@article{prosiding, author = {Fendo Trianto}, title = { PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PROMOSI BAGI KEPUASAN NASABAH PT. PEGADAIAN CABANG GUNUNG SAHARI}, journal = {PROSIDING SEMINAR NASIONAL UNARS}, volume = {2}, number = {1}, year = {2023}, keywords = {}, abstract = {Penelitian dilakukan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, promosi nasabah dan kepuasaan nasabah. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan jumlah sampel 96 responden merupakan nasabah Cabang Pegadaian Gunung Sahari. Jenis sampel menggunakan data primer diperoleh dari hasil kuesioner. Analisis data menggunakan analisis regression linier menggunakan Smart PLS versi 4.0. Hasil Penelitian menunjukan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah. Variabel promosi berpengaruh terhadap variabel kepuasan nasabah. Hasil perhitungan dengan analisis regresi linier berganda diketahui bahwa variabel promosi menunjukkan nilai koefisien regresi positif, yang artinya terdapat pengaruh positif atau hubungan searah dari variabel-variabel tersebut. Evaluasi Kepuasan Nasabah Perum Pegadaian Cabang Gunung Sahari menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan Berdasarkan perhitungan tingkat kepentingan dapat diketahui bahwa konsumen memiliki tingkat kepentingan yang sangat tinggi terhadap kualitas pelayanan dari Perum Pegadaian Cabang Gunung Sahari.}, pages = {129--136}, url = {https://unars.ac.id/ojs/index.php/prosidingSDGs/article/view/3332} }