MENINGKATKAN DAYA SAING MELALUI PELATIHAN KOMUNIKASI PERSUASIF BAGI PENGRAJIN BATIK TIN GUNDIH SURABAYA

  • Dian Ekowati Universitas Airlangga
  • Yetty Dwi Lestari Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Tri Siwi Agustina Universitas Abdurachman Saleh Situbondo

Abstract

Batik Tin Gundih Surabaya diproduksi oleh sekumpulan warga RW 04 Jl, Sumber Mulyo, Kecamatan Bubutan, Surabaya. Batik tulis yang memiliki ke-khas-an memasukkan unsur buah Tin dalam setiap corak batiknya telah berdiri sejak akhir tahun 2021. Sebagai pemain baru dalam percaturan bisnis batik tulis, UMKM Batik Tin Gundih menemui kelemahan dalam hal  keterampilan berkomunikasi dengan para stakeholder seperti calon pelanggan,  pemerintah kota dan masyarakat umum. Tentunya hal ini menjadi kendala dalam meningkatkan daya saing usaha. Berdasarkan hal tersebut, tim pengabdian masyarakat dari Program Studi S1 Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga memberikan pelatihan komunikasi yang persuasif bagi mitra sasaran, yakni 15 pembatik Batik Tin Gundih Surabaya. Edukasi dilakukan pada tanggal Juli 2023 bertempat di Balai RT 05 RW 04 Jl. Sumber Mulyo, Surabaya dengan metode ceramah, role play dan praktika. Tim pengabdian masyarakat yang terdiri dari tim pengusul, narasumber dan panitia pelaksana melibatkan unsur dosen dan mahasiswa departemen Manajemen FEB Universitas Airlangga. Kegiatan pengabdian masyarakat ini mendapatkan hasil peningkatan pengetahuan dan keterampilan akan keterampilan berkomunikasi yang persuasif dari para mitra.

References

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik serta Statistik Dinas Komunikasi dan Informatika Kota. (2022). GUNDIH SURABAYA DIRESMIKAN SEBAGAI KAMPUNG CERIA DAN BATIK TIN. Surabaya.Go.Id. https://www.surabaya.go.id/id/berita/67631/gundih-surabaya-diresmikan-s

Nisa, F. L., Utami, N. T., & Marseto. (2022). Pengembangan Wisata Berkelanjutan Kampung Batik Tin berbasis Pemberdayaan Masyarakat Wilayah Kelurahan Gundih Kota Surabaya. KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 59–64.

Safitri, D., Romli, N. A., & Siregar, D. (2022). Pelatihan Komunikasi Persuasif Dalam Menarik Minat Konsumen Pada Komunitas Wirausaha Perempuan. ETHOS: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 10(1), 77–84. https://doi.org/10.29313/ethos.v10i1.7976

Suparyanto dan Rosad (2015. (2020). KOMUNIKASI PERSUASIF UMKM SAAT MENAWARKAN PRODUK KERUPUK DALAM MENIMBULKAN PERILAKU MEMBELI KHALAYAK DI MASA PANDEMI (Studi Komunikasi Persuasif UMKM Saat Menawarkan Produk Kerupuk Kepada Pemilik Warung Makan Di Wilayah Jebres Surakarta). Suparyanto Dan Rosad, 5(3), 248–253.

V.K.M. Putri. (2022). Komunikasi Persuasif: Pengertian serta Tujuannya. Kompas.Com. https://www.kompas.com/skola/read/2022/02/15/090000569/komunikasi-persuasif--pengertian-serta
Published
2023-08-22
How to Cite
EKOWATI, Dian; LESTARI, Yetty Dwi; AGUSTINA, Tri Siwi. MENINGKATKAN DAYA SAING MELALUI PELATIHAN KOMUNIKASI PERSUASIF BAGI PENGRAJIN BATIK TIN GUNDIH SURABAYA. PROSIDING SEMINAR NASIONAL UNARS, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 107-116, aug. 2023. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/prosidingSDGs/article/view/3409>. Date accessed: 26 nov. 2024.