PENGARUH MODEL STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) BERBANTUAN MEDIA KARTU HURUF TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS I GUGUS 3 KECAMATAN PANJI

  • Rosalinda Rosalinda Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Ach. Munawi Husein Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Putu Eka Suarmika Universitas Abdurachman Saleh Situbondo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model STAD berbantuan media kartu huruf terhadap kemampuan membaca pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas I Gugus 3 Kecamatan Panji. Kelas kontrol dalam penelitian ini adalah SD Negeri 1 Curah Jeru, sedangkan kelas eksperimennya adalah SD Negeri 5 Mimbaan. Quasi Experimental Post Test Only merupakan metodologi penelitian yang diadopsi.  Temuan penelitian menunjukkan bahwa model STAD yang didukung kartu berdampak pada kemampuan membaca siswa pada mata kuliah bahasa Indonesia, serta bentuk bahan bacaan dan aktivitas profesional lainnya di dunia luar. Hasil uji normalitas sig = 0,200 untuk post test kelas eksperimen dan sig = 0,058 untuk post test kontrol menunjukkan bahwa data berdistribusi normal. Berdasarkan hasil uji homogenitas diperoleh nilai signifikansi Based On Mean sebesar 0,530 yang menunjukkan bahwa data bersifat homogen. Hasil uji T diperoleh sig (2-tailed) 0,000. Oleh karena itu, H1 disetujui dan H0 ditolak. Dapat disimpullkan bahwa “Ada pengaruh penggunaan model STAD berbantuan media kartu huruf terhadap kemampuan membaca pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas I Gugus 3 Kecamatan Panji”.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model STAD berbantuan media kartu huruf terhadap kemampuan membaca pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas I Gugus 3 Kecamatan Panji. Kelas kontrol dalam penelitian ini adalah SD Negeri 1 Curah Jeru, sedangkan kelas eksperimennya adalah SD Negeri 5 Mimbaan. Quasi Experimental Post Test Only merupakan metodologi penelitian yang diadopsi.  Temuan penelitian menunjukkan bahwa model STAD yang didukung kartu berdampak pada kemampuan membaca siswa pada mata kuliah bahasa Indonesia, serta bentuk bahan bacaan dan aktivitas profesional lainnya di dunia luar. Hasil uji normalitas sig = 0,200 untuk post test kelas eksperimen dan sig = 0,058 untuk post test kontrol menunjukkan bahwa data berdistribusi normal. Berdasarkan hasil uji homogenitas diperoleh nilai signifikansi Based On Mean sebesar 0,530 yang menunjukkan bahwa data bersifat homogen. Hasil uji T diperoleh sig (2-tailed) 0,000. Oleh karena itu, H1 disetujui dan H0 ditolak. Dapat disimpullkan bahwa “Ada pengaruh penggunaan model STAD berbantuan media kartu huruf terhadap kemampuan membaca pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas I Gugus 3 Kecamatan Panji”.

References

Ahmadi, Abu. 2014. Cara Belajar yang Mandiri dan Sukses. Solo: Aneka.
Dalman. 2014. Pemahaman Membaca. Jakarta: PT Grafindo Persada.
Darwadi.2014. Langkah-Langkah Keterampilan Proses. Jakarta : Gramedia.
Dhieni, Nurbiana, dkk. 2014. Metode Pengembanga Bahasa. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.
Djamaluddin, Ahdar dan Wardana.2019. Empat pilar peningkatan kompetensi pedagogi: pembelajaran dan pembelajaran Cet 1. Parepare: CV. Kaaffah Learning Center.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Azwan Zain. 2020. Paedagogik dan Metode Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.
Djarwanto.2014. Populasi dan Sampel Penelitian. Jakarta: Erlangga.
Falahudin, Iwan. 2014. Pemanfaatan Media Dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara, 4 (1), 104-117.
Imas Kurniasih & Berlin Sani. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesionalisme Pendidik. Yogyakarta: Kata Pena.
Kurniasi, Imas. 2017. Lebih Memahami Konsep dan Proses Pembelajaran. Yogyakarta : Kata Pena.
Risqi, Amalia,dkk. 2023. Analisis Kemampuan Membaca Siswa Kelas I A SD Negeri 1 Mangaran Tahun Ajaran 2022/2023. DE_Journal (Dharman Education Journal). Vol 4 No 2. Diakses Pada tanggal 1 Agustus 2023
Saptutyningsih dan Setyaningrum. (2019). Penelitian kuantitatif Metode dan Analisis . Yogyakarta: Gosyen Publishing.
Shoimin, Aris. 2017. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: PT Ar-Ruzz Media.
Subyantoro.2015. Pengembangan Keterampilan Membaca Cepat. Yogyakarta:Graha Ilmu.
Qodaroh. 2017. Dengan Menggunakan Media Kartu Surat, siswa SDN Gamer 02 Kota Pekalongan kelas I sedang meningkatkan kemampuan dasar menulis. Jurnal Cakrawala Pendas, 75.
Wulandari, Inayah. 2021. Model Pembelajaran Kooperatif STAD (Student Team Achievment Division) dalam Pembelajaran MI . Jurnal Papeda. ISSN 2715-5110 Vol 4 No. 1.
Published
2024-02-19
How to Cite
ROSALINDA, Rosalinda; HUSEIN, Ach. Munawi; EKA SUARMIKA, Putu. PENGARUH MODEL STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) BERBANTUAN MEDIA KARTU HURUF TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS I GUGUS 3 KECAMATAN PANJI. CENDEKIA PENDIDIKAN, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 30-38, feb. 2024. ISSN 2964-0997. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/cendekiapendidikan/article/view/4118>. Date accessed: 06 july 2024. doi: https://doi.org/10.36841/cendekiapendidikan.v3i1.4118.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.