PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN IPAS SISWA KELAS IV DI GUGUS 1 BOTOLINGGO

  • Riski Amilia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Vidya Pratiwi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Dodik Eko Yulianto Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo

Abstract

Abstrak


Penelitian yang berjudul pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan berfikir kritis pada mata pelajaran IPAS siswa kelas IV di gugus 1 Botolinggo dilatar belakangi oleh pemilihan model pembelajaran yang digunakan guru masih kurang tepat, sehingga siswa kurang fokus terhadap materi yang diajarkan. Selain itu sebagian besar peserta didik kurang antusias dan merasa kesulitan dalam memahami pelajaran IPAS sehingga kemampuan berfikir kritis di gugus 1 Botolinggo sangat rendah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan Quasy Experiment. Populasi dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 35 siswa dengan jumlah kelas eksperimen 14 siswa dan kelas kontrol 21 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan penelitian Model Pembelajaran Problem Based Learning lebih efektif digunakan. dilihat dari data nilai yang diperoleh bahwa nilai rata-rata keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi keberagaman budaya di indonesia, pada kelas eksperimen yaitu 73,64 yang lebih signifikan dibandingkan dengan kelas kontrol sebesar 43,95. Teknik pengumpulan data menggunakan tes yang berbentuk pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji hipotesis menunjukkan nilai signifikan diperoleh Dari hasil perhitungannya diperoleh hasil nilai LHitung yaitu 8,817513665 < LTabel yaitu 2,034515297 dengan taraf 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa H0 Ditolak. Maka terdapat pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis IPAS siswa kelas IV Di gugus 1 Botolinggo secara signifikan.

References

Agnafia , Desi Nuzul, et al. 2021 Implementasi Penilaian Autentik Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran IPA Di SMP N 1 Ngawi. Jurnal Pendidikan IPA dan Keilmuan (JPIK), 1.2: 14-19.
AlperAslan. (2021). Problem-Based Learning in Live Online Classes: Learning Achievement Problem-SolvingSkill, Communication Skill, and Interaction.Computers & Education, 171, 104237.
Ananda, R., & Fadhli, M. (2018). Statistik pendidikan: teori dan praktik dalam pendidikan. Medan: Widya Puspita.
Ariyani, Bekti, and Firosalia Kristin. "Model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa SD." Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran 5.3 (2021): 353-361.
Aslan, A. (2018). Makna Kurikulum Terhadap Teori Tentang Belajar Pada Perubahan Perilaku Anak Didik. Cross-border, 1(2), 56-65
Asrul, A., Saragih, A. H., & Mukhtar, M. (2022). Evaluasi pembelajaran. Medan: Perdana Publishing. Hlm.31.
Barrows, H. S. (1996). Problem-based learning in medicine and beyond: A brief overview. New Directions for Teaching and Learning, 68, 3-12.
Guerrero, A.L., Camargo –Abello, M. (2023). Teachers’agency in the implementation of an early childhood education policy program in schools in Bogota, Colombia. ICEP 17, 2.
Kurniawan, M. W., & Wuryandani, W. (2017). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap motivasi belajar dan hasil belajar PPKn. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan,14(1).
Lidinillah, D. A. M. (2018). Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning). Jurnal Pendidikan Inovatif,
Linussa, Anderson, L. 2013. Student’s Critical Mathematical Thinking Skills and Caracter: Experiments for Junior High School Students through Realistic Mathematics Education Culture-Based. IndoMS-JME. 4(1): 75-94.
Marhayani, D. A., Siska, S., Setyowati, R., & Kariadi, D. (2024). Pengaruh Metode Demontrasi Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Pada Kelas IV SDN 1 Singkawang. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 9(1), 7-11.
Marhayani, D. A., Siska, S., Setyowati, R., & Kariadi, D. (2024). Pengaruh Metode Demontrasi Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Pada Kelas IV SDN 1 Singkawang. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 9(1), 7-11.
Rahmadani, R. (2019). Metode Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learnig (Pbl). Lantanida Journal, 7(1), 75-86.
Saputri, M. A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 92–98. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.602
Sugiyono . (2018). metode penelitian kuantitatif sampel penelitian. Hlm 131- 136
Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Hlm. 72
Susanti, A. E., & Suwu, S. E. (2016). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas IX dalam Pelajaran Ekonomi. A Journal of Language, Literature, Culture, and Education, 12(1), 66–81
Taufik, W., Lufri, L., Zulyusri, Z., & Arsih, F. (2022). Meta Analisis Pengaruh Model pembelajaran Problem Based Learning.
Utami, D. (2019). Model Problem Based Learning(PBL) Berbantuan MediaAudio Visual untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. MAJU, 6(1).
Yudha, Chrisnaji Banindra. (2019). Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Buana Matematika: Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika. 9(1), 31-36.
Yulianti, E., & Gunawan, I. (2019). Model pembelajaran problem based learning (PBL): efeknya terhadap pemahaman konsep dan berpikir kritis. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education.
Published
2024-08-13
How to Cite
AMILIA, Riski; PRATIWI, Vidya; YULIANTO, Dodik Eko. PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN IPAS SISWA KELAS IV DI GUGUS 1 BOTOLINGGO. PROSIDING SEMINAR NASIONAL UNARS, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 498-508, aug. 2024. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/prosidingSDGs/article/view/5029>. Date accessed: 26 nov. 2024.