PELATIHAN DIGITAL KREATIF DALAM PENGEMBANGAN DAYA TARIK PROMOSI PRODUK UMKM DI SMK NEGERI 1 PANJI KABUPATEN SITUBONDO

  • Riza Rachman Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Dian Widiarti Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Ardhya Yudistira Adi Nanggala Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Imroni Wahdi Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Micho Rio Prasetyo Universitas Abdurachman Saleh Situbondo

Abstract

Perkembangan teknologi informasi saat ini sebanding dengan pesatnya perkembangan internet di Indonesia. Hal ini tentu berpengaruh pula pada perkembangan dunia bisnis. Pesatnya pengguna internet dari tahun ke tahun, terutama pengguna facebook, instagram dan tiktok serta media sosial lainnya merupakan peluang yang tepat bagi pebisnis untuk memanfaatkan teknologi internet untuk kemajuan bisnisnya, baik untuk promosi perusahaan, pemasaran produk, maupun untuk penjualan produknya secara online. Tidak hanya memanfaatkan media sosial saja tetapi pebisnis harus meningkatkan brand image produknya untuk mempengaruhi minat beli masyarakat karena pada saat ini cukup sulit untuk menemukan brand dari suatu produk yang tidak memiliki kompetitor. Banyak hal yang bisa dilakukan pebisnis untuk meningkatkan brand image nya salah satunya adalah dengan memanfaatkan digital kreatif untuk meningkatkan promosi produknya. Hal ini tentunya bisa diterapkan di semua skala bisnis termasuk juga UMKM. SMK Negeri 1 Panji merupakan sekolah  kejuruan unggulan yang berkualitas, mandiri, dan terdepan di Kabupaten Situbondo. Sejak didirikan, SMK Negeri 1 Panji telah menghasilkan banyak alumni yang sukses di berbagai bidang, tidak hanya itu banyak prestasi mengesankan yang telah ditorehkan.Tentunya capaian ini tak lepas dari kualitas pendidikan yang baik yang diusung oleh SMK Negeri 1 Panji. Adanya pengabdian kepada masyarakat melalui pelatihan digital kreatif kepada siswa tentunya diharapkan dapat menambah wawasan dan kemampuan siswa terhadap digital dan on line marketing. Sehingga dapat berimplikasi terhadap semakin baiknya kualitas lulusan dan tentunya skill yang didapatkan bermanfaat dalam pengembangan karier di dunia kerja maupun dalam berwirausaha.

References

Andy Prasetyo Wati, Jefry Aulia Martha, Aniek Indrawati. (2020). Digital Marketing. Edulitera (Anggota IKAPI – No. 211/JTI/2019) Imprint PT. Literindo Berkah Karya

Jefkins, Frank, 1997, Periklanan. Erlangga, Jakarta.

Purwati, Y., & Perdanawanti, L. (2019). Pelatihan Desain Menggunakan Aplikasi Canva Untuk Anggota Komunitas Ibu Profesional Banyumas Raya. Jurnal Pengabdian Mitra Masyarakat (JPMM), 1(1), 42–51.

Setyorini, Agustino, H., Hidayatullah, S., & Rachmawati, I. K. (2022). Pelatihan Komputer Desain Canva Bagi Anak Remaja Di Desa Mojosari Kepanjen Malang. E-Amal Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 793–798

Saman, A., Umar, N. F., Bakhtiar, M. I., & Harum, A. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Canva untuk membuat Media Bimbingan dan Konseling Bagi MGBK Kabupaten Gowa. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 270–276
Published
2023-08-22
How to Cite
RACHMAN, Riza et al. PELATIHAN DIGITAL KREATIF DALAM PENGEMBANGAN DAYA TARIK PROMOSI PRODUK UMKM DI SMK NEGERI 1 PANJI KABUPATEN SITUBONDO. PROSIDING SEMINAR NASIONAL UNARS, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 117-126, aug. 2023. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/prosidingSDGs/article/view/3412>. Date accessed: 26 nov. 2024.