ANALISIS PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PBL) PADA MATA PELAJARAN IPAS DI KELAS IV SDN 9 PATOKAN TAHUN 2023

  • Mory Victor Febrianto Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Nur Rohmatilla A Universitas Abdurachman Saleh Situbondo

Abstract

Pembelajaran berbasis proyek (project based learning) adalah model pembelajaran yang menggunakan proyek/kegiatan sebagai tujuannya. Pembelajaran berbasis proyek (project based learning) memfokuskan pada aktivitas siswa yang berupa pengumpulan informasi dan pemanfaatannya untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi kehidupan siswa itu sendiri ataupun bagi orang lain, namun tetap terkait dengan KD dalam kurikulum. IPAS merupakan gabungan antara IPA dan IPS. IPAS secara konten sangat dekat dengan alam dan interaksi antarmanusia. Pembelajaran IPAS perlu menghadirkan konteks yang relevan dengan kondisi alam dan lingkungan sekitar siswa. IPAS juga berperan penting dalam pembentukan kompetensi literasi dan numerasi.

Abstract

Pembelajaran berbasis proyek (project based learning) adalah model pembelajaran yang menggunakan proyek/kegiatan sebagai tujuannya. Pembelajaran berbasis proyek (project based learning) memfokuskan pada aktivitas siswa yang berupa pengumpulan informasi dan pemanfaatannya untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi kehidupan siswa itu sendiri ataupun bagi orang lain, namun tetap terkait dengan KD dalam kurikulum. IPAS merupakan gabungan antara IPA dan IPS. IPAS secara konten sangat dekat dengan alam dan interaksi antarmanusia. Pembelajaran IPAS perlu menghadirkan konteks yang relevan dengan kondisi alam dan lingkungan sekitar siswa. IPAS juga berperan penting dalam pembentukan kompetensi literasi dan numerasi.

References

Anggraini, R. D. (n.d.). Kebijakan dan Manajemen Publik Transparansi, Partisipasi, dan Akuntabilitas Pengelolaan Anggaran Dana BOS Dalam Program RKAS di SDN Pacarkeling VIII Surabaya. www.bps.go.id
Febrianto, Mory Victor (2020). Penerapan Model Pembelajaran Koopratif Tipe Struktural Think Pair –Share (TPS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Journal Education Research and Development. Volume 4, Nomor 2
Kosasih.E (2014). Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya
(Kepmen No. 262 2022 Pedoman Kurikum Merdeka)
Moleong, Lexy J (2012). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya Setiawan, Gustilas Ade (2018). Penggunaan Mode Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Di Kelas IV SDN 4 Dawuhan Situbondo Tahun Ajaran 2012/2013. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 2018
Sugiyono (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Sjioen, A. E., & Ludji, S. R. (n.d.). ANALISIS EFEKTIVITAS PENGELOLAAN BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) PADA SEKOLAH DASAR NEGERI BONIPOI 2 KOTA KUPANG EFFECTIVENESS ANALYSIS MANAGEMENT SCHOOL OPERATIONAL ASSISTANCE (BOS) ON PRIMARY SCHOOLS KUPANG BONIPOI. In Jurnal Inspirasi Ekonomi (Vol. 2, Issue 3). Online.
Solikhatun, I. (n.d.). ANALISIS PENGELOLAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) (STUDI PADA SMK NEGERI 1 YOGYAKARTA) ANALYSIS OF SCHOOL OPERATIONAL ASSISTANCE (BOS) FUNDS MANAGEMENT.
Widyatmoko, S., & Suyatmini, S. (2017). Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah di SD N Kemasan I Surakarta. Manajemen Pendidikan, 12(3), 153-160.
Published
2024-05-27
How to Cite
FEBRIANTO, Mory Victor; ROHMATILLA A, Nur. ANALISIS PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PBL) PADA MATA PELAJARAN IPAS DI KELAS IV SDN 9 PATOKAN TAHUN 2023. CENDEKIA PENDIDIKAN, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 38-43, may 2024. ISSN 2964-0997. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/cendekiapendidikan/article/view/4396>. Date accessed: 03 july 2024. doi: https://doi.org/10.36841/cendekiapendidikan.v3i2.4396.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.