IMPLEMENTASI PEMBIAYAAN PENDIDIKAN MELALUI PENGELOLAAN DANA BOS DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SDN RANGKAH VI SURABAYA

  • Putri Anafi Aisah UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
  • Innayatus Salisiya UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
  • Tiara Nafa Dela Puspita UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
  • Syunu Trihantoyo UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

Abstract

Pendidikan yang bermutu dan lulusan yang berkualitas merupakan tuntutan penting dalam menghadapi persaingan kerja yang semakin ketat. Kehadiran lembaga pendidikan asing di Indonesia menambah kompleksitas persaingan dalam pasar pendidikan. Untuk menjaga daya saing, peningkatan mutu pendidikan menjadi krusial. Di samping itu, pemerataan pendidikan dasar juga menjadi fokus, dengan Program Wajib Belajar Pendidikan Dasar Sembilan Tahun dan dukungan melalui Program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk mengurangi beban biaya pendidikan bagi siswa. Manajemen keuangan sekolah menjadi kunci dalam mengatur sumber daya keuangan dengan efisien dan akuntabel. Artikel ini mengeksplorasi implementasi pembiayaan pendidikan melalui pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dalam meningkatkan mutu pendidikan di SDN Rangkah VI, Surabaya. Dengan pendekatan penelitian kualitatif, studi ini menyoroti perencanaan, pembukuan, pembelanjaan, pengawasan, dan pertanggungjawaban keuangan sekolah. Upaya pemerintah dalam menciptakan sistem perencanaan dan pengawasan yang efektif juga diperhatikan. Pembiayaan pendidikan di SDN Rangkah VI diarahkan pada pendistribusian manfaat pendidikan dan pengelolaan beban biaya pendidikan. Dengan memahami sumber dan alokasi pembiayaan pendidikan, serta melalui manajemen keuangan yang baik, diharapkan mutu pendidikan di SDN Rangkah VI dapat ditingkatkan secara signifikan.

Abstract

Pendidikan yang bermutu dan lulusan yang berkualitas merupakan tuntutan penting dalam menghadapi persaingan kerja yang semakin ketat. Kehadiran lembaga pendidikan asing di Indonesia menambah kompleksitas persaingan dalam pasar pendidikan. Untuk menjaga daya saing, peningkatan mutu pendidikan menjadi krusial. Di samping itu, pemerataan pendidikan dasar juga menjadi fokus, dengan Program Wajib Belajar Pendidikan Dasar Sembilan Tahun dan dukungan melalui Program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk mengurangi beban biaya pendidikan bagi siswa. Manajemen keuangan sekolah menjadi kunci dalam mengatur sumber daya keuangan dengan efisien dan akuntabel. Artikel ini mengeksplorasi implementasi pembiayaan pendidikan melalui pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dalam meningkatkan mutu pendidikan di SDN Rangkah VI, Surabaya. Dengan pendekatan penelitian kualitatif, studi ini menyoroti perencanaan, pembukuan, pembelanjaan, pengawasan, dan pertanggungjawaban keuangan sekolah. Upaya pemerintah dalam menciptakan sistem perencanaan dan pengawasan yang efektif juga diperhatikan. Pembiayaan pendidikan di SDN Rangkah VI diarahkan pada pendistribusian manfaat pendidikan dan pengelolaan beban biaya pendidikan. Dengan memahami sumber dan alokasi pembiayaan pendidikan, serta melalui manajemen keuangan yang baik, diharapkan mutu pendidikan di SDN Rangkah VI dapat ditingkatkan secara signifikan.

References

Anggraini, R. D. (2013). Transparansi , Partisipasi , dan Akuntabilitas Pengelolaan Anggaran Dana BOS Dalam Program RKAS di SDN Pacarkeling VIII Surabaya. Kebijakan Dan Manajemen Publik, 1(2), 201–208.
Familyani, E. D., & Handayani, N. (2020). Akuntabilitas Dan Transparansi Keuangan Pengelolaan Dana Bopda Sdn Wonorejo Iii/314 Surabaya. Jurnal Ilmu Dan …, 20. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jira/article/view/3640%0Ahttp://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jira/article/download/3640/3656
Hadiyanto. (2004). Mencari Sosok Desentralisasi Manajemen Pendidikan di Indonesia. 1–197.
Jeandry, G., & Mokoginta, R. M. (2021). PENGARUH SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL, BUDAYA ORGANISASI, PROACTIVE FRAUD AUDIT, DAN WHISTLEBLOWING SYSTEM TERHADAP PENCEGAHAN FRAUD DALAM PENGELOLAAN DANA BOS (Studi Empiris Pada Sekolah Dasar Kota Ternate). Jurnal TRUST Riset Akuntansi, 9(1).
Malo, K. (2016). Analisis Kausalitas Antara Akuntabilitas Dan Transparansi Pengelolaan Anggaran Pendidikan Terhadap Partisipasi Orang Tua Murid. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Tribhuwana Tunggadewi, 5(1), 50–53.
Mulya, C. (2019). Implementasi Pembiayaan Pendidikan Melalui Pengelolaan Dana BOS dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 3(2), 149–154.
Mulyono. (2010). Konsep pembiayaan pendidikan. Ar-Ruzz Media.
Muryati, I. (2016). Pengelolaan Dana Bos Pada Sd Negeri Di Upt Pelayanan Pendidikan Kecamatan Moyudan Kabupaten Sleman. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 4(2), 237. https://doi.org/10.21831/amp.v4i2.10802
Oktaviana, K. R., & Handayani, N. (2019). Analisis Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Pendidikan Daerah (Bopda) Di Sdn Sawahan I/340 Surabaya. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 8(2), 1–15. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jira/article/view/2129
Priyono, S., & Setyawati, R. (2021). EVALUASI PENGELOLAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH DI SMK NEGERI 1 KEBUMEN TAHUN 2018. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis Indonesia, 1(1), 248–263.
Rakhmawati, I. (2018). Pengaruh Akuntabilitas Dan Transparansi Terhadap Efektivitas Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Dengan Partisipasi Stakeholder Sebagai Variabel Moderasi. AKTSAR: Jurnal Akuntansi Syariah, 1(1), 95–112.
RISKI, A. (2018). Pengelolaan Pembiayaan Pendidikan Di Indonesia. Universitas Negeri Padang, 1–8.
Solehan. (2022). Manajemen Pembiayaan Pendidikan dalam Meningkatkan Mutu Lembaga Pendidikan. Edumaspul, jurnal pen(1), 98–105.
Suyanto, S., Hasibuan, L., & US, K. A. (2020). KONSEP DASAR EKONOMI PENDIDIKAN PADA TATARAN SUPRASTRUKTUR DAN INFRATRUKTUR POLITIK DI INDONESIA. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 143–151.
Utama, D. A., & Setiyani, R. (2014). PENGARUH TRANSPARANSI, AKUNTABILITAS, DAN RESPONSIBILITAS PENGELOLAAN KEUANGAN SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU Daniel Aditya Utama 1 Rediana Setiyani 2. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan, 9(2), 100–114.
Widyatmoko, S., & Suyatmini, S. (2017). Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah di SD N Kemasan I Surakarta. Manajemen Pendidikan, 12(3), 153–160. https://doi.org/10.23917/jmp.v12i3.5528
Published
2024-05-29
How to Cite
AISAH, Putri Anafi et al. IMPLEMENTASI PEMBIAYAAN PENDIDIKAN MELALUI PENGELOLAAN DANA BOS DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SDN RANGKAH VI SURABAYA. CENDEKIA PENDIDIKAN, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 44-53, may 2024. ISSN 2964-0997. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/cendekiapendidikan/article/view/4461>. Date accessed: 03 july 2024. doi: https://doi.org/10.36841/cendekiapendidikan.v3i2.4461.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.