PENDAMPINGAN PENINGKATAN LITERASI MEDIA SOSIAL BAGI SISWA MA SABILAL MUHTADIN
Abstract
Dalam beberapa tahun terakhir, remaja telah mengambil peran sentral dalam mengisi platform-platform media sosial. Berdasarkan hasil survei awal yang dilakukan oleh pelaksana kegiatan ini di sekolah mitra, MA Sabilal Muhtadin, banyak siswa yang belum memiliki pemahaman yang cukup bahwa media sosial dapat memberi dampak negative, bahkan berpotensi untuk menjatuhkan mereka ke ranah hukum, jika tidak digunakan dengan baik. Dari sini dapat kita lihat bahwa masalah prioritas mitra adalah kurangnya literasi media sosial tentang bagaimana menggunakan media sosial dengan baik di era digital seperti sekarang ini. Berdasarkan penjabaran tentang permasalahan mitra tersebut, solusi yang ditawarkan oleh tim pelaksana kegiatan ini adalah peningkatan pemahaman siswa MA Sabilal Muhtadin tentang bagaimana menggunakan media sosial dengan baik di era digital. Metode pelaksanaan kegiatan kegiatan ini adalah penguatan karakter yang dikemas dan disisipkan dalam bentuk sosialisasi dan edukasi. Kegiatan ini merupakan program kemitraan masyarakat yang dilaksanakan selama satu bulan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini menghasilkan luaran berupa artikel pada prosiding Webinar Nasional Series 2 (Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi untuk Percepatan Pencapaian Tujuan Pembangunan Nasional Berkelanjutan) yang akan dilaksanakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UNARS pada tanggal 10 Agustus 2023. Selain itu, luaran dari kegiatan ini adalah video kegiatan yang diunggah pada kanal Youtube Fakultas Sastra UNARS
References
Iskandar, D., & Isnaeni, M. (2019). Penggunaan Internet Di Kalangan Remaja Di Jakarta. Communicare : Journal of Communication Studies, 6(1), 57–72. https://doi.org/10.37535/101006120194
Kamilah, F. N., & Lestari, S. B. (2020). Manajemen Privasi pada Pengguna Media Sosial Instagram. Interaksi Online, 9(1), 98–108.
Pamela, F., Siajaha, C., Wijaya, V., Melisa, G., Chandra, M., & Rayini Dahesihsari. (2016). Pemakaian media sosial dan self concept pada remaja. Jurnal Ilmiah Psikologi Manasa, 5(1), 30–41.
Perdana, A. P., & Yusuf, W. (2020). UU ITE tentang Efek Media Sosial terhadap Generasi Milenial. Journal Balitbangda Lampung, 8(3), 297–308. http://jurnalperspektif.org/index.php
Pienrasmi, H. (2015). Pemanfaatan Social Media Oleh Praktisi Public Relations Di Yogyakarta. Jurnal Komunikasi, 9(2), 199–210. https://doi.org/10.20885/komunikasi.vol9.iss2.art6
Qadri, M. (2020). Pengaruh Media Sosial Dalam Membangun Opini Publik. Qaumiyyah: Jurnal Hukum Tata Negara, 1(1), 49–63. https://doi.org/10.24239/qaumiyyah.v1i1.4
Reni, S., & Suhendar. (2022). Bijak Menggunakan Media Sosial,Agar Tidak Terjerat Sansi Hukum Pidana UU ITE. Abdi Laksana, 3(1), 162–182.
Setiadi, A. (2016). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL UNTU K EFEKTIFITAS KOMUNIKASI. Cakrawala, 6(2), 1–7. https://doi.org/10.52738/pjk.v2i1.102
Sudrajat, A. (2020). Apakah Media Sosial Buruk untuk Kesehatan Mental dan Kesejahteraan? Kajian Perspektif Remaja Adi. Jurnal Tinta, 2(1), 41–52.
Sugandini, D., Irhas, M., Yuni, E., Rahajeng, I., Esti, A., & Rahmawati, D. (2019). Pemasaran Digital : Adopsi Media Sosial Pada Ukm (Issue November). Zahir Publishing 2019.
Tandoc, E. C., Yee, A. Z. H., Ong, J., Lee, J. C. B., Xu, D., Han, Z., Matthew, C. C. H., Ng, J. S. H. Y., Lim, C. M., Cheng, L. R. J., & Cayabyab, M. Y. (2021). Developing a Perceived Social Media Literacy Scale: Evidence from Singapore. International Journal of Communication, 15(June), 2484–2505.
Wiridjati, W., & Roesman, R. R. (2018). Fenomena Penggunaan Media Sosial Dan Pengaruh Teman Sebaya Pada Generasi Milenial Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen Dan Pemasaran Jasa, 11(2), 275–290. https://doi.org/10.25105/jmpj.v11i2.2950