@article{prosiding, author = {Riski Amilia and Vidya Pratiwi and Dodik Yulianto}, title = { PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN IPAS SISWA KELAS IV DI GUGUS 1 BOTOLINGGO}, journal = {PROSIDING SEMINAR NASIONAL UNARS}, volume = {3}, number = {1}, year = {2024}, keywords = {}, abstract = {Abstrak Penelitian yang berjudul pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan berfikir kritis pada mata pelajaran IPAS siswa kelas IV di gugus 1 Botolinggo dilatar belakangi oleh pemilihan model pembelajaran yang digunakan guru masih kurang tepat, sehingga siswa kurang fokus terhadap materi yang diajarkan. Selain itu sebagian besar peserta didik kurang antusias dan merasa kesulitan dalam memahami pelajaran IPAS sehingga kemampuan berfikir kritis di gugus 1 Botolinggo sangat rendah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan Quasy Experiment. Populasi dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 35 siswa dengan jumlah kelas eksperimen 14 siswa dan kelas kontrol 21 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan penelitian Model Pembelajaran Problem Based Learning lebih efektif digunakan. dilihat dari data nilai yang diperoleh bahwa nilai rata-rata keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi keberagaman budaya di indonesia, pada kelas eksperimen yaitu 73,64 yang lebih signifikan dibandingkan dengan kelas kontrol sebesar 43,95. Teknik pengumpulan data menggunakan tes yang berbentuk pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji hipotesis menunjukkan nilai signifikan diperoleh Dari hasil perhitungannya diperoleh hasil nilai LHitung yaitu 8,817513665 < LTabel yaitu 2,034515297 dengan taraf 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa H0 Ditolak. Maka terdapat pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis IPAS siswa kelas IV Di gugus 1 Botolinggo secara signifikan.}, pages = {498--508}, url = {https://unars.ac.id/ojs/index.php/prosidingSDGs/article/view/5029} }