PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI ANAK-ANAK PULAU BARRANG LOMPO MELALUI BALLA’ CARA’DE’
Abstract
Pulau Barrang Lompo berjarak 13 Km dari dermaga kayu bangkoa yang dihuni sekitar 1218 kepala keluarga dari 4 RW (Anuraga, 2017). Pada tahun 2017 tingkat pendidikan yang telah ditempuh didominasi pada tingkat SD sebanyak 75 persen dan tidak ada yang melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. Pelaksanaan program wajibbelajar 9 tahun di Pulau Barrang Lompo juga tidak terlaksana dengan baik. Hal ini menunjukkan bahwa perlu adanya dorongan kepada masyarkat untuk menyadari akan urgensi dari pendidikan bagi anak-anak khususnya budaya literasinya. Menanggapi hal tersebut, tim bersama mitra sepakat untuk merancang program bersama dengan metode koordinasi, sosialisai, tahap pelaksanaan program serta monitoring dan evaluasi. Program ingat pesan ibu Gerakan 3Mberfokus pada 3M yaitu Membaca, Menulis dan Mengeksplorasi. Program- programnya yaitu kelas Ammaca (Membaca) yang terdiri dari melek literasi aksara alphabet, lontara’, hijaiyah dan numerasi. Kemudian lontara’ day mengenalkan Bahasa daerah bugis makassar kepada pesserta didik dan terakhir Pengembangan Kreativitas (Pentas) yang mengeksplorasi minat serta bakat yang dimiliki peserta didik. Manfaat dan keunggulan dari program sosial ini ialah membangun paradigma baru akan Program ini jugamenyelesaikan pemerintah dalam permasalahan buta aksara untuk wilayah inklusi di Kota Makassar. Tim bekerja sama dengan mitra sebagai fasilitator, komunitas penggiat literasi, relawan-relawan di Pulau Barrang Lompo.
References
Batubara, H. H., & Ariani, D. N. 2018. Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Dasar Negeri Gugus Sungai Miai Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(1), 15.
Dammar, S. 2018. Nurdin Abdullah Ingin Jadikan Pulau Lae-lae Ikon Baru Makassar. URL: https://makassar.sindonews.com Diakses 07 Maret 2022
Hamdani. 2019. Laporan “World’s Most Literate Nations”, Indonesia Darurat Literasi
Membaca. URL: https://www.kompasiana.com Diakses tanggal 10 Maret 2022 Kemendagri. 2019. Membangun Ekosistem Berbasis Pengetahuan. URL:
https://www.kemendagri.go.id Diakses tanggal 11 Maret 2022
Nyompa, S., Maru, R., dan Amal, A. 2019. Penduduk Pulau Barrang Lompo (Suatu analisis aspek-aspek demografi). Seminar Nasional Lembaga Penelitian UNM, 313–316.
Nyompa, S., Nasiah, N., dan Syam, F. N. 2017. Sosial Ekonomi Keluarga Dan Pelaksanaan Program Wajib Belajar 9 Tahun Di Pulau Barrang Lompo. Seminar Nasional LP2M UNM, 568–573.
OECD. 2019. Programme for International Students Assessment (PISA) Result from PISA 2018. 1–10.
Oktaviani. 2019. Upaya Perpusnas Membangun Ekosistem Berbasis Pengetahuan. URL: https://akurat.co Diakses tanggal 11 Maret 2022
Utami, W. T. P., & Trisnani, N. 2021. Pengembangan Dongeng Berbasis Augmented Reality sebagai bahan Literasi dalam Masa Pandemi. 05(02), 686–695.
Wandasari, Y. 2017. Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (Gls) Sebagai Pembentuk Pendidikan Berkarakter. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 2(2), 325–343.