PENGARUH BRAND AMBASSADOR YOOK SUNGJAE BTOB TERHADAP CUSTOMER LOYALTY PADA PENGGUNAAN SKINCARE SOME BY MI MELALUI BRAND IMAGE
Abstract
Kemajuan usaha kecantikan berdampak pada meningkatnya penggunaan skincare dan hal ini sejalan dengan perkembangan teknologi yang memudahkan budaya asing termasuk budaya Korea ke Indonesia dimana artis-artis Korea Selatan sangat digemari di Indonesia sehingga untuk menarik perhatian masyarakat, perusahaan menggunakan brand ambassador dan secara tidak langsung akan membangun brand image perusahaan yang akan meningkatkan loyalitas pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand ambassador Yook Sungjae Btob terhadap customer loyalty pada penggunaan skincare Some By Mi melalui brand image. Jenis penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan pendekatan kausal. Jumlah sampel sebesar 100 responden. Alat analisis data menggunakan software SmartPLS 4.0. Hasil penelitian menemukan bahwa brand ambassador Yook Sungjae berpengaruh terhadap customer loyalty. Brand ambassador berpengaruh terhadap brand image. Brand image berpengaruh terhadap customer loyalty. Brand ambassador berpengaruh terhadap customer loyalty melalui brand image sebagai variabel intervening. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa jika penerapan brand ambassador diterapkan dengan baik maka akan berdampak pada customer loyalty perusahaan Some By Mi. Brand image sangat berperan dalam memediasi brand ambassador terhadap customer loyalty.
References
Apriliani, R. A. E. (2019). Pengaruh Brand Trust, Brand Equity dan Brand Image Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Pelanggan Teh Botol Sosro di Wonosobo). Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 6(2), 112–121. https://doi.org/10.32699/ppkm.v6i2.687
Aswarina, P., Dwatra, F. D., & Padang, U. N. (2023). Pengaruh Persepsi pada Brand Ambassador Aktris Korea Han So Hee terhadap Loyalitas Konsumen Produk Somethinc pada Usia Dewasa Awal, 7, 14771–14777.
Beautynesia. (2019). Deretan Idol dan Aktor Ganteng yang Sukses Jadi Model Brand Ambassador Kecantikan. Diambil 17 September 2023, dari https://www.beautynesia.id/beauty/deretan-idol-dan-aktor-ganteng-yang-sukses-jadi-model-brand-ambassador-kecantikan/b-131322
Damayanti, C., & Wahyono. (2015). Pengaruh Kualitas Produk, Brand Image Terhadap Loyalitas Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening. Management Analysis Journal, 4(3), 236–251. Diambil dari http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/maj
Gita, D., & Setyorini, R. (2016). Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Brand Image Perusahaan Online Zalora.co.id. Fakultas Komunikasi Bisnis, Universitas Telkom, 3(1), 620–626.
Hasan, S. (2014). Analisis Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas (Studi Kasus Pada BMT Cengkareng). Jurnal Ilmu Ilmu Pertanian, 29(6). Diambil dari https://eje.bioscientifica.com/view/journals/eje/171/6/727.xml
Holifah, J., Prasetya, H., & Hidayati, A. (2023). Pengaruh Iklan Brand Skincare COSRX Versi Jeon Somi Sebagai Brand Ambassador Terhadap Loyalitas Merek, 3, 10873–10887.
Idntimes.com. (2022). Profil dan Biodata Yook Sungjae, Pemeran Utama Drakor The Golden Spoon. Diambil 12 Oktober 2023, dari https://www.idntimes.com/korea/kpop/dinda-trisnaning-ramadhani-2/profil-dan-biodata-yook-sungjae-idol-btob-merangkap-aktor-korea
Kirana, L. C., Trijayanti, R. T., & Sari, Y. I. (2020). Pengaruh Zaskia Adya Mecca Sebagai Brand Ambassador Dalam Instagram Meccanismofficialshop Terhadap Brand Image Meccanism. Jurnal Apresiasi Ekonomi, 8(2), 308–320. https://doi.org/10.31846/jae.v8i2.302
Kompas.com. (2021). Mengapa Kosmetik Korea Laku di Indonesia? Diambil 10 Oktober 2023, dari https://lifestyle.kompas.com/read/2021/08/23/145025220/mengapa-kosmetik-korea-laku-di-indonesia?page=all
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran Jilid 1 (Edisi le 1). Jakarta: Terjemahan Bob Sabran.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th editi). New Jersey: Harlow, Essex Pearson Education Limited.
Lea-Greenwood, G. (2012). Fashion Marketing Communications. Somerset,NJ, USA: Wiley.
Lentera Esai. (2020). Lima Skincare Favorit Berlaga di Dagang-el, Produk Lokal Sumbang Penjualan Terbanyak. Diambil 7 Oktober 2023, dari https://lenteraesai.id/2020/09/14/lima-skincare-favorit-berlaga-di-dagang-el-produk-lokal-sumbang-penjualan-terbanyak/
Malhotra, N. K., Nunan, D., & Birks, D. F. (2017). Marketing research: an Applied Approach. Harlow: Pearson Education Limited.
Maulida, C. N., & Kamila, A. D. (2021). Pengaruh K-pop Brand Ambassador Terhadap Loyalitas Konsumen (Studi Pada Pengguna Shopee) (Vol. 8).
Naomi, I. P., & Ardhiyansyah, A. (2021). Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Brand Image Pada E-Commerce Indonesia. SENMABIS: Conference Series, 1(1), 38–44. Diambil dari https://kc.umn.ac.id/id/eprint/6200
Prawira, R., Mulyana, S., & Wirakusumah, T. (2012). Hubungan krateristik brand ambasador honda spacy helm-in dengan tahapan keputusan pembelian konsumen. eJurnal Mahasiswa Universitas Padjadjaran, VOL.1(No.1).
Royan, F. M. (2014). Marketing Selebriti “Selebriti Dalam Iklan & Strategi Selebriti Memasarkan Diri Sendiri.” Jakarta: Alex Media Komputindo.
Yunaida, E. (2018). Pengaruh Brand Image (Citra Merek) terhadap Loyalitas Konsumen Produk Oli Pelumas Evalube di Kota Langsa. Jurnal Manajemen dan Keuangan, 6(2), 798–807. https://doi.org/10.33059/jmk.v6i2.685
Zapclinic. (2020). Zap Beauty Index 2020. Diambil 15 Oktober 2023, dari https://zapclinic.com/zapbeautyindex.