PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJRAN ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS III SD NEGERI 01 ULAK KARANG SELATAN

  • Neli Putriah Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Barat
  • Ayunis Ayunis Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Barat
  • Stavinibelia Stavinibelia Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Barat
  • Gusnita Eferina Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Barat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk dapat meningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan Metode Pembelajaran Role Playing  dalam pembelajaran Tematik  pada Tema 5 Sub Tema 3 Pembelajaran 2 dan 3 Tentang Perubahan Cuaca Terhadap Kehidupan Manusia. Penelian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan Metode Role Playing yang dilakukan dalam 2 kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas  III SDN 01 Ulak Karang Selatan, pada kelas A yang berjumlah sebanyak 26 siswa dan pada kelas C berjumlah sebanyak 24 siswa. Hasil belajar siswa diukur dari lembar hasil belajar siswa dan lembar LKPD pada setiap pertemuan. Dari hasil penelitian dapat ini dapat  dilihat bahwa Metode Role Playing dapat meningkatkan  hasil belajar siswa dalam  pembelajaran Tematik Siswa Kelas III  SDN 01 Ulak Karang Selatan. dapat dilihat pada perbedaan nilai rata-rata pretes Kelas  Eksperimen 57,50 dan postes Kelas Eksperimen 78,17, Sedangkan nilai rata-rata pretes Kelas  Kontrol 48,54 dan postes Kelas Kontrol adalah 63,38 selanjutnya juga dapat dilihat pada pada hipotesis uji T yang di peroleh signifikansi sig. (2- tailed) 0,000 < 0,05 maka sesuai dasar pengambilan keputusan dalam uji independent sample T-Test, maka dapat disimpulkan Ho di tolak dan Ha di terima.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk dapat meningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan Metode Pembelajaran Role Playing  dalam pembelajaran Tematik  pada Tema 5 Sub Tema 3 Pembelajaran 2 dan 3 Tentang Perubahan Cuaca Terhadap Kehidupan Manusia. Penelian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan Metode Role Playing yang dilakukan dalam 2 kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas  III SDN 01 Ulak Karang Selatan, pada kelas A yang berjumlah sebanyak 26 siswa dan pada kelas C berjumlah sebanyak 24 siswa. Hasil belajar siswa diukur dari lembar hasil belajar siswa dan lembar LKPD pada setiap pertemuan. Dari hasil penelitian dapat ini dapat  dilihat bahwa Metode Role Playing dapat meningkatkan  hasil belajar siswa dalam  pembelajaran Tematik Siswa Kelas III  SDN 01 Ulak Karang Selatan. dapat dilihat pada perbedaan nilai rata-rata pretes Kelas  Eksperimen 57,50 dan postes Kelas Eksperimen 78,17, Sedangkan nilai rata-rata pretes Kelas  Kontrol 48,54 dan postes Kelas Kontrol adalah 63,38 selanjutnya juga dapat dilihat pada pada hipotesis uji T yang di peroleh signifikansi sig. (2- tailed) 0,000 < 0,05 maka sesuai dasar pengambilan keputusan dalam uji independent sample T-Test, maka dapat disimpulkan Ho di tolak dan Ha di terima.

Published
2024-02-27
How to Cite
PUTRIAH, Neli et al. PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJRAN ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS III SD NEGERI 01 ULAK KARANG SELATAN. CENDEKIA PENDIDIKAN, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 57-66, feb. 2024. ISSN 2964-0997. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/cendekiapendidikan/article/view/4240>. Date accessed: 06 july 2024. doi: https://doi.org/10.36841/cendekiapendidikan.v3i1.4240.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.