles