PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP MANAJEMEN LABA DENGAN PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Empiris pada Perusahaan Food and Beverage yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2020)
Abstract
Ukuran perusahaan merupakan salah satu atribut utama yang menentukan tanggung jawab sosial perusahaan yang diyakini dapat meningkatkan reputasi yang baik bagi perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menguji pengaruh Ukuran Perusahaan terhadap Manajemen Laba melalui Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR). Penelitian ini merupakan penelitian kausalitas. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2016-2020. Teknik pengambilan sampel ditentukan secara purposive sampling. Analisis data dan pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan Model Persamaan Struktural - Partial Least Square (PLS-SEM). Hasil uji hipotesis pengaruh langsung menggunakan aplikasi Smart PLS 3.0, menunjukkan bahwa ukuran perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR), ukuran perusahaan berpengaruh negatif tetapi tidak signifikan terhadap manajemen laba, Corporate Social Responsibility (Pengungkapan CSR) berpengaruh positif signifikan terhadap manajemen laba. Hasil uji hipotesis pengaruh tidak langsung menunjukkan bahwa variabel ukuran perusahaan terhadap manajemen laba melalui Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) berpengaruh positif signifikan.
References
Fahmi, I. (2013). Analisis Laporan Keuangan. Bandung: Alfabeta.
. (2016). Pengantar Manajemen Keuangan Teori dan Soal Jawab. Bandung: Alfabeta
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Semarang: Badan Universitas Diponegoro.
Musthafa. (2017). Manajemen Keuangan. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Riyanto, B. (2015). Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan. Yogyakarta: BPFE.
Hartono, B. (2013). Sistem Informasi Manajemen Berbasis Komputer. Jakarta: Renika Cipta.
Hery. (2016). Analisis Laporan Keuangan: Integrated And Comprehensive. Jakarta: Grasindo.
Scott, W,R. (2015). Financial Accounting Theory. Seventh Edition. Library And Archives Canada Cataloguing In Publication, Canada.
Subaida, I dan Wahyuni, I. (2021). Pengaruh Likuiditas, Leverage, Profitabilitas, dan Risiko Bisnis Terhadap Keputusan Ekspansi Perusahaan Properti dan Real Estate yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI). Jurnal Ekonomi dan Bisnis “Growth”. Fakultas Ekonomi UNARS. Volume 19 (2) : 98-111
Sulistyanto, S. (2014). Manajemen Laba Teori dan Model Empiris. Jakarta: Grasindo.
Viviliana, M. (2016). “Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, dan Manajemen laba Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (Studi empiris pada Perusahaan yang Terdaftar dalam LQ-45 di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2014)”. Diterbitkan. Skripsi. Jakarta. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Wati, L,N. (2019). Model Corporate Social Responsibility (CSR). Ponorogo: Myria Publisher.
Wardani, M,K,P,W. (2015). “Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility terhadap Profitabilitas Perusahaan (Studi empiris pada Perusahaan yang Terdaftar di BEI tahun 2010-2012)”. Diterbitkan. Skripsi. Yogyakarta. Universitas Sanata Dharma
Wiryaningtyas, D,P. (2020). Pengaruh Likuiditas, Solvabilitas, dan Profitabilitas Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman Yang Terdaftar Di BEI Periode 2014-2018. Jurnal Ekonomi dan Bisnis “Growth”. Fakultas Ekonomi UNARS. Volume 18 (2) : 147-162