UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE Teams Games Tournament (TGT) PADA PESERTA DIDIK KELAS XII IPA-1 SMA NEGERI 2 KOTO BARU

  • Zuhriyani Fitri SMA Negeri 2 Koto Baru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar biologi melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) pada peserta didik kelas XII IPA 1 SMAN 2 Koto Baru. Penelitian tindakan kelas ini mengangkat pokok masalah yaitu bagaimana meningkatkan aktivitas dan kemampuan siswa dalam proses pembelajaran biologi melalui penerapan model pembelajaran koperatif tipe TGT. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA 1 SMA Negeri 2 Koto Baru. Adapun metode yang digunakan PTK kolaboratif dan diolah secara deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data menggunakan lembar observasi sebagai alat pengumpul data yang diisi oleh observer selama pembelajaran berlangsung. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dalam pembelajaran biologi dapat meningkatkan aktivitas dan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah biologi dan hasil belajar siswa.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar biologi melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) pada peserta didik kelas XII IPA 1 SMAN 2 Koto Baru. Penelitian tindakan kelas ini mengangkat pokok masalah yaitu bagaimana meningkatkan aktivitas dan kemampuan siswa dalam proses pembelajaran biologi melalui penerapan model pembelajaran koperatif tipe TGT. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA 1 SMA Negeri 2 Koto Baru. Adapun metode yang digunakan PTK kolaboratif dan diolah secara deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data menggunakan lembar observasi sebagai alat pengumpul data yang diisi oleh observer selama pembelajaran berlangsung. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dalam pembelajaran biologi dapat meningkatkan aktivitas dan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah biologi dan hasil belajar siswa.

References

Anwar, B. (2019). Kompetensi Pedagogik sebagai Agen Pembelajaran. Shaut Al Arabiyyah, 6(2), 114.
Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. In Jakarta: Rineka cipta.
Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. In Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Ekawati, A., Agustina, W., & Noor, F. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Dalam Membuat Diagram. Lentera: Jurnal Pendidikan, 14(2), 1–7.
Eko Harwanto. (2018). Peningkatan Prestasi Belajar Operasi Aljabar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Siswa Kelas Viii-C Smp Negeri 5 Tenggarong Tahun Pelajaran 2016/2017. Energies, 6(1), 1–8.
Hayati, N. (2023). Improving Teachers’ Pedagogic Competence in Preparing Lesson Plan Through Workshops for Preparation of Lesson Plan at MGMP Activities in MTSN 4 Padang. TOFEDU: The Future of Education Journal, 2(1), 360–367.
Jannah, R. N., Wulandari, N. L., & Budi, S. (2020). Pengalaman Belajar Daring Siswa Berkebutuhan Khusus Pada Pandemi Covid-19 Di Sd Inklusif. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 8(2), 359.
Marlia, R. (2011). Fektivitas Perhatian Orang Tua Dan Persepsi Atas Lingkungan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(2), 1–7.
Prananda, G., Kharismadewi, Y., Ricky, Z., & Friska, S. Y. (2021). The COVID-19 Pandemic Impact on Elementary Students Online Learning Motivation. Elementary: Jurnal Iilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 153-160.
Prananda, G. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dalam Pembelajaran IPA Siswa Kelas V SD. Jurnal Pedagogik, 6(1), 122–130.
Raudhah, J., Wandini, R. R., & Sinaga, M. R. (2018). Games Pak Pos Membawa Surat Pada Sintax Model Pembelajaran Tematik. JURNAL RAUDHAH, 06(01), 2338–2163.
Sari, L. Y. (2013). Analisis Proses Pembelajaran Biologi Pada Materi Protista Di Kelas X SMA Negeri 1 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Prosiding Semirata FMIPA Universitas Lampung, 2(1), 53–58.
Zulkifli. (2017). Profesionalisme Guru Dalam Mengembangkan Materi Ajar Bahasa Arab di MIN 1 Palembang Zulkifli. Juranal Pena Indonesia, 3(1), 120–133.
Published
2023-06-23
How to Cite
FITRI, Zuhriyani. UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE Teams Games Tournament (TGT) PADA PESERTA DIDIK KELAS XII IPA-1 SMA NEGERI 2 KOTO BARU. CENDEKIA PENDIDIKAN, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 1-11, june 2023. ISSN 2964-0997. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/cendekiapendidikan/article/view/3039>. Date accessed: 03 july 2024. doi: https://doi.org/10.36841/cendekiapendidikan.v2i2.3039.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.