PENERAPAN MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA ANAK USIA DINI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memaksimalkan pemahaman literasi dan
numerasi pada anak kelompok B di RAM NU 10 Banin Banat Manyar Gresik dengan penggunaan media buku cerita bergambar berbasis kearifan lokal bongko kopyor dan bonggolan sebagai makanan khas daerah tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Peneliti melakukan pengamatan secara langsung ke lapangan pada proses pembelajaran kelompok B RAM NU 10 Banin Banat Manyar Gresik dengan tema kebutuhanku sub tema makanan tradisional yang dapat mendukung hasil penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Observasi dilakukan di sekolah RAM NU 10 Banin Banat Manyar Gresik untuk mengetahui penerapan media buku cerita bergambar berbasis kearifan lokal bongko kopyor dan bonggolan. Wawancara dilakukan kepada kepala sekolah, pendidik dan anak kelompok B. Dokumentasi dilaksanakan untuk memperkuat hasil observasi dan wawancara. Hasil penelitian setelah dilakukan penerapan pembelajaran dengan penggunaan media buku cerita bergambar berbasis kearifan lokal bongko kopyor dan bonggolan menunjukan suatu perubahan terhadap pemahaman anak tentang kearifan lokal. Temuan penelitian ini adalah penerapan buku cerita bergambar untuk menumbuhkan kearifan lokal agar anak cinta akan makanan lokalnya yakni bonggolan dan bongko kopyor sehingga memperkuat anak dalam literasi dan numerasi melalui media tersebut.
References
Adi. 2007. Pengantar Desain Komunikasi Visual, Yogyakarta: Andi Offset
Moleong, J. Lexy. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Rosdakarya Rakhmat
Anandaa Rusydi, Abdillah, (2018). Pembelajaran Terpadu (Karakteristik, Landasan, Fungsi). Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan (LPPPI)
Anwar, Muhammad. (2017). Filsafat Pendidikan. Jakarta:KencanaAzzet
A. M. (2011). Urgensi pendidikan karakter di Indonesia. Yogyakarta: ArRuzz Media.Creswell, John W. 2009. Research Design. SAGECreswell, John W. (2012). Educational Research Publications.Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. United States of America:Pearson Education
Arikunto. 2010.Prosedur Penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta Creswell, John W., Creswell, J David. (2018). Research Design. SAGE.
Dewi, Murti S, dkk. (2021). Analisis Implementasi Literasi Membaca Di Keluarga Terhadap Prestasi Siswa Sd Negeri Kebanggan. Yogyakarta: Elementary School. Volume 8. Nomor 2. Halaman 266 –272.
Koentjaraningrat. 2002. Pengantar Ilmu Antropologi, Jakarta: PT. Rineka Cipta Kusrianto
Offset Rockport. 1999. Color Harmony Workbook, America: Rockport Publishers Rulam
Supriyono. 2010. Desain Komunikasi Visual Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: C.V Andi
Surianto. 2008. Layout: Dasar & Penerapannya. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Soerjono. 2007. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Press Suharsimi
Yongky. 2006. Desain Komunikasi Visual Terpadu. Jakarta Barat: Arte Intermedia Soekan.







