PENGARUH MINAT BACA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NARASI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 CURAH iKALAK iKABUPATEN iSITUBONDO TAHUN AJARAN 2020/2021

  • mega silvia Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Dodik Eko Yulianto Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Heldie Bramantha Universitas Abdurachman Saleh Situbondo

Abstract

Minat ibaca imerupakan idorongan iuntuk imemahami ikata idemi ikata idan iisi iyang iterkandung idalam iteks ibacaan itersebut, isehingga imembaca idapat imemahami ihal-halyang idituangkan idalam ibacaan iitu. iDalam ikegiatan ipembelajaran iminat ibaca imenjadi isalah isatu ivariabel iyang imenentukan iprestasi ibelajar isiswa, imengingat idengan imembaca isiswa iakan imendapatkan ibanyak isekali iinformasi, iterutama idari ibuku ipelajaran idi isekolah. iMembaca idan imengarang iadalah isalah isatu istrategi iyang iberhasil idigunakan idalam isistem ipembelajaran. iKajian iini ibertujuan iuntuk: ia) imenentukan ikeunggulan isiswa idalam ibelajar, ib) imenentukan ikemampuan ibercerita isiswa, idan ic) imenyimpulkan ihubungan iantara iminat ibelajar idan ikemampuan imencipta icerita isiswaV iSD iNegeri i2 iKalak iTahun iPelajaran i2020/2021 iTahun iIlmiah. iPenelitian iini iadalah ipenelitian ikoneksi. iPopulasi iini iadalah i70 isiswa. iPemeriksaan iterhadap i15 imahasiswa. iFaktor iyang idipertimbangkan iadalah ipemahaman itentang iminat idan ikemampuan imembuat iakun. iStrategi iberbagai iinformasi imemanfaatkan ijajak ipendapat idan ites. iUji ilegitimasi imenggunakan ipersamaan iitem ikedua, isedangkan iuji iketergantungan imenggunakan iAlpha. iHasil iinvestigasi iterukur idengan imenggunakan imetode ihubungan ikedua iitem idiperoleh irhitung isebesar i0,961123, idengan iN=15 ipada itaraf ikepentingan i5%, ikhususnya irtabel i0,514. iDari ihasil itersebut icenderung iterlihat ibahwa inilai irhitung>rtabel, ihal iini imenunjukkan ibahwa iterdapat ihubungan iyang ipositif idan ibesar iantara iminat ibaca idengan ikemampuan imenulis iakuntansi isiswa ikelas iV iSD iNegeri i2 iCurah iKalak iKabupaten iSitubondo iKabupaten iSitubondo. iuntuk iTahun iPelajaran i2020/2021.

Abstract

Minat ibaca imerupakan idorongan iuntuk imemahami ikata idemi ikata idan iisi iyang iterkandung idalam iteks ibacaan itersebut, isehingga imembaca idapat imemahami ihal-halyang idituangkan idalam ibacaan iitu. iDalam ikegiatan ipembelajaran iminat ibaca imenjadi isalah isatu ivariabel iyang imenentukan iprestasi ibelajar isiswa, imengingat idengan imembaca isiswa iakan imendapatkan ibanyak isekali iinformasi, iterutama idari ibuku ipelajaran idi isekolah. iMembaca idan imengarang iadalah isalah isatu istrategi iyang iberhasil idigunakan idalam isistem ipembelajaran. iKajian iini ibertujuan iuntuk: ia) imenentukan ikeunggulan isiswa idalam ibelajar, ib) imenentukan ikemampuan ibercerita isiswa, idan ic) imenyimpulkan ihubungan iantara iminat ibelajar idan ikemampuan imencipta icerita isiswaV iSD iNegeri i2 iKalak iTahun iPelajaran i2020/2021 iTahun iIlmiah. iPenelitian iini iadalah ipenelitian ikoneksi. iPopulasi iini iadalah i70 isiswa. iPemeriksaan iterhadap i15 imahasiswa. iFaktor iyang idipertimbangkan iadalah ipemahaman itentang iminat idan ikemampuan imembuat iakun. iStrategi iberbagai iinformasi imemanfaatkan ijajak ipendapat idan ites. iUji ilegitimasi imenggunakan ipersamaan iitem ikedua, isedangkan iuji iketergantungan imenggunakan iAlpha. iHasil iinvestigasi iterukur idengan imenggunakan imetode ihubungan ikedua iitem idiperoleh irhitung isebesar i0,961123, idengan iN=15 ipada itaraf ikepentingan i5%, ikhususnya irtabel i0,514. iDari ihasil itersebut icenderung iterlihat ibahwa inilai irhitung>rtabel, ihal iini imenunjukkan ibahwa iterdapat ihubungan iyang ipositif idan ibesar iantara iminat ibaca idengan ikemampuan imenulis iakuntansi isiswa ikelas iV iSD iNegeri i2 iCurah iKalak iKabupaten iSitubondo iKabupaten iSitubondo. iuntuk iTahun iPelajaran i2020/2021.

References

DAFTAR iPUSTAKA

Abdul iMunif, i2007. i.Mengenal iJenis-Jenis iKarangan, iJakarta: iRajawali iPers
Achmad, idkk, i1992. iAku iPandai iMengarang, iJakarta: iPT iEdumedia.
AdjatSakri, i1993. iBangunParagrafBahasa iIndonesia, iBandung: iITB.
AlekdanAchmad iH.P, i2010.Bahasa iIndonesia iuntukPerguruanTinggi, iJakarta: iKencanaPrenada iMedia iGroup.
Ali, iMohammad, i1982. iPenelitianKependidikanProsedurdanStrategi.Bandung: iAngkasa.
Arikunto, iSuharismi, i2006, iProsedur iPenelitian. iJakarta: iRineka iCipta i
Burhan, iYazir. i1971. iProblemaBahasadanPengajaranBahasa iIndonesia. iJakarta: iPusatPembinaandanPengembanganBahasa.
Dalman, i2013, iKeterampilan iMembaca, iJakarta: iRajawali iPers
Dirman. iJuarsih,cicih. i2014. iTeori ibelajar idan iPrinsip-prinsip ipembelajaran iyang imendidik. iJakarta: iRineka iCipta.
Keraf, iGorys. i2001. iArgumentasi idan iNarasi. iJakarta: iGramedia
Pinoza, iLamuddin. i2002. iKomposisi iBahasa iIndonesia. iJakarta: iDiksi iInsan iMulia.
Sedarmayanti i(2006).ManajemenSumberDayaManusia. iBandung: iPT iRefikaAditama
Sugiyono, i2010, iMetode iPenelitian iKuantitatif, iKualitatif, idan iR&D, iBandung: iPenerbitAlfabeta.
Sugiyono, i2012, iMetode iPenelitian iKuantitatif, iKualitatif, idan iR&D, iBandung: iPT iRemaja.
Published
2022-10-24
How to Cite
SILVIA, mega; YULIANTO, Dodik Eko; BRAMANTHA, Heldie. PENGARUH MINAT BACA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NARASI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 CURAH iKALAK iKABUPATEN iSITUBONDO TAHUN AJARAN 2020/2021. CENDEKIA PENDIDIKAN, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 38-45, oct. 2022. ISSN 2964-0997. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/cendekiapendidikan/article/view/2337>. Date accessed: 23 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/cendekiapendidikan.v1i1.2337.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.