PENGARUH KEUNGGULAN BERSAING SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA HUBUNGAN DIGITAL MARKETING DAN KINERJA PEMASARAN UMKM

  • Berti Yuliana Sekardwiwangi Fakultas Ekonomi, Universitas Semarang
  • Maria Augustine Graciafernandy Fakultas Ekonomi, Universitas Semarang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh keunggulan bersaing sebagai variabel mediasi pada hubungan digital marketing dan kinerja pemasaran (studi kasus pada UMKM kuliner di Kota Semarang). Populasi dalam penelitian ini adalah pemilik UMKM kuliner di Kota Semarang. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 96 responden. Dalam penelitian ini menggunakan teknik non probality sampling, kemudian metode pengumpulan data melalui kuesioner dan analisis data menggunakan SPSS versi 26 yang meliputi analisa deskriptif, uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, uji signifikansi menggunakan uji t, uji R2, dan sobel test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel bebas yaitu digital marketing (X) berpengaruh terhadap kinerja pemasaran (Y), digital marketing (X) berpengaruh terhadap keunggulan bersaing (M), keunggulan bersaing (M) berpengaruh terhadap kinerja pemasaran (Y).

References

Arbawa, D.L. and Wardoyo, P. (2018) ‘Keunggulan Bersaing : Berpengaruh Terhadap Kinerja Pemasaran (Studi Pada Umkm Makanan Dan Minuman Di Kabupaten Kendal)’, Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis, 11 (1), p. 56. doi:10.26623/jreb.v11i1.1077.
Arbawa & Wardoyo. (2020). Keunggulan Bersaing : Berpengaruh terhadap Kinerja Pemasaran (Studi pada UMKM Makanan dan Minuman di Kabupaten Kendal)”. Jurnal Program Studi Magister Manajemen. Universitas Semarang.
Augustinah, F. and Widayati (2019) ‘Produk-Produk Yang Ditawarkan’, Jurnal Dialektika, 4(2), pp. 1–20.
Bappenas (2016) ‘Penguatan UMKM untuk Perumbuhan Ekonomi yang Berkualitas’, Warta KUMKM, pp. 1–36.
Chaffey, Dave, and PR Smith. 2017. Digital Marketing Excellence. London: Routledge.
Dalimunthe, M.B. (2017) ‘Keunggulan Bersaing Melalui Orientasi Pasar dan Inovasi produk’, Jurnal Konsep Bisnis dan Manajemen, 3(1), pp. 18–31.
Darmanto, dkk. 2015. Bauran Orientasi Strategi dan Kinerja Organisasi Penerapan Variabel Anteseden, Moderasi dan Mediasi Dalam Penelitian Ilmiah. Yogyakarta: Deepublish.
Djodjobo dan Tawas. 2017. “Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk dan Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Pemasaran Usaha Nasi Kuning di Kota Manado”. Jurnal ISSN 2303-1174.
Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.
Gilang Prasidyjati (2014:12). Pengaruh Keunggulan Bersaing Melalui Kinerja Bisnis. SKIPSI Unuversitas Diponerogo Semarang. Grafika 2009.
Hendrayati, H., & Gaffar, V. (2016). Innovation and Marketing Performance of Womenpreneur in Fashion Industry in Indonesia. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 219, 302.
Heppy Agustiana. (2021). Implementasi Digital Marketing Dan Keunggulan Bersaing Untuk Mendukung Keberhasilan Umkm Di Kota Bandung. JRAK (Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis), 6(2), 89-99.
Hudha, N., Rahadhini, M.D. and Sarwono, A.E. (2022) ‘Keunggulan Bersaing Sebagai Mediator Antara Digital Marketing dan Kinerja Pemasaran (Survei Pada UKM Tenun Lurik di Desa Mlese, Cawas, Klaten)’, BALANCE: Economic, Business, Management and Accounting Journal, 19(1), p. 70. doi:10.30651/blc.v19i1.11516.
Kadir, Abdul. Pengenalanan Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi, 2014.
Kotler, P., & Kartajaya, H., (2017). Marketing 4.0: Moving from Traditional to Digital. New Jersey: John Wiley & Sons.
Kotler, P dan Amstrong. 2018. Prinsip-prinsip Marketing Edisi Ke Tujuh. Penerbit Salemba Empat. Jakarta.
Kotler. (2019). Marketing 4.0: bergerak dari tradisional ke digital. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Liesander, I. and Dharmayanti, D. (2017) ‘Pengaruh Digital Marketing Terhadap Organizational Performance dengan Intellectual Capital dan Perceived Quality Sebagai Variabel Intervening pada …’, Jurnal Strategi Pemasaran, pp. 1–13.
Lubis, Z.N., Rifin, A. and Tinaprilla, N. (2019) ‘Pengaruh Keanggotan Koperasi Dan Karakteristik Pengusaha Tempe Terhadap Kinerja Keuntungan Usaha Tempe Di Indonesia’, Jurnal Agribisnis Indonesia, 7(1), pp. 63–78. doi:10.29244/jai.2019.7.1.63.
Manuntun Pakpahan,SE.,MM (2016). Manajemen Pemasaran, dalam kompetisi global. Medan: Cipta Rancana Media Pakpahan.
Marbun, D.S.N. and Simanjuntak, M. (2021) ‘Pengaruh Digital Marketing terhadap Peningkatan Kinerja Pemasaran UMKM Pariwisata di Kabupaten Toba Indonesia’, Prosiding Seminar Nasional Ekonomi dan Bisnis, 1(2020), pp. 130–142. doi:10.33479/sneb.v1i.125.
Mulyani, I.T. and Mudiantono (2015) ‘Orientasi Pasar dan Orientasi Kewirausahaan dengan Inovasi sebagai Variabel Intervening ( Studi Empiris pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah Kota Semarang )’, Journal of Management, 4(3), pp. 1–12.
Naninsih, N. (2022) ‘Pengaruh Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Pemasaran Melalui Digital Marketing’, Journal of Management, 5(2), pp. 479–490. doi:10.2568/yum.v5i2.2672.
Nurdiyanto, A.D. and Purnomo, M. (2021) ‘Studi Keunggulan Bersaing Sebagai Variabel Intervening Pada Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Pemasaran’, Jurnal Ekonomi dan Bisnis STIE Anindyaguna, 3(1), pp. 137–145.
Nurhayati, P. (2020) ‘Analisis Pengaruh E-Marketing terhadap Competitive Advantage Melalui Kinerja Marketing’, Owner, 4(1), p. 58. doi:10.33395/owner.v4i1.218.
Padli (2022) ‘Pengaruh Digital Marketing Terhadap Keunggulan Bersaing Dan Kinerja Usaha Mikro’, Hipotesa, (2), pp. 21–35.
Palwaguna, I Komang Eddy Jaya and Yasa, N.N.K. (2021) ‘Keunggulan Bersaing Memediasi Pengaruh Orientasi Pasar’, E-Jurnal Manajemen Unud, 10(12), pp. 1347–1366.
Pradiani, T. (2018) ‘Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan’, Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi Asia, 11(2), pp. 46–53. doi:10.32812/jibeka.v11i2.45.
Pradisti, L., Suparno, C. and Suwandari, L. (2022) ‘Meningkatkan Kinerja Pemasaran Melalui Digital Content Marketing Dan Transformasi Digital Pada Umkm Makanan Di Banyumas’, Bisnis dan Akuntansi (JEBA), 24(4), pp. 75–84.
Prayoga, R. W., & Fadjar, N. S. (2021). Determinan Berwirausaha Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, Volume 10(1), hlm. 2.
Potolau, M.J.. and Safriansyah, S. (2022) ‘Peningkatkan kinerja pemasaran umkm melalui orientasi inovasi dan orintasi kewirausahaan’, Kinerja, 18(4), pp. 614–620. doi:10.30872/jkin.v18i4.10367.
Puspitasari, R. H. (2015). Orientasi Pasar dan Inovasi Produk sebagai Strategi Untuk Meningkatkan Kinerja Pemasaran Perusahaan Mebel Jepara. Prosiding Seminar Nasional Kebangkitan Teknologi , 135-148.
Rasyidi, M. F., & Sudjatno. (2016). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan terhadap Kinerja Pemasaran Melalui Keunggulan Bersaing Sebagai Variabel Mediasi. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 4–5.
Ratnawati, A., & Lestari, A. A. (2018). Peran Brand Trust Dalam Memediasi Brand Experience, Brand Personality Dan Brand Community Terhadap Brand Loyalty. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 19(2), 185.
Riadi, Muchlisin. (2022). Keunggulan Bersaing (Competitive Advantage). Diakses pada 8/7/2023.
Sofyan, S. (2017) ‘Peran UMKM dalam Perekonomian Indonesia’, Jurnal Bilancia, 11(1), pp. 33–59.
Salqaura, S.A., Sipayung, R.C. and Salqaura, S.S. (2021) ‘E-Marketing dan Keunggulan Kompetitif terhadap Kinerja Pemasaran dengan Online Review sebagai Variabel Moderating’, Jkbm (Jurnal Konsep Bisnis Dan Manajemen), 8(1), pp. 26–36. doi:10.31289/jkbm.v8i1.5449.
Sidi, A.P. and Yogatama, A.N. (2019) ‘Mediasi Intellectual Capital atas Pengaruh Digital Marketing Terhadap Kinerja Pemasaran’, Iqtishoduna, 15(2), pp. 129–152. doi:10.18860/iq.v15i2.7592.
Simanjuntak, M., & Sukresna, I. M. (2020). Peningkatan Kinerja Pemasaran Digital Melalui Technology Acceptance Model. Prosiding The 11th Industrial Research Workshop and National Seminar, 11(1).
Siti Hajar, I.P.G.S. (2016) ‘252791-Peran-Keunggulan-Bersaing-Memediasi-Peng-4a649D9F’, 5(10), pp. 6580–6609.
Sopiyan, P. (2022). Pengaruh Digital Marketing dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 13(2), 249–258.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Sugiyono, 2020. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Tjiptono, Fandy. (2014). Pemasaran Jasa. Yogyakarta : Andi.
Wati, A. P., Martha, J. A., & Indrawati, A. (2020). Peningkatan Keterampilan Pemasaran Melalui Pelatihan Whatsapp Business Pada UMKM. Dedication : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 137–148.
Published
2023-08-15
How to Cite
SEKARDWIWANGI, Berti Yuliana; GRACIAFERNANDY, Maria Augustine. PENGARUH KEUNGGULAN BERSAING SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA HUBUNGAN DIGITAL MARKETING DAN KINERJA PEMASARAN UMKM. PROSIDING SEMINAR NASIONAL UNARS, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 79-89, aug. 2023. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/prosidingSDGs/article/view/3285>. Date accessed: 03 jan. 2025.