OPTIMALISASI PERAN PEREMPUAN DALAM MEMPERKUAT SOCIO-PRENEURSHIP DI LINGKUNGAN DASA WISMA RT.03/RW.04, DUSUN KRAJAN KELURAHAN DAWUHAN KECAMATAN SITUBONDO KABUPATEN SITUBONDO PROVINSI JAWA TIMUR
Abstract
Akselerasi teknologi telah menyebabkan degradasi lapangan pekerjaan, menimbulkan tantangan ekonomi yang signifikan. Tantangan ini tidak hanya dialami oleh pemerintah, tetapi juga oleh keluarga, yang harus siap menghadapi perubahan. Kemandirian perempuan menjadi penting untuk diupayakan agar mereka memiliki sumber ekonomi yang tangguh menghadapi krisis seperti bencana, kegagalan ekonomi, atau pandemi. Ibu-ibu Dasa Wisma RT. 03/RW. 04 di Dusun Krajan, Kelurahan Dawuhan, Situbondo, Jawa Timur, yang tergabung dalam organisasi PKK, memiliki potensi untuk mengembangkan usaha pembuatan dan pemasaran makanan. Usaha makanan dipilih karena bahan bakunya murah dan mudah didapatkan, serta dapat melestarikan tradisi kuliner lokal. Tantangan yang dihadapi termasuk ketidaktepatan dalam penentuan harga pokok penjualan dan pemasaran online. Pengabdian ini bertujuan memberikan informasi dan pemahaman kepada ibu-ibu Dasa Wisma mengenai cara menentukan harga jual produk secara tepat dengan memahami elemen biaya produksi. Melalui kegiatan ini, diharapkan mereka mampu mengelola usaha dengan lebih baik dan menghadapi tantangan ekonomi di masa depan.
References
Fauzia, S. (2017). Analisis Penetapan Harga Pokok Produksi Produk Rengginang Berdasarkan Metode Full Costing (Studi kasus pada UMKM “Firma”).
Firdaus, M., Suherman, S., Wahyudi, F., Sauqi, A., & Widaninggar, N. (2020). Large Chili Agribusiness Development Strategy in Jember District.
Eprilianta, S. (2011) Analisis Perhitungan Harga Pokok Produksi Tahu Dengan Metode Full Costing pada Industri Kecil (Studi Kasus CV. Laksa Mandiri). Institut Pertanian Bogor
Fatmawati, Z. (2013) Harga Jual Yang Ditetapkan Melalui Penghitungan HPP Dengan Metode Full Costing (Studi Kasus: UKM Tempe Pak Pur) .Universitas Dian Nuswantoro Semarang.
Lestari, Arum Budi. (2013). Evaluasi Penetapan Harga Pokok Produk Roti Pada UKM Roti Saudara Di Banyumanik, Universitas Dian Nuswantoro Semarang.
Mahacakri, I. G. A. C. (2020). Manajemen Usaha dan Penerapan Digital Marketing Tanaman Hias di Kota Mataram. Agroteksos, 30(1), 110.
Mulyadi. (2015). Akuntansi Biaya. Edisi 5. Yogyakarta: UPP-STIM YKPN.
Palupi, M. S., Abdullah, R. A., Mursyidin, Z., Falah, F., Masruri, A., & Widaninggar, N. (2024). Digital Marketing dan Inovasi Packaging Produk Usaha Mikro Tanaman Hias di Kelurahan Dawuhan, Kecamatan Situbondo, Kabupaten Situbondo, Provinsi Jawa Timur. Creative Bussiness, 1(2), 11-20.
Pamungkas, W., Diningrum, N. D., Putri, R. G., Ellafatul, R., Rahman, T., & Widaninggar, N. (2022). Inovasi Pada Produk Tahu Di Dusun Pomo, Desa Ampel, Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember. Jurnal Pengabdian Masyarakat (JPM), 2(2), 19-27.
Permatasari, Andri Eka (2013) Penerapan Full Costing Method Melalui Penghitungan HPP Sebagai Dasar Penentuan Harga Jual Pada UKM Tahu Pak Dariyo. Universitas Dian Nuswantoro Semarang.
Putri, Y. V., Putri, I. V., Agustin, M., Zahro, C. L., Maulidah, R., Aysah, M. D., ... & Widaninggar, N. (2024). Cost of Goods Sold Analysis of Rengginang" Mak Lia" Based On The Full Costing Method. MBA-Journal of Management and Business Aplication, 7(1), 48-61.
Santoso, P.Y. (2018). Transformasi Integrated Marketing Communication di Era Digital. Jurnal Pustaka Komunikasi Online, 1(2).
Widaninggar, N., & Sari, N. K. (2018). Penerapan Sistem Akuntansi Dasar Dan Pelaporan Keuangan Kpri “Kencana”. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ipteks, 4(2), 102-109.
Widaninggar, N., Amin, S., & Sari, N. K. (2022). Peningkatan Kualitas Produk dan Perluasan Pasar Keripik Singkong" Ensi" di Desa Tegalsari, Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember. Jurnal Pengabdian Masyarakat (JPM), 2(1), 31-38.
Purwanto, E. (2020). Analisis Harga Pokok Produksi Menggunakan Metode Full Costing Dalam Penetapan Harga Jual. Journal of Applied Managerial Accounting, 4(2), 248–253. https://doi.org/10.30871/jama.v4i2.2402
Bahri, R., & Rahmawaty, R. (2019). Analisis Penentuan Harga Pokok Produksi Dalam Menentukan Harga Jual Produk (Studi Empiris Pada Umkm Dendeng Sapi Di Banda Aceh). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Akuntansi, 4(2), 344–358. https://doi.org/10.24815/jimeka.v4i2.12263
Sari, S. S., Nuringwahyu, S., & Hardati, R. N. (2020). Strategi Bisnis Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Dalam Meningkatkan Penjualan. Jiagabi, 9(1), 43–54. https://core.ac.uk/donwload/pdf/287229257.pdf
Yustitia, E., & Adriansah, A. (2022). Pendampingan Penentuan Harga Pokok Produksi (HPP) dan Harga Jual pada UMKM di Desa Sawahkulon. Jumat Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.32764/abdimas_ekon.v3i1.2506
Sasangka, D. T., & Prabowo, B. (2023). Pendampingan Pembuatan Nomor Induk Usaha ( NIB ), PIRT , dan Sertifikat Halal Pada UMKM di Desa Ngrimbi , Kecamatan Bareng ,. Jurnal Pengabdian Cendekia, 2(4), 311–317.
Wahyuningsih, S., Trisnawati, A., & Yusuf, F. A. (2022). Buletin Pemberdayaan dan Pengembangan Masyarakat : Jurnal Pengabdian Masyarakat. Buletin Pemberdayaan Dan Pengembangan Masyarakat : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 08–13.
Vernia, D. M. (2017). Optimalisasi Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Bisnis Online Bagi Ibu Rumah Tangga Untuk. Jurnal ISBN 978-602-50181-0-7, 1(2), 105–118. http://journal.stkipnurulhuda.ac.id/index.php/utility/article/view/71