ANALISA HARGA POKOK PRODUKSI DAN STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA PEMBIBITAN TANAMAN HORTIKULTURA PADA UD. MURTA JAYA
Abstract
Dalam menentukan harga jual produk dan meningkatkan usaha pembibitan tanaman hortikultura di UD. Murta Jaya, maka perlu dilakukan perhitungan harga pokok produksi dan strategi pengembangan agar mampu bertahandalamsuatu persainganbisnis.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penentuan harga pokok produksi sebagai penetapan harga jual per bibit yang dilakukan usaha pembibitan tanaman hortikultura di UD. Murta Jaya dan untuk mengetahui strategi pengembangan yang dilakukan usaha pembibitan tanaman hortikultura di UD. Murta Jaya. Metode analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisa full costing, analisa SWOT dan analisadeskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwaharga jual bibit cabai sebesar Rp. 178 per bibit. Dengan demikian, perhitungan harga pokok produksi yang dilakukan UD. Murta Jaya sesuai dengan perhitungan metode full costing karena harga jual bibit cabai di UD. Murta Jaya sebesar Rp. 200 per bibit.Hasil penelitian menunjukkan bahwa UD. Murta Jaya berada pada posisi white area (kuat berpeluang) yang artinya UD. Murta Jaya memiliki peluang yang prospektif dan memiliki kompetensi untuk melanjutkan usaha pembibitan yang dijalankan.
Downloads
References
Mulyadi.2005.AkuntansiBiaya.STIE, Yogyakarta.
Nazir,Mohammad.2003. Metode Penelitian. Cetakan Kelima. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Rangkuti, Freddy. 2014. Teknik Membedah Kasus Bisnis (Analisis SWOT). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Slat,AndreHenri.2013.AnalisisHargaPokok Produk denganMetodeFullcostingdanPenentuanhargajual. JurnalEmbaVol.1No.3.
Sugiyono. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Alfabeta. Bandung.
Suwandi.2009.Menakarkebutuhanharatanamandalampengembangan inovasi budidaya sayuran berkelanjutan.PengembanganInovasiPertanian.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.