PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA KARTU HURUF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI MENEMUKAN SUKU KATA YANG SERING DIJUMPAI PADA KELAS I DI SD INTEGRAL LUQMAN AL-HAKIM SITUBONDO T.P. 2023/2024

  • Desy Nurfitasari Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Heldie Bramantha Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Dodik Eko Yulianto Universitas Abdurachman Saleh Situbondo

Abstract

Penelitian yang berjudul Penerapan model pembelajaran discovery learning berbantuan media kartu huruf untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia materi menemukan suku kata yang sering dijumpai kelas I di SD Integral Luqman Al-Hakim Situbondo tahun pelajaran 2023/2024 dilatar belakangi oleh Hasil pengamatan yang dilakukan peneliti di SD Integral Luman Al-Hakim Situbondo, peserta didik kurang aktif dalam proses pembelajaran dan cenderung tidak begitu tertarik pada pembelajaran, kurangnya kreativitas guru dalam mengemas model pembelajaran untuk diterapkan di pembelajaran tematik, cara mengajar yang membosankan, monoton, kurang menarik, kurang kreatif, yang menyebabkan peserta didik menjadi kurang aktif, dalam proses pembelajaran peserta didik bersifat pasif dan menerima apa saja yang diberikan oleh guru. Karena guru memakai metode Teacher Center dan hanya berfokus pada guru saja, serta kurang menuntut peserta didik untuk mengembangkan kemampuan penalarannya, hal tersebut menyebabkan rendahnya sikap, minat belajar pada peserta didik dan rendahnya hasil belajar peserta didik. Pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yaitu 1) Penerapan model pembelajaran discovery learning berbantuan media kartu huruf mata pelajaran bahasa Indonesia materi menemukan suku kata yang sering dijumpai kelas I di SD Integral Luqman Al-Hakim Situbondo tahun pelajaran 2023/2024 sangat efektif karena guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk lebih aktif dalam pembelajaran baik secara kognitif. 2) Ada peningkatan hasil belajar bahasa Indonesia melalui penerapan model pembelajaran discovery learning berbantuan media kartu huruf mencapai 29% dari 64% siklus I menjadi 93% siklus II materi

Abstract

Penelitian yang berjudul Penerapan model pembelajaran discovery learning berbantuan media kartu huruf untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia materi menemukan suku kata yang sering dijumpai kelas I di SD Integral Luqman Al-Hakim Situbondo tahun pelajaran 2023/2024 dilatar belakangi oleh Hasil pengamatan yang dilakukan peneliti di SD Integral Luman Al-Hakim Situbondo, peserta didik kurang aktif dalam proses pembelajaran dan cenderung tidak begitu tertarik pada pembelajaran, kurangnya kreativitas guru dalam mengemas model pembelajaran untuk diterapkan di pembelajaran tematik, cara mengajar yang membosankan, monoton, kurang menarik, kurang kreatif, yang menyebabkan peserta didik menjadi kurang aktif, dalam proses pembelajaran peserta didik bersifat pasif dan menerima apa saja yang diberikan oleh guru. Karena guru memakai metode Teacher Center dan hanya berfokus pada guru saja, serta kurang menuntut peserta didik untuk mengembangkan kemampuan penalarannya, hal tersebut menyebabkan rendahnya sikap, minat belajar pada peserta didik dan rendahnya hasil belajar peserta didik. Pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yaitu 1) Penerapan model pembelajaran discovery learning berbantuan media kartu huruf mata pelajaran bahasa Indonesia materi menemukan suku kata yang sering dijumpai kelas I di SD Integral Luqman Al-Hakim Situbondo tahun pelajaran 2023/2024 sangat efektif karena guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk lebih aktif dalam pembelajaran baik secara kognitif. 2) Ada peningkatan hasil belajar bahasa Indonesia melalui penerapan model pembelajaran discovery learning berbantuan media kartu huruf mencapai 29% dari 64% siklus I menjadi 93% siklus II materi

References

Anggraeni, 2020. Penerapan Keterampilan Proses Dasar Berbasis Lingkungan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 112–123. https://doi.org/10.56248/educativo.v1 i1.18

Arsyad, 2016.Media Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara

Arikunto, 2016. Metodologi Research. Yogyakarta: Yasbit Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada
Hosnan 2018. Fungsi dan tujuan pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29- 39. Doi http://dx.doi.org/10.25078/aw.v4i1.92 7
Kemdikbud, 2018. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Instruction pada Mata Kuliah Hidrolika. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 3761–3770. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3 .2730
Ningtiash. 2017. Penelitian Tindakan. Yogyakarta: Aditya Media
Sagala, 2015.Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Published
2023-11-23
How to Cite
NURFITASARI, Desy; BRAMANTHA, Heldie; YULIANTO, Dodik Eko. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA KARTU HURUF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI MENEMUKAN SUKU KATA YANG SERING DIJUMPAI PADA KELAS I DI SD INTEGRAL LUQMAN AL-HAKIM SITUBONDO T.P. 2023/2024. CENDEKIA PENDIDIKAN, [S.l.], v. 2, n. 4, p. 21-34, nov. 2023. ISSN 2964-0997. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/cendekiapendidikan/article/view/3760>. Date accessed: 06 july 2024. doi: https://doi.org/10.36841/cendekiapendidikan.v2i4.3760.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.