PEMANFAATAN E-COMMERCE TERHADAP BISNIS USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DALAM PENJUALAN KERUPUK DI DESA OLEAN

  • Nuril Badriyah Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Mariyatul Hasanah Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo

Abstract

E-Commerce secara umum dapat diartikan sebagai transaksi jual beli secara elektronik melalui media internet. Adapun tujuan dari Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini adalah untuk memberikan pemahaman dalam manajemen pemasaran secara online yang efektif bagi usaha kecil dan mikro (UMKM) dan memiliki jangkauan pemasaran produk yang lebih luas. Usaha mikro kecil dan menengah dalam pemasaran produknya masih belum berbasis online khususnya di desa Olean, sehingga kami melakukan pembinaan dan pengajaran manajemen pemasaran berbasis online yang efektif melalui disiplin ilmu secara terus menerus. Dalam melaksanakan kegiatan menggunakan pendekatan persuasif yaitu pendekatan dengan menggunakan komunikasi khusus, yang tujuannya untuk mempengaruhi sikap, pendapat, dan perilaku seseorang baik secara verbal maupun nonverbal untuk memberikan penjelasan tentang pengetahuan terkait pemasaran online. Harapannya, peserta dapat menguasai materi pelatihan yang diterima dan dapat diaplikasikan dalam mengelola usahanya sekaligus dapat meningkatkan keuntungan dengan memperhatikan produk yang akan dijualnya melalui media online. Adapun hasil dari kegiatan program kerja Kuliah Kerja Nyata ini adalah pemilik UMKM yang ada di desa Olean paham dan mengerti tentang kegunaan manajemen pemasaran berbasis online pada usaha mikro, kecil, dan menengah di UMKM desa olean dengan cara yang benar dalam pemasaran online dengan platfom E-commerce. 

References

Alwendi, Penerapan E-Commerce Dalam Meningkatkan Daya Saing Usaha (Universitas Graha Nusantara)
Sirclo. 2020. “Jumlah Pengguna E-Commerce Indonesia Di Tahun 2020 Meningkat Pesat”. Https://Www.Sirclo.Com/Jumlah-Pengguna-E-Commerce-Indonesia-Di-Tahun-2020-Meningkat-Pesat/ . Diakses Tanggal 5 Juni 2021.
Celestino, Martha L. 1999. Electronic Com-Merce. [Hal. Www]. World Trade. Februari, Sumber Dari Http: //Proquest.Umi.Com/Pqdweb?Ts=91793...&Fmt=3&Sid=1&Idx=7& Deli=1&Rqt=309&Dtp=1 (Diakses 2 Februari 1999)
Burgess, Et Al. (2003). Factors Affecting Adoption Of Electronic Commerce Technologies By Smes: An Australian Study, Journal Of Small Business And Enterprise Development, 10 (3).
Schonfeld, Erick. 1999. The Exchange Economy. [Hal. Www]. Fortune, February 15, Vol. 139, Issue 3, P. 67. Sumber Dari Http: //Web2.Searchbank.Com/Infotrac/Session/825/ 788/4966963w5/3!Xrn_2 (Diakses 2 Februari 1999)
Didi Achjari, Potensi Manfaat Dan Problem Di E-Commerce (Universitas Gadjah Mada) Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Indonesia 2000, Vol. 15, No. 3, 388 - 395

Aprilia Dian Evasar, Yudo Bismo Utomo, Dan Diana Ambarwati.2019. Pelatihan Dan Pemanfaatan E-Commercesebagai Media Pemasaran Produk Umkm Di Desa Tales Kecamatan Ngadiluwih, Kabupaten Kediri (Jurnalpengabdian Masyarakat)
Maryama, Siti. 2013. Penerapan E-Commerce Dalam Meningkatkan Daya Saing Usaha. Jurnal Liquidity. Vol. 2. No. 1. Januari-Juni 2013.
Simarta, J. (2006). Pengenalan Teknologi Komputer Dan Informasi. Yogyakarta: Andi Offset.
Leni Gustina, Welia Novita, Yohan Triadi, Pengaruh E-Commerce Terhadap Peningkatan Pendapatan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Kota Padang (Universitas Putra Indonesia “Ypyk” Padang)
Published
2024-05-28
How to Cite
BADRIYAH, Nuril; HASANAH, Mariyatul. PEMANFAATAN E-COMMERCE TERHADAP BISNIS USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DALAM PENJUALAN KERUPUK DI DESA OLEAN. PROSIDING SEMINAR NASIONAL UNARS, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 174-180, may 2024. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/prosidingSDGs/article/view/4457>. Date accessed: 26 nov. 2024.