PERANAN KELOMPOK TANI DALAM PENINGKATAN STATUS SOSIAL EKONOMI PETANI PADI SAWAH

  • Linys Elok Sari Wiranda Fakultas Pertanian, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Sasmita Sari Fakultas Pertanian, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan produksi dan pendapatan petani padi sawah antara sebelum dan sesudah menjadi anggota kelompok tani serta untuk mengetahui kendala yang dihadapi petani dalam menjalankan usaha padi sawah. Penentuan lokasi penelitian yang digunakan adalah purposive sampling yaitu daerah penelitian ditentukan secara sengaja dengan pertimbangan jumlah kelompok tani sangat mencukupi untuk pengambilan sampel dengan jumlah 30 responden. Data yang dikumpulkan terdiri dari data primer dan data sekunder yang diperoleh dari wawancara dan data dari instansi terkait. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis uji t untuk mengetahui pengaruh kelompok tani terhadap pendapatan usaha tani padi sawah. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan antara produksi petani sebelum menjadi anggota kelompok tani dengan sesudah menjadi anggota kelompok tani. Dimana produksi petani padi sawah sebelum menjadi anggota kelompok tani lebih rendah disbanding produksi petani padi sawah sesudah menjadi anggota kelompok tani. Terdapat perbedaan nyata antara pendapatan petani sebelum menjadi anggota kelompok tani dengan sesudah menjadi anggota kelompok tani. Pendapatan petani sebelum menjadi anggota kelompok tani lebih rendah dibandingkan sesudah menjadi anggota kelompok tani.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aristati dan Bambang. 2007. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pendapatan Petani di Kabupaten Langkat. Tesis USU. Medan.

Bramantyo, Djohanputro. 2006. Prinsip-prinsip Ekonomi Makro. Jakarta : penerbit PPM.

Daniel Matanari. 2002. Metode Penelitian Sosial Ekonomi. Bumi Aksara Jakarta.

Deptan, 2016. Peraturan Menteri Pertanian No.67/Permentan/Sm.050/12/2016 Tentang Pembinaan Kelembagaan Petani. Departemen Pertanian. Jakarta.

Elvera Roza, 2005. Peranan Kelompok Tani Dalam Peningkatan Sosial Ekonomi Petani Sayur Mayur Di Kel. Tanah Enam Ratus Kec. Medan Marelan Kota Medan, Fakultas Pertanian USU. Medan.

Gustiyana, 2004. Ilmu Usahatani, Penerbit Penebar Swadaya Jakarta.

Irawan. B. 2003. Konversi Lahan Sawah di Jawa dan Dampaknya terhadap Produksi Padi (Land Conversion in Java and its Impact on Rice Production) in Kasryno et al. (Eds). Ekonomi Padi dan Beras Indonesia (Indonesian Rice Economy). Indonesian Agency For Agricultural Research and Development, Jakarta.
Published
2019-06-25
How to Cite
WIRANDA, Linys Elok Sari; SARI, Sasmita. PERANAN KELOMPOK TANI DALAM PENINGKATAN STATUS SOSIAL EKONOMI PETANI PADI SAWAH. AGRIBIOS, [S.l.], v. 17, n. 1, p. 26-33, june 2019. ISSN 2723-7044. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/agribios/article/view/882>. Date accessed: 18 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/agribios.v17i1.882.
Section
Articles