PREFERENSI KONSUMEN DALAM PEMBELIAN RENGGINANG BINTANG KEJORA DI UD. HARIS DESA GELUNG KECAMATAN PANARUKAN KABUPATEN SITUBONDO
Abstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui minat beli konsumen dalam pembelian rengginang dan mengetahui faktor yang mempengaruhi minat beli konsumen rengginang pada UD. Haris Kecamatan Panarukan Kabupaten Situbondo. Penelitian dilakukan pada selama 3 bulan (Februari-Juni 2021). Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang membeli rengginang di UD. Haris pada saat penelitian berlangsung berjumlah rata-rata perhari sebanyak 15 orang, jadi populasinya adalah sebanyak 450 konsumen selama 1 bulan. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah probability sampling dengan pengambilan secara acak (simple random sampling) dimana pengambilan anggota sampel dari populasi dilakukan secara acak berdasarkan pada perhitungan rumus Slovin sehingga diperoleh sampel sebanyak 82 konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat beli konsumen berada pada kategori sangat tinggi. Faktor-faktor yang mempengaruhi minat beli konsumen rengginang pada UD. Haris adalah kualitas dan pelayanan, sedangkan harga dan psikologis tidak berpengaruh terhadap minat beli konsumen.
Downloads
References
Marsudi, H. (2013). Kajian Agroindustri Berbasis Masyarakat Kabupaten Karanganyar. Riset Manajemen dan Akuntansi STIE Atma Bhakti, 4(7), 221135.
Widagdo, H.2017. Analisis Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Krupuk Kemplang Di Palembang.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.