ANALISIS PERILAKU KONSUMEN TERHADAP PERMINTAAN BUAH NAGA(Hylocereus Polyrhizus) (Studi Pada Pasar Mimbaan Kecamatan Panji)

  • Afri Prayudi Fakultas Pertanian, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Yohanes Nangameka Fakultas Pertanian, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Puryantoro Puryantoro Fakultas Pertanian, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku konsumen dari beberapa faktor seperti pendapatan, harga barang, selera individu, status sosial dan kebudayaan yang berpengaruh terhadap permintaan buah naga di Pasar Mimbaan Situbondo dan mengetahui secara simultan pendapatan, harga barang, selera individu, status sosial dan kebudayaan berpengaruh terhadap permintaan buah naga di Pasar Mimbaan Situbondo. Penelitian ini dilakukan di Pasar Mimbaan Kecamatan Panji Kabupaten Situbondo pada Bulan Mei hingga Bulan Juni. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan metode accidental sampling. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif. Teknik yang digunakan untuk menganalisis faktor-faktor dari perilaku konsumen terhadap permintaan yaitu menggunakan Analisis Regresi Linier Berganda, Uji Parsial (Uji t) dan Uji Simultan (Uji F). Untuk mengalisis perilaku konsumen dari beberapa faktor seperti pendapatan, harga barang, selera individu, status sosial dan kebudayaan yang berpengaruh terhadap permintaan buah naga dan mengetahui secara simultan pendapatan, harga barang, selera individu, status sosial dan kebudayaan berpengaruh terhadap permintaan buah naga di Pasar Mimbaan Situbondo. Dengan hasil penelitian menunjukkan Perilaku konsumen dari beberapa faktor seperti pendapatan, harga barang, selera individu, status sosial dan kebudayaan, hanya harga barang dan status sosial yang mempengaruhi permintaan buah naga di Pasar Mimbaan, sedangkan ketiga faktor seperti pendapatan, selera individu, dan kebudayaan tidak berpengaruh terhadap permintaan buah naga dan secara bersama-sama pendapatan, harga barang, selera individu, status sosial dan kebudayaan berpengaruh terhadap permintaan buah naga di Pasar Mimbaan.


 

Downloads

Download data is not yet available.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku konsumen dari beberapa faktor seperti pendapatan, harga barang, selera individu, status sosial dan kebudayaan yang berpengaruh terhadap permintaan buah naga di Pasar Mimbaan Situbondo dan mengetahui secara simultan pendapatan, harga barang, selera individu, status sosial dan kebudayaan berpengaruh terhadap permintaan buah naga di Pasar Mimbaan Situbondo. Penelitian ini dilakukan di Pasar Mimbaan Kecamatan Panji Kabupaten Situbondo pada Bulan Mei hingga Bulan Juni. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan metode accidental sampling. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif. Teknik yang digunakan untuk menganalisis faktor-faktor dari perilaku konsumen terhadap permintaan yaitu menggunakan Analisis Regresi Linier Berganda, Uji Parsial (Uji t) dan Uji Simultan (Uji F). Untuk mengalisis perilaku konsumen dari beberapa faktor seperti pendapatan, harga barang, selera individu, status sosial dan kebudayaan yang berpengaruh terhadap permintaan buah naga dan mengetahui secara simultan pendapatan, harga barang, selera individu, status sosial dan kebudayaan berpengaruh terhadap permintaan buah naga di Pasar Mimbaan Situbondo. Dengan hasil penelitian menunjukkan Perilaku konsumen dari beberapa faktor seperti pendapatan, harga barang, selera individu, status sosial dan kebudayaan, hanya harga barang dan status sosial yang mempengaruhi permintaan buah naga di Pasar Mimbaan, sedangkan ketiga faktor seperti pendapatan, selera individu, dan kebudayaan tidak berpengaruh terhadap permintaan buah naga dan secara bersama-sama pendapatan, harga barang, selera individu, status sosial dan kebudayaan berpengaruh terhadap permintaan buah naga di Pasar Mimbaan.


 

References

Ghozali, Imam, 2005. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS ,Edisi Ketiga, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Kristanto. 2008. Buah Naga Pembudidayaan di Pot dan di Kebun. Penebar Swadaya. Jakarata.

Jaafar R.A., Abdul Rahman A.R. Bin, Mahmod N.Z.C. and Vasudevan R., 2009,Proximate Analysis of Dragon Fruit (Hylocereus polyrhizus), American Journal of Applied Sciences, 6 (7), 1341–1346.

Mowen 1990. Perilaku Konsumen, penerbit Pustaka Ilmu, Jakarta.

Sarnowo, H dan Sunyoto, D. 2013. Pengantar Ilmu Ekonomi Mikro. CAPS : Yogyakarta.

Sugiyono. (2001). Metode Penilaian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung Alfabeta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Published
2019-07-29
How to Cite
PRAYUDI, Afri; NANGAMEKA, Yohanes; PURYANTORO, Puryantoro. ANALISIS PERILAKU KONSUMEN TERHADAP PERMINTAAN BUAH NAGA(Hylocereus Polyrhizus) (Studi Pada Pasar Mimbaan Kecamatan Panji). CERMIN: Jurnal Penelitian, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 67-80, july 2019. ISSN 2615-3238. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/cermin_unars/article/view/444>. Date accessed: 26 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/cermin_unars.v3i1.444.
Section
Articles