TRAINING PENINGKATAN KOMPETENSI DAN OPTIMALISASI PENERAPAN BUDAYA BELAJAR DAN BEKERJA ERGONOMIS BAGI WNI DI WILAYAH LADANG SAWIT MALAYSIA

  • Widiyanti Widiyanti Universitas Negeri Malang
  • Riana Nurmalasari Universitas Negeri Malang
  • Nonny Aji Sunaryo Universitas Negeri Malang
  • Viola Malta Ramadhani Universitas Negeri Malang
  • Tiara Estu Amanada Politeknik Negeri Malang

Abstract

Adapun potensi resiko bahaya bagi pekerjaan WNI sebagai buruh ladang sawit di Malaysia salah satunya terkait faktor ergonomi. Realitanya, masih banyak siswa yang juga merangkap sebagai buruh ladang belum sepenuhnya peduli dengan pentingnya penerapan sikap ergonomis dalam bekerja maupun selama belajar di sekolah. Salah satu alasannya yaitu masih kurangnya pemahaman dan kepedulian siswa maupun guru tentang perilaku ergonomis. Salah satu upaya untuk meningkatkan pemahaman WNI terkait ergonomi di wilayah ladang sawit Malaysia yaitu dengan memberikan training peningkatan kompetensi dan optimalisasi penerapan budaya belajar dan bekerja ergonomis bagi siswa serta guru WNI melalui Community Learning Centre yang terdapat di wilayah pedalaman ladang sawit Malaysia. Berdasarkan kegiatan pengabdian yang telah dilaksanakan diperoleh data secara kuantitatif terkait pemahaman secara umum oleh WNI di wilayah ladang sawit Malaysia tentang budaya belajar dan bekerja secara ergonomis. Pemahaman ergonomi secara umum mengalami peningkatan 27%, pemahaman terkait dampak kesehatan tanpa menerapkan sikap ergonomis mengalami peningkatan 30%, pemahaman sikap belajar ergonomis meningkat 27%, pemahaman sikap bekerja ergonomis meningkat 28%, serta pemahaman terkait peralatan penunjang ergonomi meningkat 26%. Secara keseluruhan pemahaman WNI mengalami peningkatan sebesar 27,6% setelah dilakukan training peningkatan kompetensi dan pendampingan implementasi budaya belajar maupun bekerja secara ergonomis.

References

Basuki, B., & Nurmalasasi, R. (2020). Peningkatan Keterampilan Mengolah Data Melalui Pelatihan Penggunaan Teknologi Informasi Bagi Perangkat Desa. Jurnal Pengabdian, Pendidikan Dan Teknologi, 1(2), 81–89.

I Made Sutajaya, P. W. M. (2016). Ergonomi Dalam Pembelajaran Menunjang Profesionalisme Guru di Era Global. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(1), 82. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i1.8933

Nafiah, A., Sutadji, E., & Nurmalasari, R. (2021). Pembinaan Keterampilan Untuk Meningkatkan Sdm Warga Binaan Lapas Kelas 1 Malang. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 2, SNPPM2021P-139.

Oktaviastuti, B., Nurmalasari, R., & Damayanti, F. (n.d.). Urgensi Technical Skill Bagi Tenaga Kerja Konstruksi Dalam Era Industri 4.0.

Sutadji, E., Nurmalasari, R., Nafiah, A., & Oktaviastuti, B. (2020). Peningkatan kualitas SDM Guru SMK dalam penerapan budaya belajar Ergonomis pada masa pandemic COVID-19. Al Tijarah, 6(3), 130–134.

Szeto, G. P. Y., & Lam, P. (2007). Work-related Musculoskeletal Disorders in Urban Bus Drivers of Hong Kong. Journal of Occupational Rehabilitation, 17(2), 181–198. https://doi.org/10.1007/s10926-007-9070-7

Yoto, Y., Kustono, D., Marsono, M., & Nurmalasari, R. (2020). Mencegah Kecelakaan Kerja Melalui Peningkatkan Kompetensi Manajemen Bengkel/Laboratorium Pendidikan bagi Guru SMK di Wilayah Kabupaten Trenggalek. Jurnal KARINOV, 3(3), 189–194.
Published
2023-08-22
How to Cite
WIDIYANTI, Widiyanti et al. TRAINING PENINGKATAN KOMPETENSI DAN OPTIMALISASI PENERAPAN BUDAYA BELAJAR DAN BEKERJA ERGONOMIS BAGI WNI DI WILAYAH LADANG SAWIT MALAYSIA. PROSIDING SEMINAR NASIONAL UNARS, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 127-133, aug. 2023. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/prosidingSDGs/article/view/3413>. Date accessed: 26 nov. 2024.