PELATIHAN PENGOLAHAN SAMPAH ORGANIK DENGAN KEGIATAN ECO ENZYME PADA GURU PAUD DI GUGUS 1 KECAMATAN SAWAHAN
Abstract
Aktivitas manusia tidak terlepas dari kegiatan yang menghasikan lembah atau sampah baik limbah organik maupun non organik. Sekolah merupakan salah satu penyumbang sampah besar. Pengolahan sampah di TK Sidomulyo dan TK Kanung sama-sama dibakar. Pembakaran sampah tidak dianjurkan karena dapat menganggu Kesehatan. Memanfaatkan limbah atau sampah organik jenis kulit buah-buahan dan sayuran dapat diolah menjadi Eco-enzyme. Tujuan pelatihan ini adalah untuk memberikan pengetahuan kepada lembaga PAUD dalam pengolahan sampah organic melalui Eco-enzym. Metode pelaksanaan menggunakan metode pelatihan dengan memberikan teori dan dilanjutkan dengan praktek simulasi. Peserta pelatihan ini adalah lembaga PAUD di Gugus 1 Kecamatan Sawahan dengan jumlah peserta 20 orang. Hasil kegiatan ini memberikan dampak positif terhadap peserta mengenai pengolahan sampah yang ddapat dimanfaatkan melalui kegiatan eco-enzym. Peserta merasa tertarik dengan pelatihan, merasa puas dan mendapatkan pengetahuan nyata sebagai manfaat diadakannya kegiatan pelatihan pengolahan sampah ini.
References
Anwar, R. N., & Alfina, A. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia Di TK IT Nur Al Izhar Kebonsari (Studi Kasus Pengembangan Guru). Thufuli: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, I(2), 1–12.
Anwar, R. N., & Umar, M. (2021). Motivasi Guru Dalam Bekerja Perspektif Islam. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian, Dan Pengembangan Kependidikan, 12(2), 296–302.
Artanayasa, I. W., & Happy, I. K. (2021). Pengolahan Sampah Organik Berbasis Eco Enzyme Lingkungan Pemuda Di Kabupaten Buleleng. Proceeding Senadimas Undiksha, 2065–2073.
Dewi, D. M. (2021). Pelatihan Pembuatan Eco Enzyme Bersama Komunitas Eco Enzyme Lambung Mangkurat Kalimantan Selatan. Jurnal Pengabdian ILUNG (Inovasi Lahan Basah Unggul), 1(1), 67. https://doi.org/10.20527/ilung.v1i1.3560
Knoblauch, C. (2022). Combining and Balancing Project-Based and Blended Learning in Education. International Journal of Advanced Corporate Learning (IJAC), 15(1), 35–44. https://doi.org/10.3991/ijac.v15i1.27135
Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat. (2022). Ditjen PSLB3 KLHK Didesak Miliki Langkah Terukur Tangani Volume Sampah. Dpr.Go.Id. https://www.dpr.go.id/berita/detail/id/40924/t/Ditjen+PSLB3+KLHK+Didesak+Miliki+Langkah+Terukur+Tangani+Volume+Sampah
kompas.id. (2023). Kurangi Beban TPA, Pengelolaan Sampah dari Hulu Mesti Ditingkatkan. Https://Www.Kompas.Id/. https://www.kompas.id/baca/humaniora/2023/02/01/kurangi-beban-tpa-pengelolaan-sampah-dari-hulu-mesti-ditingkatkan
Lizunkov, V., Politsinskaya, E., & Gazin, K. (2020). The architecture of project-based learning in the supplementary vocational education system in a higher education. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 15(4), 227–234. https://doi.org/10.3991/ijet.v15i04.11694.
Martini, M., & Windarto, W. (2020). Pemberdayaan Sekolah Dalam Pengelolaan Sampah Sebagai Bahan Pembelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup (Plh). Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR), 3, 1210–1215. https://doi.org/10.37695/pkmcsr.v3i0.995.
Prasetio, V. M., Ristiawati, T., & Philiyanti, F. (2021). Manfaat Eco-Enzyme pada Lingkungan Hidup serta Workshop Pembuatan Eco-Enzyme. Darmacitya : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 21–29. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/darmacitya/article/view/24071
Wahyudi, J. (2019). Emisi Gas Rumah Kaca (GRK) Dari Pembakaran Terbuka Sampah Rumah Tangga Menggunakan Model IPCC. Jurnal Litbang: Media Informasi Penelitian, Pengembangan Dan IPTEK, 15(1), 65–76. https://doi.org/10.33658/jl.v15i1.132.