PENGARUH LOKASI DAN KUALITAS PELAYANAN DALAM MENENTUKAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA KIOS BUAH BAPAK SUNJOTO DI SITUBONDO DENGAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING
Abstract
Pemasaran adalah suatu kegiatan yang saling berhubungan antara perusahaan dengan konsumen sebagai suatu sistem yang dirancang untuk menghasilkan keuntungan dan mampu memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menguji pengaruh lokasi dan kualitas pelayanan dalam menentukan keputusan pembelian dengan kepuasan konsumen sebagai variabel intervening. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen di warung buah Pak Sunjoto. Metode pengambilan sampel ditentukan dengan simple random sampling. Analisis data dan pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan Model Persamaan Struktural – Partial Least Square (PLS-SEM). Hasil uji hipotesis pengaruh langsung menggunakan aplikasi Smart PLS 3.0, menunjukkan bahwa variabel lokasi berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan konsumen, kualitas pelayanan berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan konsumen, lokasi berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap pembelian keputusan, kualitas pelayanan berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian, kepuasan konsumen berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil uji hipotesis pengaruh tidak langsung menunjukkan bahwa variabel lokasi terhadap keputusan pembelian melalui kepuasan konsumen berpengaruh positif signifikan, kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian melalui kepuasan konsumen berpengaruh positif signifikan.
References
Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Kartono, S. (2020).”Pengaruh Keragaman Produk, Harga, Kualitas pelayanan Terhadap Keputusan pembelian Pada Rumah Makan Kawi Anugerah di Kecamatan Besuki Kabupaten Situbondo”. Tidak Diterbitkan. Skripsi. Situbondo: Universitas Abdurachman Saleh.
Kotler, P dan Amstrong, G. (2014). Principle Of Marketing. Edisi 15. New jersey: Pearson Prentice Hall.
Kotler, P. (2012). Manajemen Pemasaran 1. Edisi ketiga belas. Jakarta: Erlangga.
Kusuma, D. (2018). “Pengaruh Kualitas pelayanan, Harga, Kualitas Produk Terhadap Kepuasan konsumen di Kantin Pandawa Kabupaten Situbondo”. Tidak Diterbitkan. Skripsi. Situbondo: Universitas Abdurachman Saleh.
Lupiyoadi, R. (2014). Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi. Edisi 3. Jakarta: Salemba Empat.
. (2016). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.
Rozekki, H. (2019). “Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Lokasi Terhadap Keputusan pembelian di Warung Bakso Solo Puji Gumuk Panarukan Situbondo”. Tidak Diterbitkan. Skripsi. Situbondo: Universitas Abdurachman Saleh.
Siregar, C.F.H. (2018). “Pengaruh Produk, Harga, dan Lokasi Terhadap Kepuasan konsumen Pada Rumah Makan Bebek Farannissa di Situbondo”. Tidak Diterbitkan. Skripsi. Situbondo: Universitas Abdurachman Saleh.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Sumarsan, T. (2013). Sistem Pengendalian Manajemen. Edisi 1. Jakarta: Indeks.
Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran. Edisi 4. Yogyakarta: Penerbit Andi
. (2016). Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta: Andi.
Wibisono, E.S. (2019). “Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Kepuasan konsumen Terhadap Keputusan pembelian Konsumen UD. Rizky Barokah di Balongbendo”. Tidak Diterbitkan. Skripsi. Surabaya: Universitas Bhayangkara Surabaya.