PKM INOVASI PRODUKSI DAN DIGITAL MARKETING BAGI SISWA SMA/SMK DI KABUPATEN SITUBONDO

  • Randika Fandiyanto Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Hendra Syahputra Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Nur Izzuddien Syama Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Johan Putra Pradana Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo

Abstract

Industri kreatif di Indonesia menjadi salah satu sektor dibidang ekonomi yang semakin berkembang di masyarakat. pada tahun 2024, industri kreatif diperkirakan akan terus berkembang dan memberikan dampak positif bagi perekonomian Indonesia. Namun, tantangan dan peluang yang dihadapi oleh industri kreatif di Indonesia tetap menjadi isu yang perlu diperhatikan oleh berbagai kalangan baik pemerintah maupun para pelaku industri. Di Kabupaten Situbondo, perkembangan industri kreatif di Kabupaten Situbondo dinilai masih kurang signifikan, mindset bisnis harus terus dirorong sejak dini agar lulusan SMA/SMK di Kabupaten Situbondo memiliki kalayakan dalam pekerjaannya Minimnya pengetahuan inovasi produk, prinsip efisiensi dan efektifitas dalam produksi, sehingga lulusan sekolah cenderung menjadi pekerja dari pada sebagai pelaku industri yang kemudian berdampak pada rendahnya pendapatan di masyarakat. Para siswa ini akan dibekali dengan pelatihan perencanaan produksi, proses produksi, packaging, branding dan promosinya. Pembinaan ini mengarahkan industri ini untuk berkembang cepat hingga mampu menciptakan produk yang inovatif dan pola pasar baru sehingga mampu menghadapi persaingan di era digital. Kegiatan pelatihan dilaksanakan dalam satu hari dengan melibatkan unsur siswa/Siswi SMA/SMK Sederajad di Kabupaten Situbondo dengan hasil pelaksanaan kegiatan pelatihan inovasi produksi dan pemasaran yang dilaksanakan yaitu Pelatihan penyusunan rencana inovasi produksi, Pelatihan Inovasi Produk, Inovasi Proses dan Inovasi Model Bisnis. Dengan tahapan pemberian pemahaman materi tentang produk, proses desain awal produk cinderamata, proses pemasangan aksesoris produk cinderamata, proses finishing, pembuatan flayer promosi dan integrasi marketing digital.

References

Abdullah, Maskur. 2005. Lilitan Masalah Usaha Mikro kecil, Menengah (UMKM) dan Kontroversi Kebijakan. Medan: Bitra Indonesia.

Anoraga, Panji. 2002. Koperasi, Kewirausahaan, dan Usaha Kecil. Jakarta: Rineka Cipta.

Departemen Perdagangan Republik Indonesia. 2008. Pengembangan Ekonomi Kreatif Indonesia 2025: Rencana Pengembangan Ekonomi Kreatif Indonesia 2009-2025. Jakarta: Departemen Perdagangan

Fuady, Munir, Pengantar Hukum Bisnis, (Bandung: PT.Citra Aditya Bakti, cetakan ke II, 2005)

Kotler, Philip, 2002, Manajemen Pemasaran, Jilid 2, Alih Bahasa oleh Hendra Teguh dkk, Edisi Milenium, Jakarta: PT Prenhallindo

Miftahus Sholihin, Siti Mujilahwati (2016), Dampak Pemanfaatan E-Commerce Terhadap Peningkatan Penjualan Di UMKM : Jurnal Teknika Vol. 8 No. 1 Maret 2016

Diyan Ivanov (2012) The impact of e-commerce on small-size companies in Swede : Karistad University : swedan

A Industri, Tokopedia.com Catat Pertumbuhan Transaksi 200%. Diakses pada tangal 17 Desember 2017. http://industri.bisnis.com, E-COMMERCE:

Ann L. Fruhling, Lester A. Digman (2000) The Impact Of Electronic Commerce On Business-Level Strategies : Journal of Electronic Commerce Research, VOL. 1, NO. 1, 2000

Kusumaningrat. C. I. M. (2020) Pengaruh Desain Produk Dalam Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. 35-51

Safitri. E., Aulia. L., Sukoco, I., Barkah. C. S (2022) Kajian Literatur Peran Integrated Marketing Communication (IMC) dalam Mempertahankan Loyalitas Konsumen. Jurnal Aplikasi Bisnis. Volume 19 No. 2. https://doi.org/10.20885/jabis.vol19.iss2.art6
Published
2024-07-31
How to Cite
FANDIYANTO, Randika et al. PKM INOVASI PRODUKSI DAN DIGITAL MARKETING BAGI SISWA SMA/SMK DI KABUPATEN SITUBONDO. PROSIDING SEMINAR NASIONAL UNARS, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 343-351, july 2024. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/prosidingSDGs/article/view/4886>. Date accessed: 26 nov. 2024.