@article{prosiding, author = {Erlita Wulandari and Dwi Wiryaningtyas and Ida Subaida}, title = { PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP MANAJEMEN LABA DENGAN PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Empiris pada Perusahaan Food and Beverage yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2020)}, journal = {PROSIDING SEMINAR NASIONAL UNARS}, volume = {1}, number = {1}, year = {2022}, keywords = {}, abstract = {Ukuran perusahaan merupakan salah satu atribut utama yang menentukan tanggung jawab sosial perusahaan yang diyakini dapat meningkatkan reputasi yang baik bagi perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menguji pengaruh Ukuran Perusahaan terhadap Manajemen Laba melalui Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR). Penelitian ini merupakan penelitian kausalitas. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2016-2020. Teknik pengambilan sampel ditentukan secara purposive sampling. Analisis data dan pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan Model Persamaan Struktural - Partial Least Square (PLS-SEM). Hasil uji hipotesis pengaruh langsung menggunakan aplikasi Smart PLS 3.0, menunjukkan bahwa ukuran perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR), ukuran perusahaan berpengaruh negatif tetapi tidak signifikan terhadap manajemen laba, Corporate Social Responsibility (Pengungkapan CSR) berpengaruh positif signifikan terhadap manajemen laba. Hasil uji hipotesis pengaruh tidak langsung menunjukkan bahwa variabel ukuran perusahaan terhadap manajemen laba melalui Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) berpengaruh positif signifikan.}, pages = {252--261}, url = {https://unars.ac.id/ojs/index.php/prosidingSDGs/article/view/2462} }