@article{prosiding, author = {Berti Sekardwiwangi and Maria Graciafernandy}, title = { PENGARUH KEUNGGULAN BERSAING SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA HUBUNGAN DIGITAL MARKETING DAN KINERJA PEMASARAN UMKM}, journal = {PROSIDING SEMINAR NASIONAL UNARS}, volume = {2}, number = {1}, year = {2023}, keywords = {}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh keunggulan bersaing sebagai variabel mediasi pada hubungan digital marketing dan kinerja pemasaran (studi kasus pada UMKM kuliner di Kota Semarang). Populasi dalam penelitian ini adalah pemilik UMKM kuliner di Kota Semarang. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 96 responden. Dalam penelitian ini menggunakan teknik non probality sampling, kemudian metode pengumpulan data melalui kuesioner dan analisis data menggunakan SPSS versi 26 yang meliputi analisa deskriptif, uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, uji signifikansi menggunakan uji t, uji R2, dan sobel test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel bebas yaitu digital marketing (X) berpengaruh terhadap kinerja pemasaran (Y), digital marketing (X) berpengaruh terhadap keunggulan bersaing (M), keunggulan bersaing (M) berpengaruh terhadap kinerja pemasaran (Y).}, pages = {79--89}, url = {https://unars.ac.id/ojs/index.php/prosidingSDGs/article/view/3285} }