PREFERENSI KONSUMEN DALAM PEMBELIAN RENGGINANG BINTANG KEJORA DI UD. HARIS DESA GELUNG KECAMATAN PANARUKAN KABUPATEN SITUBONDO

  • Firdatul Hasanah Fakultas Pertanian, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Yohanes Nangameka Fakultas Pertanian, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui minat beli konsumen dalam pembelian rengginang dan mengetahui faktor yang mempengaruhi minat beli konsumen rengginang pada UD. Haris Kecamatan Panarukan Kabupaten Situbondo. Penelitian dilakukan pada selama 3 bulan (Februari-Juni 2021). Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang membeli rengginang di UD. Haris pada saat penelitian berlangsung berjumlah rata-rata perhari sebanyak 15 orang, jadi populasinya adalah sebanyak 450 konsumen selama 1 bulan. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah probability sampling dengan pengambilan secara acak (simple random sampling) dimana pengambilan anggota sampel dari populasi dilakukan secara acak berdasarkan pada perhitungan rumus Slovin sehingga diperoleh sampel sebanyak 82 konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat beli konsumen berada pada kategori sangat tinggi. Faktor-faktor yang mempengaruhi minat beli konsumen rengginang pada UD. Haris adalah kualitas dan pelayanan, sedangkan harga dan psikologis tidak berpengaruh terhadap minat beli konsumen.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hidayat, S. R., & Suryaningsih, Y. (2020). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BELI KONSUMEN TEMPE (STUDI KASUS PADA UD. YUZAK KECAMATAN PANJI KABUPATEN SITUBONDO). AGRIBIOS, 18(1), 32-44.

Marsudi, H. (2013). Kajian Agroindustri Berbasis Masyarakat Kabupaten Karanganyar. Riset Manajemen dan Akuntansi STIE Atma Bhakti, 4(7), 221135.

Widagdo, H.2017. Analisis Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Krupuk Kemplang Di Palembang.
Published
2021-11-09
How to Cite
HASANAH, Firdatul; NANGAMEKA, Yohanes. PREFERENSI KONSUMEN DALAM PEMBELIAN RENGGINANG BINTANG KEJORA DI UD. HARIS DESA GELUNG KECAMATAN PANARUKAN KABUPATEN SITUBONDO. AGRIBIOS, [S.l.], v. 19, n. 2, p. 53-59, nov. 2021. ISSN 2723-7044. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/agribios/article/view/1268>. Date accessed: 18 may 2024. doi: https://doi.org/10.36841/agribios.v19i2.1268.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)