PERAN ATRIBUT, SALURAN DISTRIBUSI SERTA PROMOSI TERHADAP KINERJA PEMASARAN PADA HOTEL UNS INN

  • Wahyu Lanang Dian Wicaksono Universitas Kristen Satya Wacana
  • Albert Kriestian Universitas Kristen Satya Wacana

Abstract

Pandemi covid-19 pada tahun 2020 lalu telah berpengaruh terhadap banyak sektor bisnis, termasuk penutupan beberapa obyek wisata. Penutupan fasilitas pariwisata akibat pandemi berdampak pada pemasukan usaha di bidang pariwisata khususnya industri perhotelan. Fokus penelitian ini untuk menjelaskan dampak atribut, saluran distribusi serta strategi promosi terhadap aktivitas pemasaran pada industri perhotelan. Metode penelitian yang diterapkan adalah kualitatif yang menggunakan pendekatan studi kasus untuk mengetahui peran atribut, saluran distribusi dan promosi terhadap kinerja pemasaran pada hotel UNS Inn yang berloksi di kota Surakarta. Data penelitian diperoleh melalui wawancara mendalam dengan pihak manajemen (pemasaran dan operasional) yang diperkuat dengan data sekunder dari pihak hotel, berupa data jumlah pengunjung yang merupakan salah satu indikator kinerja pemasaran. hasil penelitian menunjukan bahwa kinerja pemasaran Hotel UNS Inn berdasarkan jumlah konsumen atau pengunjung mengalami peningkatan pasca pandemi covid-19. Peningkatan kinerja pemasaran dari hotel UNS Inn disebabkan oleh keberhasilan pemanfaatkan atribut fisik, yang juga didukung dengan kegiatan promosi serta penerapan salauran distribusi yang tepat.

References

Adiatma, Dani, Deden Firman Syuyaman Rukma, and Ghaida Farisya. 2022. “Pengaruh Promosi Terhadap Tingkat Hunian Kamar Di Favehotel Cimanuk Garut.” Jurnal Industri Pariwisata 5: 68–78.
Ahmad, Nur Farahwati, Mohamad Abdullah Hemdi, and Dayang Nadiah Abang Othman. 2017. “Boutique Hotel Attributes and Guestbehavioural Intentions.” Journal of Tourism, Hospitality & Culinary Arts 9: 257–66.
Amin, Amirudin, and Shania Natasha. 2020. “Analysis of The Influence of Brand Image, Price and Promotion on Purchase Decision of Nestle Pure Life Bottled Water.” Management Studies and Entrepreneurship Journal 1 (2): 188–98.
Destyana, Yolinda, and Roswita Oktavianti. 2021. “Strategi Promosi Jasa Hotel Melalui Media Sosial Pada Era New Normal (Studi Kasus Swissbel Resort Belitung).” PROLOGIA 5: 253–60.
Fatimah, Siti, and Yustina Chrismardan. 2022. “Pengaruh Green Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sephora (Studi Pada Mahasiswi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Trunojoyo Madura).” Jurnal Kajian Ilmu Manajemen 2: 36–43.
Fauzi, Ahmad, Baiatun Nisa, Darmawan Napitupulu, Fitri Abdillah, Candra A A Gde Satia Utama Zonyfar, Rini Nuraini, Dini Purnia, Irma Setyawati, Tiolina Evi, and Maria Permana, Silvester Sumartiningsih. 2022. Metodologi Penelitian. CV. Pena Persada.
Firmansyah, Anang. 2019. PEMASARAN PRODUK DAN MEREK (PLANNING & STRATEGY).
Fitrah, Al Tasya, and Zuhrinal M. Nawawi. 2022. “Peranan Promosi Dan Distribusi Bisnis Tterhadap Peningkatan Penjualan.” Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi Dan Manajemen 2: 1399–1405.
Hanjaya, Stephanie, Michael David Pranata, and Fransisca Andreani. 2019. “Pengaruh Atribut Hotel Butik Terhadap Minat Menginap Kembali Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Perantara Di Surabaya.” Jurnal Manajemen Perhotelan 5: 18–25. https://doi.org/10.9744/jmp.5.1.18–25.
Harini, Sri, Endang Silaningsih, and Marwah Eka Putri. 2022. “Pengaruh Orientasi Pasar, Kreativitas Dan Inovasi Produk Terhadaap Kinerja Pemasaran UMKM.” JURNAL INSPRASI BISNIS & MANAJEMEN 6: 67–82.
Hendyanto, Layla Hafni, Yutiandri Rivai, Dominicus Josephus Swanto.T, and Librina Tria Putri. 2022. “The Effect Of Marketing Mix 7p On Purchase Decisions At Hotel Novotel Pekanbaru.” LUCRUM: Jurnal Bisnis Terapan 2: 306–17.
Katemung, Laila Tri Susanti, Christoffel Kojo, and Farlane S. Rumokoy. 2018. “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Lokasi Terhadap Keputusan Menginap Pada Hotel Genio Manado.” EMBA 6: 978–87.
Kharisma, Made Deny, Putu Diah Sastri Pitanatri, and I Dewa Putu Hendri Pramana. 2020. “Pengaruh Saluran Distribusi Offline Dan Online Travel Agent Dan Implikasinya Terhadap Revenue per Available Room Di the Anvaya Beach Resort Bali.” JURNAL KEPARIWISATAAN DAN HOSPITALITAS 4: 1–8.
Kotler, Philip, and Kevin Keller. 2016. Marketing Management. 15th ed. Pearson.
Saksana, Alexandra Carina, and Sienny Thio. 2019. “Atribut-Atribut Yang Dinilai Penting Oleh Wisatawan Domestik Dan Wisatawan Cina Dalam Memilih Hotel Di Bali.” Jurnal Manajemen Perhotelan 5: 9–17. https://doi.org/10.9744/jmp.5.1.9–17.
Simangunsong, Wasti Samaria. 2022. “Pascapandemi, Industri Perhotelan Belum Sepenuhnya Pulih.” KOMPAS.Com, 2022. https://travel.kompas.com/read/2022/09/28/204527227/pascapandemi-industri-perhotelan-belum-sepenuhnya-pulih?page=all.
Sina, Ibnu, Laela, and Firda Novita Sari. 2018. “Pengaruh Periklanan Dan Fasilitas Terhadap Keputusan Menginap Di Hotel Grand Dafam Bela Ternate (Studi Pada Tamu Yang Menginap Di Hotel).” Jurnal Manajemen Sinergi 5: 1–18.
Published
2023-08-22
How to Cite
WICAKSONO, Wahyu Lanang Dian; KRIESTIAN, Albert. PERAN ATRIBUT, SALURAN DISTRIBUSI SERTA PROMOSI TERHADAP KINERJA PEMASARAN PADA HOTEL UNS INN. PROSIDING SEMINAR NASIONAL UNARS, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 479-488, aug. 2023. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/prosidingSDGs/article/view/3421>. Date accessed: 13 mar. 2025.