PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PAMERAN POSTER PADA MATERI BAKTERI DI SMA NEGERI I ASEMBAGUS TAHUN PELAJARAN 2022/2023

  • Retno Dwi Susanti SMAN 1 Asembagus

Abstract

Hasil belajar siswa baik pengetahuan, keterampilan maupun keaktifanyang belum memenuhi standar KKM berdasarkan ulangan harian bab 1 dan bab 2 di semester ganjil menjadi dasar utama. Kebosanan siswa mempelajari materi pelajaran yang bersifat mengerjakan soal-soal latihan di buku salah satu faktor pemicu juga kebosanan siswa dalam belajar. Sehingga membutuhkan suatu cara atau metode untuk meningkatkan aktifitas siswa dalam belajar serta hasil belajar siswa dalam aspek pengetahuan. Pemilihan metode pembelajaran merupakan perihal penting pula bagi guru untuk memberikan motivasi belajar kepada siswa. Metode pameran dapat menumbuhkembangkan  keaktifan, kreatifitas  serta dapat menciptakan suasana yang menyenangkan serta membawa siswa pada kebiasaan yang menghargai waktu. Tujuan penerapan metode pembelajaran ini yaitu peningkatan hasil belajar setelah motivasi belajar meningkat. Aspek sikap meningkat sebesar 4,2% dari 84.81% menjadi 89%, aspek keterampilan meningkat sebesar 3.72% dari 84.03% pada siklus 1 menjadi 87.75% pada siklus 2. Aspek pengetahuan juga mengalami peningkatan 30,31% dari 45.45% pada siklus 1 menjadi 75.76% pada siklus 2. Sehingga dapat dikatakan bahwa pembelajaran melalui pameran poster bakteri dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X MIPA 2 SMA Negeri I Asembagus Situbondo tahun pelajaran 2022/2023.

Abstract

Hasil belajar siswa baik pengetahuan, keterampilan maupun keaktifanyang belum memenuhi standar KKM berdasarkan ulangan harian bab 1 dan bab 2 di semester ganjil menjadi dasar utama. Kebosanan siswa mempelajari materi pelajaran yang bersifat mengerjakan soal-soal latihan di buku salah satu faktor pemicu juga kebosanan siswa dalam belajar. Sehingga membutuhkan suatu cara atau metode untuk meningkatkan aktifitas siswa dalam belajar serta hasil belajar siswa dalam aspek pengetahuan. Pemilihan metode pembelajaran merupakan perihal penting pula bagi guru untuk memberikan motivasi belajar kepada siswa. Metode pameran dapat menumbuhkembangkan  keaktifan, kreatifitas  serta dapat menciptakan suasana yang menyenangkan serta membawa siswa pada kebiasaan yang menghargai waktu. Tujuan penerapan metode pembelajaran ini yaitu peningkatan hasil belajar setelah motivasi belajar meningkat. Aspek sikap meningkat sebesar 4,2% dari 84.81% menjadi 89%, aspek keterampilan meningkat sebesar 3.72% dari 84.03% pada siklus 1 menjadi 87.75% pada siklus 2. Aspek pengetahuan juga mengalami peningkatan 30,31% dari 45.45% pada siklus 1 menjadi 75.76% pada siklus 2. Sehingga dapat dikatakan bahwa pembelajaran melalui pameran poster bakteri dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X MIPA 2 SMA Negeri I Asembagus Situbondo tahun pelajaran 2022/2023.

References

Grant M, Michael. 2020. Model pembelajaran proyek. Yogyakarta: PT. Raja Grafindo
Kabba, the cooley, 2021. Model-model pembelajaran. Bandung: Surya Baru
Lampiran peraturan menteri pendidikan nasional no. 109 tahun 2013. Kurikulum 2020. Jakarta
Railsback, Jeniffer. 2021. Model pembelajaran berbasis proyek. Jakarta: Canisius
Suharsimi, arikunto, Supardi, Suharjono. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Winarno, Surakmad. 2020. Hasil belajar dan metode belajar dalam pendidikan. Jakarta: Hexapresindo.
Published
2023-10-02
How to Cite
SUSANTI, Retno Dwi. PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PAMERAN POSTER PADA MATERI BAKTERI DI SMA NEGERI I ASEMBAGUS TAHUN PELAJARAN 2022/2023. CENDEKIA PENDIDIKAN, [S.l.], v. 2, n. 3, p. 55-62, oct. 2023. ISSN 2964-0997. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/cendekiapendidikan/article/view/3592>. Date accessed: 04 july 2024. doi: https://doi.org/10.36841/cendekiapendidikan.v2i3.3592.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.