PENGARUH APP QUALITY, FLASH SALE DAN SHOPPING LIFESTYLE TERHADAP IMPULSE BUYING KONSUMEN TOKOPEDIA DI MATARAM
Abstract
Abstrak
Munculnya perdagangan elektronik menimbulkan cara hidup baru antar individu melalui belanja online e-commerce. Sebanyak 88,1% pengguna internet di Indonesia telah terlibat dalam aktivitas e-commerce. Persentase ini merupakan angka tertinggi di seluruh dunia per April 2021. Di tahun yang sama terjadi kenaikan impulsif jumlah pembeli di sejumlah wilayah di Indonesia. Frontier Consulting Group menunjukkan bahwa proses pembelian tidak terencana di Indonesia relatif tinggi. Salah satu aspek perilaku konsumen di Indonesia adalah tidak adanya rencana belanja. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tujuan pengaruh variabel app quality, flash sale, dan shopping lifestyle terhadap impulse buying konsumen Tokopedia di Mataram. Jenis penelitian ini menggunakan kuantitatif deskriptif dengan pendekatan kausal. Jumlah sampel sebesar 100 responden. Alat analisis data yang yang digunakan adalah SPSS 22. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa app quality yang kurang baik, akan tetapi tetap dapat mempengaruhi konsumen melakukan impulse buying. Flash sale yang baik dan positif akan meningkatkan tindakan impulse buying konsumen secara keseluruhan. Shopping lifestyle yang tinggi akan meningkatkan impulse buying konsumen secara keseluruhan. App quality, flash sale, dan shopping lifestyle berpengaruh secara simultan terhadap impulse buying.
References
Ardin, W. N. (2020). Pengaruh Flash Sale Dan Tagline “Gratis Ongkir” Shopee Terhadap Keputusan Pembelian Impulsif Secara Online. Universitas Sumatera Utara.
Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:Rineka Cipta,2014.
Asning Kosyu, Kadarisman Hidayat, & Yusri Abdillah. (2014). Pengaruh Hedonic Shopping Motives Terhadap Shopping Lifestyle dan Impulse Buying (Survei pada Pelanggan Outlet Stradivarius di Galaxy Mall Surabaya). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol, 14(2), 1–7.
Darwipat, D., Syam, A., & Marhawati. (2020). Pengaruh Program Flash Sale terhadap Perilaku Impulsive Buying Konsumen Marketplace. Journal of Economic Education and Entrepreneurship Studies, 1(2), 58–64. https://doi.org/10.26858/je3s.v1i2.18635
Fernanda, M. (2019). Pengaruh Promosi Penjualan, Daya Tarik Iklan Internet, Dan Kualitas Website Terhadap Pembelian Impulsif. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 3(5), 07–12.
Ghozali, I. (2006). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Habibi, F., & Zabardast, M. A. (2020). Digitalization, Education and Economic Growth: A Comparative Analysis of Middle East and OECD Countries. Technology in Society, 63, 101370.
Hidayat, S. (2018). Pengaruh Price Discount, In-Story Display Dan Shopping Lifestyle Terhadap Pembelian Tak Terencana. Pengaruh Price Discount, In-Story Display Dan Shopping Lifestyle Terhadap Pembelian Tak Terencana.
Nighel, S., & Sharif, O. O. (2022). Pengaruh Flash Sale Terhadap Pembelian Impulsif E-Commerce Shopee di Jawa Barat. EProceedings of Management, 9(3).
Piccoli, G., & Chekitan. (2012). Emerging Marketing Channels In Hospitality: A Global Study Of Internet-Enabled Flash Sale and Private Sales.
Pradiska, H. (2010). Perilaku Pembelian Impulsif Pada Remaja Ditinjau Dari Kematangan Emosi Dan Jenis Kelamin, Skripsi, Fakultas Ekonomi Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
Ridwan, M. (2018). Online Terhadap Perilaku Konsumtif Masyarakat Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi kasus Pada Pengguna Aplikasi Lazada di Medan) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan. In Repository.Uinsu.Ac.Id.
Siahaan, C., & Lidwina, P. R. (2021). Perkembangan Teknologi Komunikasi Dalam Meningkatkan Perekonomian Di Indonesia (Studi Pada Penggunaan E-Commerce Di Akun Media Sosial). 6(1).
Sugiyono, S. (2017). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D (ke-25.). Bandung: ALFABETA Cv.
Suhartini, Y. I., Rodhiyah, & Listyorini, S. (2016). Pengaruh Shopping Lifestyle, Fashion Involvement, Dan Hedonic Shopping Motivation Terhadap Impulse Buying. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 5(1), 1–10.
Temaja, I. K. W. B., Rahanatha, G. B., & Yasa, N. N. K. (2015). Pengaruh Fashion Involvement, Atmosfer Toko Dan Promosi Penjualan Terhadap Impulse Buying Pada Matahari Department Store Di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 4(6), 1466–1482.
Utami, O., & Rastini, N. (2015). Pengaruh Variabel Demografi, Kualitas Layanan, Atmosfer Toko Pada Impulse Buying Di Hypermart Mal. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 4(5), 255101.