PERUBAHAN KURIKULUM PEMBELAJARAN PASKA PANDEMI COVID 19 DI INDONESIA

  • Winditiya Yuliana Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo

Abstract

Tujuan penulisan artikel ini adalah membahas terkait perubahan kurikulum i dunia pendidikan tentang pemerintah yang merencanakan perubahan kurikulum pada tahun 2022 menggantikan kurikulum 2013, sedangkan pada situasi sekarang pendidikan bahkan sektor yang lain pun masih belum stabil sejak terjadinya pandemi Covid-19. Metode analisis dalam penulisan artikel ini menggunakan studi kepustakaan yaitu data-data yang dituangkan ke dalam tulisan sebagian besar dari analisis dokumen. Peneliti menghimpun, menganalisis dan mengadakan sintesis data untuk kemudian memberikan interpretasi terhadap konsep, kebijakan, peristiwa baik secara langsung maupun tidak langsung yang dapat diamati sesuai dengan tujuan penulisan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pendidikan di Indonesia harus berjalan dengan semestinya yaitu dengan kurikulum baru supaya pendidikan kembali berjalan seperti semula dan menghasilkan lulusan yang berkualitas. Kurikulum baru tersebut diberlakukan agar lulusan di Indonesia mempunyai jiwa yang adaptif dan transformatif terhadap perkembangan zaman. Kesimpulannya dari artikel ini bahwa perencanaan kurikulum baru diharapkan mampu mengembalikan pendidikan di Indonesia menjadi lebih baik dengan tetap mengembangkan potensi peserta didik yang berwawasan luas dan dapat membangun jiwa yang siap menghadapi tantangan di masa yang akan dating serta terciptanya pelajar profil Pancasila.

References

Asif, A. R., & Rahmadi, F. A. (2017). Hubungan tingkat kecanduan gadget dengan gangguan emosi dan perilaku remaja usia 11-12 tahun (Doctoral dissertation, Faculty of Medicine).

Astuti, P., & Febrian, F. (2019). Blended Learning Syarah: Bagaimana Penerapan dan Persepsi Mahasiswa. Jurnal Gantang, 4(2), 111-119. https://doi.org/10.31629/jg.v4i2.1560

Bell, D., Nicoll, A., Fukuda, K., Horby, P., Monto, A., Hayden, F., ... Van Tam, J. (2006). Nonpharmaceutical interventions for pandemic influenza, national and community measures Emerging Infectious Diseases. https://doi.org/10.3201/eid1201.051371

Bell, S., Douce, C., Caeiro, S., Teixeira, A., Martin-Aranda, R., & Otto, D. (2017). Sustainability and distance learning: a diverse European experience? Open Learning, 32(2), 95-102. https://doi.org/10.1080/02680513.2017.1319638

Chan, N. N., Walker, C., & Gleaves, A. (2015). An exploration of students’ lived experiences of using smartphones in diverse learning contexts using a hermeneutic phenomenological approach. Computers and Education. https://doi.org/10.1016Zj.compedu.2014.11.001

Darmalaksana, W. (2020). WhatsApp Kuliah Mobile . Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Enriquez, M. A. S. (2014). Students ’ Perceptions on the Effectiveness of the Use of Edmodo as a Supplementary Tool for Learning. DLSU Research Congress. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81-89.

He, W., Xu, G., & Kruck, S. (2014). Online IS Education for the 21st Century . Journal of Information Systems Education.

Jamaluddin, D., Ratnasih, T., Gunawan, H., & Paujiah, E. (2020). Pembelajaran daring masa pandemik Covid-19 pada calon guru: hambatan, solusi dan proyeksi. LP2M.

Iftakhar, S. (2016). GOOGLE CLASSROOM: WHAT WORKS AND HOW? Journal of Education and Social Sciences.

Kim, Y., Wang, Y., & Oh, J. (2016). Digital Media Use and Social Engagement: How Social Media and Smartphone Use Influence Social Activities of College Students. Cyberpsychology, Behavior, and Social Networking. https://doi.org/10.1089/cyber.2015.0408
Published
2022-11-22
How to Cite
YULIANA, Winditiya. PERUBAHAN KURIKULUM PEMBELAJARAN PASKA PANDEMI COVID 19 DI INDONESIA. PROSIDING SEMINAR NASIONAL UNARS, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 82-90, nov. 2022. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/prosidingSDGs/article/view/2428>. Date accessed: 23 dec. 2024.