PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PROMOSI BAGI KEPUASAN NASABAH PT. PEGADAIAN CABANG GUNUNG SAHARI
Abstract
Penelitian dilakukan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, promosi nasabah dan kepuasaan nasabah. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan jumlah sampel 96 responden merupakan nasabah Cabang Pegadaian Gunung Sahari. Jenis sampel menggunakan data primer diperoleh dari hasil kuesioner. Analisis data menggunakan analisis regression linier menggunakan Smart PLS versi 4.0. Hasil Penelitian menunjukan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah. Variabel promosi berpengaruh terhadap variabel kepuasan nasabah. Hasil perhitungan dengan analisis regresi linier berganda diketahui bahwa variabel promosi menunjukkan nilai koefisien regresi positif, yang artinya terdapat pengaruh positif atau hubungan searah dari variabel-variabel tersebut. Evaluasi Kepuasan Nasabah Perum Pegadaian Cabang Gunung Sahari menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan Berdasarkan perhitungan tingkat kepentingan dapat diketahui bahwa konsumen memiliki tingkat kepentingan yang sangat tinggi terhadap kualitas pelayanan dari Perum Pegadaian Cabang Gunung Sahari.
References
AGUSTINA, F. I. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Warung-Warung Pecel Di Blitar. Solid, 8(2), 41. https://doi.org/10.35200/solid.v8i2.165
Akdp, D. S. (2022). Pengaruh kualitas pelayanan harga tiket lokasi terhadap loyalitas pelanggan yang dimesdiasi kepuasan pelanggan transportasi darat perum damri segmen akdp. 6(November), 87–95.
Ali, D., Alam, M., & Bilal, H. (2021). The Influence of Service Quality, Price and Environment on Customer Loyalty in the Restaurant’s Industry: The Mediating Role of Customer Satisfaction. Journal of Accounting and Finance in Emerging Economies, 7(1), 143–154. www.publishing.globalcsrc.org/jafee
Anggraini. (2019). KEPUASAN PELANGAN PADA PT . HASJRAT ABADI RANOTANA ANALYSIS OF THE EFFECT OF SERVICE QUALITY , PRICE AND LOCATION ON CUSTOMER SATISFACTIONIN PT . HASJRAT ABADI RANOTANA Jurnal EMBA Vol . 7 No . 3 Juli 2019 , Hal . 3959- 3968. 7(3), 3959–3968.
Barus, Y. Y., Sinaga, R. V., & Sagala, R. (2020). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (Studi Kasus Pada Milala Service Station Medan). Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 20, 141–150. https://doi.org/10.54367/jmb.v20i1.694
Chaerudin, S. M., & Syafarudin, A. (2021). The Effect Of Product Quality, Service Quality, Price On Product Purchasing Decisions On Consumer Satisfaction. Ilomata International Journal of Tax and Accounting, 2(1), 61–70. https://doi.org/10.52728/ijtc.v2i1.202
Di, K., Boyolali, P., Sutanto, P., & Santoso, S. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan , Harga Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Indonesian Economics Business and Management Research. 1(1), 37–41.
Dr. Lela Nurlaela Wati, S.E., M. . (2021). Metodologi Penelitian. Mujahid Press.
Faiz Hanifudin1) Tsalis Syaifuddin S.Pd, MSi.2), Leonardo Budi Hasiholan, SE, M. . 3). (2017). Analisis Kualitas Pelayanan, Harga Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Rumah Makan Ayam Geprek Djogjakarto. Jurnal of Management, 3(3), 15.
Indah, D.R, Nurlina, M. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan , Harga dan Lokasi terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Pengiriman Barang PT . Citra Van Titipan Kilat Kota Langsa. Jurnal Samudra Ekonomika, 3(1), 1–8.
Lie, D., Sudirman, A., Efendi, E., & Butarbutar, M. (2019). Analysis of mediation effect of consumer satisfaction on the effect of service quality, price and consumer trust on consumer loyalty. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(8), 421–428.
Novia, M. A., Semmaila, B., & Imaduddin, I. (2020). Pengaruh kualitas Layanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan. Tata Kelola, 7(2), 201–212. https://doi.org/10.52103/tatakelola.v7i2.174
Perdana, F. I., & Hidayat, I. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Lokasi Terhadap Keputusan Pengunaan Jasa PT, Pos Indonesia Surabaya. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 8(7), 1–18.
Rahman, M., & Widayati, R. (2019). Aktivitas Pemasaran Produk Tabungan Pada Pt. Bpr Rangkiang Denai Payakumbuh Barat. Osfpreprints, 1–10.
Risnawati, H., Sumarga, H. E., & Purwanto, S. (2019). the Effect of Service Quality Prices and Location of Companies To Customer Satisfaction Implications on Customer Loyalty. International Review of Management and Marketing, 9(6), 38–43. https://doi.org/10.32479/irmm.8736
Sofyan, C., Sepang, J. L., & Loindong, S. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Wht’S Up Café Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(3), 4230–4240.