STRATEGI DIVERSIFIKASI SUMBER DANA DALAM PENINGKATAN EFISIENSI KEUANGAN DI SMP IT UTSMAN BIN AFFAN SURABAYA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Diversifikasi Sumber
Dana dan Peningkatan Efisiensi Keuangan di SMP IT Bin Affan Surabaya. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data penelitian dilakukan melalui observasi dengan teknik wawancara bersama Ibu Imroatul Hasanah, S.Pd selaku kepala sekolah SMP IT Bin Affan Surabaya. Diversifikasi sumber dana pendidikan adalah metode untuk mengurangi ketergantungan pada satu sumber pendanaan dalam sistem pendidikan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa di SMP IT Utsman Bin Affan Surabaya terdapat diversifikasi sumber dana diantaranya yaitu 1). Berasal dari daftar ulang siswa, 2). Dari pemerintah berupa Bantuan Operasional Sekolah (BOS), 3). Dari investasi melalui yayasan, dan 4). Dari adanya penggalangan dana. Sumber dana di SMP IT Utsman Bin Affan Surabaya dikelola dengan baik dan beriringan, termasuk alokasi dana dari BOS dan SPP. lainnya. Beasiswa diberikan sebagai insentif atas prestasi siswa, dan pinjaman fasilitas yang diberikan kepada guru tanpa bunga. Diversifikasi sumber dana menjadi kunci dalam mengelola keuangan sekolah dengan baik, sehingga risiko keuangan dapat dikurangi. Para bendahara di SMP IT Utsman Bin Affan Surabaya juga bertanggung jawab dalam mengatur alokasi keuangan masing-masing.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Diversifikasi Sumber
Dana dan Peningkatan Efisiensi Keuangan di SMP IT Bin Affan Surabaya. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data penelitian dilakukan melalui observasi dengan teknik wawancara bersama Ibu Imroatul Hasanah, S.Pd selaku kepala sekolah SMP IT Bin Affan Surabaya. Diversifikasi sumber dana pendidikan adalah metode untuk mengurangi ketergantungan pada satu sumber pendanaan dalam sistem pendidikan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa di SMP IT Utsman Bin Affan Surabaya terdapat diversifikasi sumber dana diantaranya yaitu 1). Berasal dari daftar ulang siswa, 2). Dari pemerintah berupa Bantuan Operasional Sekolah (BOS), 3). Dari investasi melalui yayasan, dan 4). Dari adanya penggalangan dana. Sumber dana di SMP IT Utsman Bin Affan Surabaya dikelola dengan baik dan beriringan, termasuk alokasi dana dari BOS dan SPP. lainnya. Beasiswa diberikan sebagai insentif atas prestasi siswa, dan pinjaman fasilitas yang diberikan kepada guru tanpa bunga. Diversifikasi sumber dana menjadi kunci dalam mengelola keuangan sekolah dengan baik, sehingga risiko keuangan dapat dikurangi. Para bendahara di SMP IT Utsman Bin Affan Surabaya juga bertanggung jawab dalam mengatur alokasi keuangan masing-masing.
References
Ardani, E. F., & Trihantoyo, S. (2020). Penerapan Transparansi Dan Akuntabilitas Dana Bantuan Operasional Sekolah (Bos) Guna Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Di Lingkungan Sd Negeri Banyu Urip Viii Surabaya. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 08(03), 134–144.
Durrotunnisa, & Nur, H. R. (2020). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu,. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532.
Fadhil, M. H., Widodo, R., Yani, R. M., & Hidayatullah, S. (2023). Implementasi Strategi Diversifikasi di Lembaga Pendidikan Diniyyah Al-Azhar (DIAZ) Jambi. Jurnal Administrasi Pendidikan Islam, 05(01), 9–13. https://doi.org/10.15642/JAPI.2023.5.1.9-13
Nazir Moh. (1999). Metodologi Penelitian Pendidikan Ragam,Model & Pendekatan. Prosedur Penelitian, 5–200.
Nurhayati1, P. S. R. (2023). KEBIJAKAN DAN IMPLEMENTASI MANAJEMEN PEMBIAYAAN DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SEKOLAH. 12(July), 1–23.
Oana, C., Puşcaş, B., Financiar ; Chirică, A., & Puşcaş, O. (2018). The diversification of income sources in the higher education public institution budgets. Audit Financiar, XVI(1), 148–156. https://doi.org/10.20869/AUDITF/2018/149/007
Sembiring, B. F., & Halim, A. (2023). Analisis Diversifikasi Investasi Pada Lembaga Pengelola Dana Pendidikan Sebagai Sebuah Badan Layanan Umum. ABIS: Accounting and Business Information Systems Journal, 11(1). https://doi.org/10.22146/abis.v11i1.82087
Sudarmono, Hasibuan, L., & Anwar, K. (2021). Pembiayaan Pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 4(1), 565–578.
Sudjana, Satori, K. (1998). Jenis dan Pendekatan Penelitian B . Sumber Data. Proses Kerja Kbl Dalam …, 27–32.
Yulianti, A., & Rum Hendarmin, M. (2023). Manajemen Keuangan Yayasan Dunia Mega Bintang. Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol.7(No.3), 28899–28906.