MEMBANGUN MINDSET PELAKU UMKM TERHADAP DIGITAL MARKETING

  • Riza Rachman Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Dian Widiarti Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Nur Faiza Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Novita Retnowati Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Mariatur Retnowati Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Lusi Purwanti

Abstract

Digital mindset adalah cara berpikir atau mentalitas yang memungkinkan seseorang untuk menghadapi dan memanfaatkan teknologi digital secara optimal. Hal Ini melibatkan sikap terbuka terhadap perubahan, kemauan untuk terus belajar, dan kemampuan untuk beradaptasi dengan lingkungan yang selalu berubah. Pentingnya digital mindset yaitu dapat menjadi penentu keberhasilan dalam pemanfaatan teknologi.  Digital mindset mendorong untuk terus berinovasi dan mengembangkan kreativitas. Orang dengan mentalitas ini cenderung mencari cara baru untuk menyelesaikan masalah dan meningkatkan proses kerja. Dimana dengan menguasai teknologi bisa membuka pintu untuk peluang karier yang lebih luas dan kemampuan untuk beradaptasi dengan teknologi baru serta berkontribusi pada pertumbuhan usaha. Adanya pemahaman mengenai pentingnya digital marketing diharapkan para pelaku UMKM dapat lebih cepat beradaptasi dengan perubahan lingkungan bisnis yang sangat dinamis.  Digital marketing memiliki peran penting bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam membangun bisnis mereka. Tujuannya adalah dengan digital marketing memungkinkan UMKM untuk meningkatkan eksposur online yaitu menggunakan platform digital sehingga bisnis UMKM dapat ditemukan lebih mudah oleh calon pelanggan, UMKM juga dapat menyasar audiens target secara lebih akurat. Ini memungkinkan UMKM untuk fokus pada orang-orang yang berpotensi tertarik dengan produk atau layanan yang mereka tawarkan. Pelaksanaan pengabdian masyarakat ini dilakukan dalam tiga tahap, yaitu tahapan   persiapan dengan berkoordinasi dengan Rumah BUMN Situbondo untuk dapat mengundang para pemilik UMKM dalam kegiatan pengabdian, tahapan pelaksanaan kegiatan pengabdian dengan teknik forum group discussion, dan tahapan evaluasi yaitu mengukur pencapaian tujuan dan dampak positif dari kegiatan pengabdian terkait wawasan baru yang telah diperoleh melalui penyebaran kuisioner. Luaran yang diharapkan dari kegiatan ini adalah artikel pengabdian yang dimuat dalam prosiding.

References

[1] D. Widyaningsih, E. Zusrony, and H. Utomo, “Peran Digital Entrepreneurship Mindset: Keputusan Adopsi Platform Digital Bagi Pelaku Bisnis,” J. Sist. Inf. Bisnis, vol. 13, no. 2, pp. 162–171, 2023, doi: 10.21456/vol13iss2pp162-171.
[2] R. Young, L. Wahlberg, E. Davis, and K. Abhari, “Towards a theory of digital entrepreneurship mindset: The role of digital learning aptitude and digital literacy,” 26th Am. Conf. Inf. Syst. AMCIS 2020, no. August, 2020.
[3] Ngek Brownhilder Neneh, “An exploratory study on entrepreneurial mindset in the small and medium enterprise (SME) sector: A South African perspective on fostering small and medium enterprise (SME) success,” African J. Bus. Manag., vol. 6, no. 9, 2012, doi: 10.5897/ajbm10.1631.
[4] Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. 2019. Digital Marketing (7th Edition). Pearson
Published
2024-07-18
How to Cite
RACHMAN, Riza et al. MEMBANGUN MINDSET PELAKU UMKM TERHADAP DIGITAL MARKETING. PROSIDING SEMINAR NASIONAL UNARS, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 210-218, july 2024. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/prosidingSDGs/article/view/4712>. Date accessed: 26 nov. 2024.