PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN VIDEO CRITIC BERBASIS SPARKOL VIDEOSCRIBE YANG DIINTEGRASIKAN WONDERSHARE FILMORA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TIK KELAS X B DI SMA NEGERI 1 SUBOH TAHUN PELAJARAN 2023/2024

  • Moh Makki SMAN 1 SUBOH

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang Penerapan Strategi Pembelajaran Video Critic Berbasis Sparkol Videoscribe Yang Diintegrasikan Wondershare Filmora Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Materi Pokok Memahami Fungsi Dan Proses Kerja Berbagai Peralatan Tik Kelas X B Di Sma Negeri 1 Suboh Tahun Pelajaran 2023/2024 hasil pembelajaran dengan Strategi Pembelajaran Video Critic Berbasis Sparkol Videoscribe Yang Dintegratasikan Wondershare Filmora Dapat Meningkatkan Aktivitas Belajar Sebesar 21% Dari 67% Menjadi 88% Materi Pokok Memahami Fungsi Dan Proses Kerja Berbagai Peralatan Tik Kelas X B Di Sma Negeri 1 Suboh Tahun Pelajaran 2023/2024, sedangkan Penerapan Strategi Pembelajaran Video Critic Berbasis Sparkol Videoscribe Yang Diintegrasikan Wondershare Filmora Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Mencapai 33% Dari 64% Menjadi 97% Materi Pokok Memahami Fungsi Dan Proses Kerja Berbagai Peralatan Tik Kelas X B Di Sma Negeri 1 Suboh Tahun Pelajaran 2023/2024.

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang Penerapan Strategi Pembelajaran Video Critic Berbasis Sparkol Videoscribe Yang Diintegrasikan Wondershare Filmora Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Materi Pokok Memahami Fungsi Dan Proses Kerja Berbagai Peralatan Tik Kelas X B Di Sma Negeri 1 Suboh Tahun Pelajaran 2023/2024 hasil pembelajaran dengan Strategi Pembelajaran Video Critic Berbasis Sparkol Videoscribe Yang Dintegratasikan Wondershare Filmora Dapat Meningkatkan Aktivitas Belajar Sebesar 21% Dari 67% Menjadi 88% Materi Pokok Memahami Fungsi Dan Proses Kerja Berbagai Peralatan Tik Kelas X B Di Sma Negeri 1 Suboh Tahun Pelajaran 2023/2024, sedangkan Penerapan Strategi Pembelajaran Video Critic Berbasis Sparkol Videoscribe Yang Diintegrasikan Wondershare Filmora Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Mencapai 33% Dari 64% Menjadi 97% Materi Pokok Memahami Fungsi Dan Proses Kerja Berbagai Peralatan Tik Kelas X B Di Sma Negeri 1 Suboh Tahun Pelajaran 2023/2024.

References

Aini A S. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Sparkol VideoScribe Pada Materi Transportasi (Program Linear) Untuk Mahasiswa Matematika UIN . Skripsi. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
Air, Jon, Eric Oakland and Chipp Walters. 2015. The Secrets Behind The Rise of Video Scribing. UK: Sparkol Books
Arikunto, S. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Renika Cipta
Asnawir, Basyirudin Usman. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Press
Berenson. 2005. Open Ended Cooperative Learning. PT. Bumi Aksara, Jakarta
Cholid Narbuko dan Abu Ahmad, 2003, Metodologi Penelitian, PT. Bumi Aksara, Jakarta.
Chun, Yi-Min. 2013. Newsletter: office of Integrated Medical Education (5th ed). University of Toronto.
Dalyono, M. 2001, Psikologi Pendidikan Jakarta PT. Rineka Cipta
Darwanto. 2007. Televisi Sebagai Media Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Departemen Pendidikan Nasional 2007, Standar Penilaian Pendidikan Jakarta
Dewa Ketut Sukardi, 2000, Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah, Rineka Cipta.
Diani, R., Yuberti, Y., & Syafitri, S. (2016). Uji Effect Size Model Pembelajaran Scramble dengan Media Video terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X MAN 1 Pesisir Barat. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika AlBiRuNi 05, 5(2). Doi: https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i2.126
Djamarah Bahri. S, 2002, Strategi Belajar Mengajar Jakarta, PT. Rineka Cipta
Dyah, Ayu, Wulandari. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Sparkol Videoscribe Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Materi Cahaya Kelas VIII Di SMP Negeri 01 Kerjo Tahun Ajaran 2015/ 2016. Skripsi. Univesitas Negeri Semarang
Hadi, S, 1991. Metodologi Research Jilid I. Yogyakarta: Andi Offset
Hakim, Tharsan, 2001, Belajar Secara Efektif, Jakarta Paspa Swara
Hasbullah, 2001, Dasar-dasar Ilmu Pendidikan, PT, Raja Grafindo Persada, Jakarta
Hobri. 2009. Model-model Pembelajaran Inovatif. UNEJ
Irwandani, I., & Juariah, S. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Komik Fisika Berbantuan Sosial Media Instagram Sebagai Alternatif Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi 05, 5(April), 33–42. Doi:https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i1.103
Listiani I N. 2017. Pengembangan Media Pembeajaran Video Berbasis Sparko VideoScribe Pada Materi Pokok Archaebacteria Dan Eubacteria Untuk Siswa Kelas X SMA/MA. Skripsi. Univeristas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Mardalis. 2003. Metodologi Research. Jakarta. PT Cipta Karya
Mudjiono, Dimiyati, 2000, Belajar dan Pembelajaran Jakarta, Rineka Cipta
Munir. 2012. Multimedia Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Musdayat I. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis VideoSribe Untuk Peningkatan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Sosiologi Keas X MAN Bangi. Skripsi. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Nana Sudjana, 1997, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung PT. Remaja Rosdakarya
Nasution, 2007. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Nurhadi dan Senduk 2003. Pembelajaran berbasis masalah , Jakarta. PT Cipta Karya
Oemar Hamalik, 20023 Belajar Dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta
Pratiwi Dwi erlia, Latifah Sri, dan Mustari Mukarramah. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Sparkol Videoscribe. Journal of Science and Mathematics Education. 02 (3) (2019) 303-309. Doi : 10.24042/ijsme.v2i3.4355
Safitri D. 2018. Pengembangan Media Pebelajaran Berbasis Sparko VideoScribe Pada Materi Aksara Lampung Kelas III Jenjang MI/SD. Skripsi. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Slameto, 1995, Teknologi Dan Faktor-Faktor yang mempengaruhinya, Jakarta PT. Rineka Cipta
Subali, B. 2010. Penilaian, Evaluasi, dan Ramedial Pembelajaran. Universitas Negeri Yogyakarata. Yogyakarta. 66 hlm
Sudiarta, 2005. Pembelajaran Berbasis Masalah . Jakarta, PT. Raja Grafindo
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Bandung: Alfabeta
Suharsimi Arikunto. 1999. Metodologi Penelitian. Jakarta. PT Rineka Cipta.
Supriono Subakir Ahmad Supari 2001 Manajemen Berbasis Sekolah IKAPI Cabang Jatim
Syaiful Bahri Djamarah 2000, Rahasia Sukses Belajar, Jakarta PT. Rineka Cipta
Syaiful Sagala, 2007, Manajemen Strategi Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Bandung, CV. Alfabeta
Taum A. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Menulis Cerita Pendek Berbasis Multimedia VideoScribe Untuk Kelas XI IPA SMA Negeri 3 Kupang. Skripsi. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta
Thabrani, Aasibullah, 1995, Rahasia Sukses Belajar, Jakarta, PT. Raja Grafindo
The Liang Gie, 1994, Cara Belajar yang Efisien Yogyakarta Liberty Yogyakarta.
Yamin Riyanto. 2003. Metodologi Penelitian III. Jakarta PT Bumi Aksara.
Published
2023-12-05
How to Cite
MAKKI, Moh. PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN VIDEO CRITIC BERBASIS SPARKOL VIDEOSCRIBE YANG DIINTEGRASIKAN WONDERSHARE FILMORA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TIK KELAS X B DI SMA NEGERI 1 SUBOH TAHUN PELAJARAN 2023/2024. CENDEKIA PENDIDIKAN, [S.l.], v. 2, n. 3, p. 63-82, dec. 2023. ISSN 2964-0997. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/cendekiapendidikan/article/view/3824>. Date accessed: 04 july 2024. doi: https://doi.org/10.36841/cendekiapendidikan.v2i3.3824.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.