ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN SUPERVISI BERBASIS WEBSITE DI SEKOLAH DASAR AL AZHAR SYIFABUDI KOTA BOGOR BNR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan alternatif dalam Upaya supervisi berbasis website di Sekolah Dasar Al Azhar Syifabudi Kota Bogor BNR Provinsi Jawa Barat Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah studi pustaka. Studi pustaka ini dilakukan dengan menggunakan penelitian-penelitian sebelumnya, platform merdeka mengajar serta wawancara Kepala sekolah dasar Al-Azhar Syifabudi di Bogor, BNR. Supervisi merupakan salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh kepala sekolah sebagai upaya pengawasan dan pelajaran terhadap kinerja guru. Penggunaan supervisi berbasis website ini diharapkan dapan memudahkan kepala sekolah dalam proses pelaksanaan supervisi serta melakukan evaluasi terhadap kinerja guru.
References
Alif, K. P., Nabila, S., & Ahmad, M. (2022). Principal Management in Increasing the Quality of Education in the Society 5.0 Era. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 5(3), 438–448. https://doi.org/10.23887/ijerr.v5i3.56423
Alika, S. D. (2020). Implementasi Manajemen Dan Supervisi Pada Lembaga Bimbingan Belajar. Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan. http://journal2.um.ac.id/index.php/jmsp/article/view/9848
Aliyyah, R. R., Rosyidi, U., & Rugaiyah, R. (2019). Higher Education Scholarship: Gate To Develop Educational Human Resource Quality. International Journal for Educational and Vocational Studies, 1(4). https://doi.org/10.29103/ijevs.v1i4.1501
Andayani, L., Listyarini, I., & Ardanto, S. (2023). Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Mengimplementasikan Standar Proses Pembelajaran Melalui Supervisi Kolegial Teknik Kunjungan Antar Kelas Di Sd Negeri 2 Kedunglengkong Boyolali. IJES Indonesian Journal of Elementary School, 3(1). http://journal.upgris.ac.id/index.php/wp
Direktorat SD Kemdikbud. (2021). Tantangan dan Terobosan Pendidikan di Era Digitalisasi - Direktorat Sekolah Dasar. https://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/tantangan-dan-terobosan-pendidikan-di-era-digitalisasi
Direktorat SD Kemdikbud. (2022). Digitalisasi Pendidikan Era Merdeka Belajar Melalui Pemanfaatan TIK di Sekolah - Direktorat Sekolah Dasar. https://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/digitalisasi-pendidikan-era-merdeka-belajar-melalui-pemanfaatan-tik-di-sekolah
Diskominfo. (2020, January 13). Peranan Teknologi Informasi Dalam Dunia Pendidikan. https://diskominfo.kedirikab.go.id/baca/peranan-teknologi-informasi-dalam-dunia-pendidikan
Dwijonagoro, S., & Suparno, S. (2019). Pranatacara learning: Modeling, mind mapping, e-learning, or hybrid learning? Cakrawala Pendidikan, 38(1), 156–173. https://doi.org/10.21831/cp.v38i1.23034
Hanafiah, Sauri, R. S., Rahayu, Y. N., & Arifudi, O. (2022). Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru melalui Supervisi Klinis Kepala Sekolah. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 5(10). http://Jiip.stkipyapisdompu.ac.id
Imelda. (2020). Meningkatnya Kemampuan Guru Melaksanakan Proses Pembelajaran dengan Adanya Supervisi Klinis. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasa, 4(2), 229–240.
Juliana, Yusrizal, & Niswanto. (2021). Manajemen Pengawas Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan, 6(2), 261–267. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/
Kurniawan, E., Zulaikha, S., & Rahmawati, D. (2022). Desain E-Smart Inclusive Sebagai Sistem Informasi Manajemen Pendidikan Inklusif. Risenologi, 7(1), 32–43. https://doi.org/10.47028/j.risenologi.2022.71.304
Malaya, A. R. N., Munar, E. A., Cuison, F. P., & Dacanay, E. G. (2022). Information management system for research of Don Mariano Marcos Memorial State University–South La Union Campus. Indonesian Journal of Electrical Engineering and Computer Science, 28(3), 1668–1675. https://doi.org/10.11591/ijeecs.v28.i3.pp1668-1675
Marhawati, B. (2020). Pelaksanaan Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dasar: Studi Kualitatif. Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 4.
Natalya, L., & Halim, S. V. (2021). COVID-19 Pandemic: Its Impact On Learning Motivation (The Fluctuation During Three Different Phases). Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 54(3). https://doi.org/10.23887/jpp.v54i3.37535
Nur Khusna, A., & Dewanto, M. F. (2021). Analisis Dan Perancangan Company Profile Berbasis Website Pada Batik Nice. Science And Engineering National Seminar, 6. www.kompas.com,
Nurhattati, Rochanah, S., Yudis, M., Ripki, J. A. H., & Fadhillah. (2023). Workshop Supervisi Akademik dalam Perbaikan Mengajar Guru di Era Merdeka Mengajar bagi Kepala/Wakil Kepala Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Pulo Gadung Wilayah Jakarta Timur. BAKTIMAS Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(3).
Okada, A., Noguera, I., Alexieva, L., Rozeva, A., Kocdar, S., Brouns, F., Ladonlahti, T., Whitelock, D., & Guerrero-Roldán, A. E. (2019). Pedagogical Approaches For E-Assessment With Authentication And Authorship Verification In Higher Education. British Journal of Educational Technology, 50(6), 3264–3282. https://doi.org/10.1111/bjet.12733
Pratama, H., Azman, M. N. A., Kassymova, G. K., & Duisenbayeva, S. S. (2020). The Trend in Using Online Meeting Applications for Learning During the Period of Pandemic COVID-19: A Literature Review. Journal of Innovation in Educational and Cultural Research, 1(2), 58–68. https://doi.org/10.46843/jiecr.v1i2.15
Rahman, Moh. R., Panggayuh, B. P., & Rusydiyah, E. F. (2022). Utilization of Web-Facilitated Learning to Improve Teacher Skills in Identifying Basic Competencies. Journal of Innovation in Educational and Cultural Research, 3(2), 153–161. https://doi.org/10.46843/jiecr.v3i2.87
Ramli, M., Hanafi, H., Hidayah, N., Atmoko, A., & Fitriyah, F. K. (2023). Identification Of Counselor Mind Process On Online Counseling. International Journal of Evaluation and Research in Education, 12(1), 319–326. https://doi.org/10.11591/ijere.v12i1.22987
Riskiono, S. D., & Pasha, D. (2020). Analisis Metode Load Balancing Dalam Meningkatkan Kinerja Website E-Learning. Jurnal Teknoinfo, 14(1), 22. https://doi.org/10.33365/jti.v14i1.466
Rugaiyah, Amelia, S., Nabilah, S., Rahmawati, D., & Bahrudin. (2019). Teacher Supervision by Elementary Schools Supervisor through Web-Based Clinical Supervision. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 382. www.supervisiklinis.com
Sanoto, H., Paseleng, M. C., & Kusuma, D. (2022). The Effectiveness of Si Sagu (Teacher Academic Supervision System) in Academic Supervision Process for Teachers at 3T Area. Journal of Innovation in Educational and Cultural Research, 3(4), 548–553. https://doi.org/10.46843/jiecr.v3i4.157
Sukri, S., & Zulfikar, Z. (2021). Mendapatkan Peringkat Terbaik Website Pada Search Engine Dengan Metode Search Engine Optimization (SEO). Jurnal Nasional Komputasi Dan Teknologi Informasi, 4(3).
Syifauzzuhrah, N., Zulaikha, S., & Rahmawati, D. (2023). Design Of Library Management Information System (Simpustaka) Based On Laravel Framework. Improvement: Jurnal Ilmiah Untuk Peningkatan Mutu Manajemen Pendidikan, 10(1), 19–31. https://doi.org/10.21009/improvement.v10i1.34320
Tendas Teddy Soesilo. (2022). Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 40 Tahun 2021 Tentang Penugasan Guru Sebagai Kepala Sekolah – LPMP Kalimantan Timur. https://lpmpkaltim.kemdikbud.go.id/2022/01/peraturan-menteri-pendidikan-kebudayaan-riset-dan-teknologi-nomor-40-tahun-2021-tentang-penugasan-guru-sebagai-kepala-sekolah/
Wartaya, I. K. (2023). Implementasi Supervisi Akademik Teknik Kunjungan Kelas untuk Meningkatkan Kemampuan Guru Melaksanakan Proses Pembelajaran. Indonesian Journal of Instruction, 4(2), 93–104. https://doi.org/10.23887/iji.v4i2.60838
Yazid, H., Marsidin, S., & Rifma, R. (2021). The Principal’s Supervision to Improve Teacher Professionalism. Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 5(3), 137–143. https://doi.org/10.17977/um025v5i32021p137